|
Allah Swt. Telah menciptakan langit, bumi juga beserta isinya. Kemudian menciptakan makhluk di dalamnya dan memenuhi segala kebutuhan semua makhluknya. Allah boleh saja mengabulkan semua permintaan hambanya bila mau, Allah boleh saja menjadikan orang miskin menjadi orang kaya bila mau, Allah boleh saja menurunkan hujan bila mau. Karena Allah memilki sifat jaiz ( fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu ) yang berarti ….. |
||||||||||||||||||||
A |
Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, oleh karena itu tidak ada yang bisa menandingi kekuasaan Allah |
||||||||||||||||||||
B |
Allah dapat menghendaki segala sesuatu, karena apabila Allah menghendaki maka jadilah itu dan tidak ada seorangpun dapat menghalanginya |
||||||||||||||||||||
C |
Bila Allah sudah menakdirkan suatu perkara, maka tidak ada yang bisa menolak kehendak-Nya |
||||||||||||||||||||
D |
Allah dapat melakukan suatu hal, karena ada kewajiban atas-Nya untuk melakukan sesuatu |
||||||||||||||||||||
E |
Allah dapat melakukan suatu hal dan dapat pula tidak, karena tidak ada kewajiban atas-Nya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu |
||||||||||||||||||||
Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi setiap anak. Hal tersebut dijelaskan dalam Q.S al-Isra’ ayat 23 وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا “Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya”. Ada beberapa bentuk berbakti kepada orang tua, diantaranya….
Pernyataan tersebut merupakan adab kepada orang tua yang ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Orang tua yang dekat dari tempat tinggal kita |
||||||||||||||||||||
B |
Orang tua yang masih hidup |
||||||||||||||||||||
C |
Orang tua yang sudah meninggal |
||||||||||||||||||||
D |
Orang tua yang sudah tua renta |
||||||||||||||||||||
E |
Orang tua yang jauh dari tempat tinggal kita |
||||||||||||||||||||
Di dalam kitab suci Al-Qur’an, sering kali ditemukan perintah berbakti kepada Ibu dan Bapak beriringan setelah perintah menyembah Allah, sebagaimana dalam Firman Allah Q.S al-Isra’ ayat 23 وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا . Selain karena perintah Allah dalam Al-Qur’an, perintah berbuat baik kepada kedua orang tua juga didasarkan karena orang tua ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Membesarkan, mendidik, dan membina anak-anaknya hingga dewasa |
||||||||||||||||||||
B |
Yang membiayai anak sampai ia mandiri |
||||||||||||||||||||
C |
Yang menyekolahkan anak-anaknya hingga ia pandai |
||||||||||||||||||||
D |
Yang memberikan makanan bergizi kepada anaknya sehingga sehat |
||||||||||||||||||||
E |
Yang menjaga anak-anaknya hingga ia selalu aman |
||||||||||||||||||||
Kalau kita amati dalam kehidupan sekarang ini, sebagian banyak anak tidak menghiraukan terhadap guru, karena mereka merasa tanpa guru pun mereka bisa belajar sendiri. Padahal ulama mengatakan bahwa 70 persen kesuksesan siswa itu terletak pada akhlaknya, sedangkan 30 persen pada kepandaiannya. Maka sebagai siswa tetap wajib menghormati guru dengan benar, salah satu cara menghormati guru adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Ikhlas dalam menerima teguran dan nasehat dari guru ketika berbuat kesalahan |
||||||||||||||||||||
B |
Mentaati segala perintahnya walaupun salah karena mereka guru kita |
||||||||||||||||||||
C |
Menceritakan kesalahan yang pernah dilakukan guru kepada banyak orang |
||||||||||||||||||||
D |
Menanyakan sesuatu kepada guru dengan memaksa |
||||||||||||||||||||
E |
Berkata halus kepada guru tetapi menyakitkan hatinya |
||||||||||||||||||||
Orang yang suka berbuat licik, dimasukkan dalam golongan orang-orang munafik, karena tingkah lakunya sama seperti orang munafik, salah satu diantaranya adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Suka menyombongkan diri |
||||||||||||||||||||
B |
Suka bersilat lidah |
||||||||||||||||||||
C |
Rakus terhadap harta |
||||||||||||||||||||
D |
Membeda-bedakan pergaulan |
||||||||||||||||||||
E |
Bersifat bakhil dan kikir |
||||||||||||||||||||
Agama Islam melarang umatnya untuk berbuat tamak. Justru Islam mengajarkan umat manusia untuk saling berbagi, tolong-menolong dan berbuat adil. Nabi Muhammad dalam sabdanya memperingatkan umat manusia tentang bahayanya sifat tamak. Meski sudah berusia tua dan mungkin ajal akan segera tiba, sifat tamak masih bisa muncul pada dirinya jika tidak bisa mengontrol hawa nafsunya. Diantara gambaran seseorang yang memilikin sifat tamak dalam dirinya adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Bersyukur dengan berapapun nikmat yang diberikan oleh Allah |
||||||||||||||||||||
B |
Mencuri barang orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya |
||||||||||||||||||||
C |
Menukar benda berharga milik orang lain tanpa sepengetahuannya |
||||||||||||||||||||
D |
Selalu mengeluh dengan kondisi yang dihadapi sehari-hari |
||||||||||||||||||||
E |
Selalu merasa kurang dengan harta yang diperolehnya |
||||||||||||||||||||
Zalim kepada manusia memang bukan tingkatan yang paling tinggi, tetapi tidak akan dibiarkan begitu saja oleh Allah dan tidak selesai begitu saja urusannya di dunia karena ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Dapat merusak persatuan dan persaudaraan |
||||||||||||||||||||
B |
Akan dituntut oleh orang yang terzalimi di hadapan Allah |
||||||||||||||||||||
C |
Akan mengalami keresahan hidup sampai hari akhir |
||||||||||||||||||||
D |
Dapat menimbulkan kehancuran |
||||||||||||||||||||
E |
Dapat memunculkan sifat apatisme |
||||||||||||||||||||
Islam melarang kaum muslimin bersikap diskriminasi. Diskriminasi termasuk akhlak tercela, sebab sikap ini tidak sejalan dengan ajaran agama Islam yang mengutamakan persamaan, persaudaraan dan tolong menolong. Maka seyogyanya kita harus menghindari sikap tersebut, salah satu diantaranya adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Bertaubat kepada Allah dengan taubat nasuha |
||||||||||||||||||||
B |
Tidak mempersoalkan segala sesuatu yang Allah berikan kepada orang lain |
||||||||||||||||||||
C |
Memaksakan kepercayaan atau kehendak kepada orang lain |
||||||||||||||||||||
D |
Menumbuhkan semangat kesatuan dan persatuan |
||||||||||||||||||||
E |
Selalu berburuk sangka kepada orang lain |
||||||||||||||||||||
Apabila dikaji dari kronologi adanya peristiwa tahkim sebagaimana yang diusulkan Mu’awiyah pada saat berkecamuknya perang siffin, hal tersebut merupakan corak baru dalam strategi mencapai suatu kemenangan. Hal tersebut efektik dilakukan Mu’awiyah dan berhasil memecah pengikut Ali bin Abi Thalib sehingga muncul 2 kelompok yaitu ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Khawarij dan Syi’ah |
||||||||||||||||||||
B |
Khawarij dan Murji’ah |
||||||||||||||||||||
C |
Mu’tazilah dan Qadariyah |
||||||||||||||||||||
D |
Syia’ah dan Murji’ah |
||||||||||||||||||||
E |
Murji’ah dan Mu’tazilah |
||||||||||||||||||||
Aqidah Ahlus sunnah wal jama’ah menolak keyakinan Muktazilah yang menganggap Al-Qur’an itu makhluk, dan meyakini bahwa Al-Qur’an adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
Kitab ilmu |
||||||||||||||||||||
B |
Kalam Allah |
||||||||||||||||||||
C |
Ciptaan Nabi |
||||||||||||||||||||
D |
Ciptaan Malaikat |
||||||||||||||||||||
E |
Ciptaan Allah |
||||||||||||||||||||
وَلُوطًا إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَتَأْتُونَ الْفَاحِشَةَ مَاسَبَقَكُم بِهَا مِنْ أَحَدٍ مِّنَ الْعَالَمِينَ Berdasarkan Q.S al-A’raf ayat 80 diatas, Allah Swt. menyebutkan perilaku liwath ( Sodomi) merupakan dosa besar yang dinisbatkan kepada kaum Nabi Luth As. karena yang pertama kali melakukan perbuatan tersebut adalah umat nabi Luth As., dan Allah menjelaskan bahwa perbuatan liwath tersebut merupakan perbuatan keji/jijik. Maka berdasarkan ayat di atas perbuatan liwath termasuk perbuatan ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Masyiah |
||||||||||||||||||||
B |
Khabisah |
||||||||||||||||||||
C |
Fahisyah |
||||||||||||||||||||
D |
Sayyiah |
||||||||||||||||||||
E |
Asy syarru |
||||||||||||||||||||
Aldi terlahir dari keluarga yang sederhana dan hidup di desa. Ayahnya seorang tukang becak dan Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka harus bekerja keras, namun kedua orang tua Aldi tidak pernah mengeluh dan selalu berusaha, berdo’a agar kelak anak mereka bisa terus melanjutkan sekolah dan menjadi orang yang sukses. Singkat waktu Aldi menjadi orang sukses, hidup berkecukupan dan tinggal di kota besar. Suatu saat Aldi ingin menikahi seorang wanita, namun ia justru tidak mengakui orang tuanya sendiri dan menyewa seseorang untuk menjadi orang tuanya, karena Aldi tidak mau sampai calon mertuanya tahu bahwa orangtuanya adalah seorang tukang becak dan dari desa. Tindakan Aldi tersebut merupakan salah satu bentuk durhaka kepada orang tua yaitu ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Memandang sinis kepada orang tua |
||||||||||||||||||||
B |
Memeberatkan orang tua dengan banyak permintaan |
||||||||||||||||||||
C |
Mementingkan calon mertua dari pada orang tua |
||||||||||||||||||||
D |
Menelantarkan orang tua ketika sudah lanjut usia |
||||||||||||||||||||
E |
Malu menyebut mereka sebagai orang tua |
||||||||||||||||||||
Praktik korupsi ternyata tidak “padam” di tengah pandemi Covid-19 yang telah melanda Tanah Air selama satu tahun belakangan. Sejumlah penangkapan dilakukan KPK saat pandemi, termasuk dua menteri di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo. Padahal, harta yang didapatkan dengan cara korupsi adalah haram dan dapat membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Diantara berikut yang merupakan bahaya perilaku korupsi adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
Do’anya tidak dikabulkan dan terhalang masuk surga |
||||||||||||||||||||
B |
Do’anya dikabulkan namun terhalang masuk surga |
||||||||||||||||||||
C |
Do’anya dikabulkan namun menyebabkan kehinaan |
||||||||||||||||||||
D |
Do’anya dikabulkan dan tidak dikucilkan masyarakat |
||||||||||||||||||||
E |
Do’anya dikabulkan namun dikucilkan masyarakat |
||||||||||||||||||||
Perhatikan QS Al Ahzab ayat 59 berikut :
Ayat tersebut menjelaskan tentang kewajiban seorang wanita untuk memakai jilbab. Karena jilbab termasuk dari pakaian seorang wanita, dan salah satu fungsi pakaian tersebut berdasarkan ayat diatas adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Memperindah penampilan |
||||||||||||||||||||
B |
Penunjuk identitas |
||||||||||||||||||||
C |
Melindungi dari bencana alam |
||||||||||||||||||||
D |
Perhiasan |
||||||||||||||||||||
E |
Terhindar dari panas matahari |
||||||||||||||||||||
Imam Ghazali berkata : “Bersafarlah , sesungguhnya dalam safar ada lima keuntungan atau manfaat”. Yang tidak termasuk lima keuntungan dalam safar menurut Imam Ghazali adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
Safar dapat menghibur diri dari kesedihan |
||||||||||||||||||||
B |
Safar menjadi sarana bagi seseorang untuk mencari hasil usaha |
||||||||||||||||||||
C |
Safar dapat mengantarkan seseorang untuk memperoleh tambahan pengalaman dan ilmu pengetahuan |
||||||||||||||||||||
D |
Safar dapat menambah wawasan bahkan kawan yang mulia |
||||||||||||||||||||
E |
Safar dapat melupakan segala bentuk tanggungan dan kewajiban |
||||||||||||||||||||
|
Raihan adalah remaja yang mempunyai banyak teman. Namun dia mempunyai skala prioritas orang yang akan dijadikannya sebagai teman bergaul. Hal itu dilakukan bukan untuk mebeda-bedakan teman, tetapi untuk menghindarkan diri dari pengaruh negatif dalam pergaulan remaja. Salah satu temannya bernama Rizal, meskipun mereka berbeda suku & agama, namun mereka sering menghabiskan waktu luangnya untuk mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Hal itu dilakukan untuk mengembangkan wawasan dan bisa saling bertukar pikiran diantara mereka. Perilaku diatas merupakan contoh seseorang yang memiliki jiwa ukhuwah ( persaudaraan) yaitu … |
||||||||||||||||||||
A |
Persaudaraan senasab |
||||||||||||||||||||
B |
Persaudaran sekeluarga |
||||||||||||||||||||
C |
Persaudaraan sebangsa |
||||||||||||||||||||
D |
Persaudaraan seagama |
||||||||||||||||||||
E |
Persaudaraan sekemanusiaan |
||||||||||||||||||||
Naila adalah salah satu siswa kelas XI, ia ditunjuk oleh teman-temannya sebagai bendahara kelas. Suatu hari, tanpa sepengetahuan teman satu kelasnya, ia dengan sengaja memakai uang kelas tersebut untuk kepentingan pribadinya. Sebagai teman dekat, Ainun yang mengetahui akan hal tersebut berusaha untuk menasehati laila agar menghentikan tindakan tersebut dan mengakui kesalahan, ini dilakukan dengan niat untuk membantu temannya agar terhindar dari dosa. Namun, hal tersebut tidak dihiraukan. Tidak berhenti begitu saja, Ainun tetap berusaha menasehati Naila sampai ia mengakui kesalahannya. Dampak positif dari tindakan Ainun adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Menumbuhkan sikap tidak mudah putus asa |
||||||||||||||||||||
B |
Menumbuhkan sikap tanggungjawab |
||||||||||||||||||||
C |
Menumbuhkan sikap sopan santun |
||||||||||||||||||||
D |
Menumbuhkan sikap tenggang rasa |
||||||||||||||||||||
E |
Menumbuhkan sikap mandiri |
||||||||||||||||||||
Bukan menjadi rahasia dan tabu lagi, di zaman modern ini, para remaja banyak yang tidak lagi memperhatikan norma-norma agama dan susila dalam pergaulan. Begitu juga dalam bergaul dengan lawan jenis. Banyak yang menganggap bergaul dengan sebebas-bebasnya adalah cirri dari masyarakat modern. Salah satu bentuk perilaku yang dilarang dalam Islam sesuai Q.S al-Isra’ ayat 32 berikut adalah ….. وَلاَتَقْرَبُوا الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلاً |
|||||||||||||||||||||
A |
Pergaulan bebas |
||||||||||||||||||||
B |
Judi dan Khamr |
||||||||||||||||||||
C |
Perkelahian |
||||||||||||||||||||
D |
Gibah |
||||||||||||||||||||
E |
Minuman keras |
||||||||||||||||||||
Syari’at, tarekat, hakekat, ma’rifat merupakan istilah yang digunakan dalam dunia tasawuf untuk menunjukkan tingkatan yang harus dillaui seseorang dalam perjalanan spiritualnya.Setiap tingkat dibangun berdasarkan tingkat sebelumnya. Yang merupakan pondasi awal dalam ilmu tasawuf, yang harus dibangun dengan kokoh oleh seorang sufi adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Ma’rifat |
||||||||||||||||||||
B |
Tarekat |
||||||||||||||||||||
C |
Syari’at |
||||||||||||||||||||
D |
Hakikat |
||||||||||||||||||||
E |
Tauhid |
||||||||||||||||||||
Hidup sebagai orang yang mempunyai latar belakang sebagai perampok, tidaklah membuat sahabat Abu Dzar al-Ghifari putus asa untuk menebusnya dengan kebaikan dan terus berjuang di jalan Allah. Sifat pemberaninya telah mendarah daging, sehingga dia mempunyai karakter yang tangguh dan pantang menyerah. Hal tersebut patut diteladani. Dibawah ini yang termasuk sifat keteladanan dari Abu Dzar al-Ghifari adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Keberanian meluruskan pemimpin yang menyimpang |
||||||||||||||||||||
B |
Kaya tapi dermawan |
||||||||||||||||||||
C |
Suka mengkritik pemimpin tanpa bukti |
||||||||||||||||||||
D |
Suka menyendiri |
||||||||||||||||||||
E |
Melakukan perbuatan tercela tapi dengan niat baik |
||||||||||||||||||||
Imam al-Ghazali menjelaskan arti al-Malik adalah Dia yang tidak butuh pada sesuatu dan Dia adalah yang dibutuhkan. Dia adalah penguasa dan pemilik secara mutlak segala sesuatu yang ada
Berikut yang merupakan perilaku yang sesuai dengan Asmaul Husna al-Malik adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Syamsul dipilih menjadi ketua kelas, namun dia menggunakan kuasanya dengan sewenang-wenang |
||||||||||||||||||||
B |
Rizal adalah siswa yang rajin dan berprestasi maka ditunjuk menjadi ketua kelompok belajar, namun teman-temannya menyerahkan semua pekerjaan dan tugas kelompok kepadanya |
||||||||||||||||||||
C |
Indra tanpa sengaja menabrak Irfan ketika bersepeda, maka Indra segera meminta maaf, sehingga Irfan memaafkannya |
||||||||||||||||||||
D |
sebagai bendahara kelas, Ainun tidak pernah menyelewengkan uang kas untuk kepentingan pribadinya sebagai wujud pertanggungjawaban tugasnya kepada Allah dan manusia |
||||||||||||||||||||
E |
Anisa selalu berdo’a kepada Allah untuk meminta petunjuk di setiap permasalah hidup yang ia alami |
||||||||||||||||||||
Salah satu asma Allah adalah al-Khaliq atau Maha Menciptakan. Sikap yang hendaknya ditunjukkan sebagai bukti beriman kepada asma Allah al-Khaliq adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Zahra selau bekerja keras hingga lupa waktu agar ia bisa menabung dan hidup enak dimasa tuanya |
||||||||||||||||||||
B |
Ahmad selalu intropeksi diri setiap saat terhadap apa yang telah ia perbuat selama beberapa hari terakhir |
||||||||||||||||||||
C |
Khoiril selalu memohon ampunan kepada Allah atas kesalahan dan kekhilafannya setiap hari |
||||||||||||||||||||
D |
Syedna memiliki keyakinan yang kuat akan kemampuannya sendiri dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya |
||||||||||||||||||||
E |
Husna dan teman-temannya rajin melakukan penelitian, suatu saat mereka berhasil mengumpulkan sampah dan menjadikan sampah tersebut menjadi bahan bakar gas |
||||||||||||||||||||
Dalam sejarah Islam, Nabi telah memberikan banyak contoh yang mengajarkan kepada kita pentingnya toleransi. Diantaranya ; diceritakan Nabi Muhammad SAW memberi makan seorang Yahudi miskin setiap hari dengan terus menghargai keyakinannya dan tanpa memaksakan agama Islam baginya. Berikut yang termasuk contoh sikap toleransi adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
membantu kesusahan hanya sesama orang muslim |
||||||||||||||||||||
B |
cuek dengan agama yang diyakini orang lain |
||||||||||||||||||||
C |
memandang semua agama sama dan masuk surga |
||||||||||||||||||||
D |
berbuat kebajikan tanpa membedakan agamanya |
||||||||||||||||||||
E |
mendo’akan ampunan kepada sesama muslim saja |
||||||||||||||||||||
“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara…..” Firman Allah dalam Q.S al-Hujurat ayat 10. إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ Oleh karena itu, agama Islam mengajarkan bahwa kita sebagai umat Islam harus memiliki sifat menjunjung persaudaraan ( Ukhuwwah). Salah satu Ukhuwwah Islam yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw ketika di Madinah adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
menyatukan kaum Muhajirin dan Anshar |
||||||||||||||||||||
B |
membantu kalangan Muhajirin |
||||||||||||||||||||
C |
membuat perjanjian dengan suku Quraisy |
||||||||||||||||||||
D |
menindak umat yang tidak mau berzakat |
||||||||||||||||||||
E |
melaksanaan syariat Islam |
||||||||||||||||||||
Ardi adalah salah satu siswa di suatu Madrasah. Karena sering terlambat dan suka membolos para guru tidak hentinya selalu mengingatkan kepada Ardi untuk tetap masuk kelas. Mereka juga selalu mengingatkan bahwa masuk kelas harus tepat pukul 06.45. Pada kenyataannya Ardi tetap tidak menghiraukan. Cerita diatas merupakan contoh sikap … |
|||||||||||||||||||||
A |
nifaq |
||||||||||||||||||||
B |
ghadab |
||||||||||||||||||||
C |
fitnah |
||||||||||||||||||||
D |
qaswatul qalbi |
||||||||||||||||||||
E |
ghibah |
||||||||||||||||||||
|
Perhatikan QS At-Taubah ayat 119 berikut!
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ
Ada beberapa cara untuk menghindari perilaku nifaq, diantaranya tersebut dalam ayat yaitu … |
||||||||||||||||||||
A |
bersikap jujur |
||||||||||||||||||||
B |
bersikap Amanah |
||||||||||||||||||||
C |
meneguhkan perjanjian |
||||||||||||||||||||
D |
mengembangkan rasa tanggung jawab |
||||||||||||||||||||
E |
berkata baik |
||||||||||||||||||||
Ketika ada perselisihan di Mesir diantara 2 kelompok yaitu penganut Mazhab Hanafi & Mazhab Maliki tentang menentukan bilangan shalat witir. Kelompok Mazhab Hanafi berpendapat bilangan witir ada 3 rakaat dengan 1 kali salam, sedangkan kelompok Mazhab Maliki shalat witir harus tersusun 2 rakaat dan 1 rakaat. Maka Imam Syafi’i menengahi ke 2 pendapat tersebut dengan mengatakan bahwa Rasul shalat wititr dengan 1 rakaat. Oleh karena itu bilangan rakaat witir adalah ganjil ( cukup 1 rakaat). Suri teladan dari Imam Syafi’i dalam mendamaikan perselisihan adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
dengan memaksa salah satu pihak menerima pendapat pihak lain |
||||||||||||||||||||
B |
mendamaikan perselisihan dengan menggunakan dialog dan memberi solusi |
||||||||||||||||||||
C |
dengan memaksa semua pihak untuk menerima pendapatnya sendiri |
||||||||||||||||||||
D |
melakukan perdamaian tersebut dengan hanya niat ingin dipuji |
||||||||||||||||||||
E |
melakukan dengan menambah persoalan sehingga memperkeruh suasana |
||||||||||||||||||||
Imam Ahmad bin Hanbal adalah seorang ahli hadist sekaligus ahli fiqh di Baghdad. Beliau menghafal Al-Qur’an sejak belia, mengumpulkan hadist dan mendalami ilmu fikih sejak usia 15 sampai 19 tahun. Pernah berguru kepada Abu Yusuf ( salah satu murid Imam Abu Hanifah), Abdurrraazaq ( generasi pemula penyusun hadist), serta Imam Syafi’i. Suatu saat pernah ada seseorang yang mempertanyakan kegigihannya itu. Ia berkata ” Sampai kapan engkau terus mencari ilmu pengetahuan? Padahal engkau kini telah mencapai kedudukan mulia diantara pencari ilmu”. Kemudian beliau menjawab dengan singkat ” Aku akan membawa dawat tinta ini hingga ke tiang lahat”. Pernyataan tersebut dapat menjadi suatu teladan bagi siswa yaitu ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
selalu gigih dalam mencari ilmu agama saja |
||||||||||||||||||||
B |
malas dalam mencari ilmu agama ataupun ilmu pengetahuan |
||||||||||||||||||||
C |
gigih dalam mencari ilmu pengetahuan umum saja |
||||||||||||||||||||
D |
gigih dalam mencari ilmu agama dan pengetahuan umum |
||||||||||||||||||||
E |
biasa saja dalam mencari ilmu agama dan pengetahuan |
||||||||||||||||||||
Bangkitkan Ekonomi, Ubah Sampah Menjadi Berkah
Bangkitkan Ekonomi, Ubah Sampah Menjadi Berkah | Neraca.co.id Hamparan sampah plastik yang menyelimuti bantaran sungai di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Sidoarjo, membuat Agus Tryono seorang penyuluh perikanan yang telah mengabdi 11 tahun tersebut termenung. Terbayang di benaknya keluh kesah nelayan binaannya yang seringkali mengalami kerusakan mesin kapal karena sampah yang menyangkut di baling-baling mesin dan pembudidaya yang mengalami gagal panen akibat tercemarnya air sungai.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut. “Pengelolaan sampah harus dilakukan mulai dari sumbernya agar efektif,” pikir Agus. Atas dasar itulah Agus berpendapat, jika hanya ditanggulangi di hilir, persoalan ini takkan pernah usai. Berangkat dari ide tersebut, Agus berkonsultasi dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membuat unit pengelolaan sampah plastik. Berkat koordinasi yang baik dari seluruh pihak, KKP menyerahkan Percontohan Penyuluhan Pengelolaan Sampah bagi masyarakat di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, pada akhir 27 Juli 2020.
Bantuan berupa mesin pencacah sampah plastik atau sering disebut “Bank Sampah” ini dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Delta Samudera Timur. Dibawah binaan Agus Triono dan BPPP Banyuwangi, kelompok ini mulai mengelola sampah rumah tangga yang biasa dibuang ke bantaran sungai. Tercatat, setiap dua minggu terkumpul 25 kg sampah per Kepala Keluarga (KK) dari total 140 KK. Dalam satu bulan terkumpul tujuh ton sampah yang selanjutnya diolah Bank Sampah menjadi biji plastik untuk dijual kepada pengepul.
Menurut Ketua POKMASWAS Delta Samudera Timur, Muhammad Amin Tohari, bahwa sejak percontohan pengelolaan sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas ini diserahkan tahun lalu, seluruh anggota yang terlibat sudah memiliki cash flow kisaran Rp800 ribu hingga Rp1,2 juta per bulan. Selain memberikan dampak lingkungan, masyarakat merasakan adanya manfaat ekonomi dari percontohan penyuluhan bank sampah khususnya di masa pandemi ini, pemasukan tambahan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa sampah memiliki nilai jika dimanfaatkan dengan bijak,” ucap Amin. Dari uraian diatas tentukan benar atau salah dari pernyataan berikut!
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Sugito adalah seorang Alumni Jurusan Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) Surabaya yang menjadi koordinator pengelolah TPST Banjarbendo, Sidoarjo. Ia berhasil mengolah sampah menjadi briket yang bisa dimanfaatkan industri kecil. Dalam sehari TPST Banjarbendo mengolah sampah sekitar 50 – 60 ton dan bisa menghasilkan briket 3 -5 ton. Sebelum diolah menjadi briket, terlebih dulu dilakukan pemilahan antara sampah organik dan non organik. Setelah dipilah, sampah dikeringkan sebelum dimasukkan ke mesin pencetak briket. TPST Banjarbendo Olah Sampah Jadi Briket, Bupati Sidoarjo Dorong Replikasi – SIDOARJO TERKINI
Dari uraian diatas, dampak positif yang muncul dari sikap kreatif dan inovatif adalah …..
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Berawal dari informasi penganiayaan yang dilamai Ratna Sarumpaet viral di media sosial khususnya di akun Facebook Swary Utami Dewi tahun 2018 lalu, informasi tersebut kemudian menyebar ke twitter dan mendapat tanggapan dari tokoh politik yang membenarkan kejadian penganiayaan tersebut. Namun, semakin heboh kasus tersebut akhirnya kepolisian yang menyelidiki dan mendapati bahwa informasi tersebut hanya berita hoaks belaka. Wajah bengkak dan memar pada Ratna Sarumpaet ternyata efek dari operasi bukan karena penganiayaan.
Berikut ini yang termasuk bahaya dari hoaks adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
masyarakat aktif menggunakan medsos |
||||||||||||||||||||
B |
menurunnya penyedia media sosial |
||||||||||||||||||||
C |
menimbulkan keresahan masyarakat |
||||||||||||||||||||
D |
menjadikan seseorang terkenal |
||||||||||||||||||||
E |
Mengutamakan integritas |
||||||||||||||||||||
Perbuatan tajassus merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Perbuatan ini sama dengan memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati. Berikut ini termasuk cara menghindari perbuatan tajassus, adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
menghabiskan waktu dengan menyelidiki persoalan orang lain |
||||||||||||||||||||
B |
mencari sumber kesalahan orang lain secara mendalam |
||||||||||||||||||||
C |
Berkata baik pada orang lain termasuk yang menjadi objek tajasus |
||||||||||||||||||||
D |
Selalu memiliki sikap suudzan kepada orang lain |
||||||||||||||||||||
E |
Interopeksi diri dari pada mengurusi urusan pribadi orang lain |
||||||||||||||||||||
Dan katakanlah:”Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat perkerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apa yang kamu kerjakan”. (QS. 9:105)
Arti ayat diatas adalah bahwasannya segala profesi yang dilakukan manusia ada pertanggungjwaabnnya sehingga manusia harus bekerja secara professional. Perbedaan profesi & professional yang tepat adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
profesi adalah orang yang memilki pekerjaan, sedangkan professional adalah kesungguhan dalam melakukan pekerjaan |
||||||||||||||||||||
B |
profesi adalah jabatan seseorang di dalam bekerja, sedangkan professional adalah kesungguhan dalam melaksanakan profesi |
||||||||||||||||||||
C |
profesi adalah suatu keahlian yang dimilki seseorang, sedangkan professional adalah ketidaksungguhan dalam melaksanakan suatu profesi |
||||||||||||||||||||
D |
profesi adalah keterampilan dan keahlian yang dimiliki seseorang, sedangkan professional adalah rasa bangga seseorang akan profesinya |
||||||||||||||||||||
E |
profesi adalah keterampilan dan keahlian yang dimiliki seseorang, sedangkan professional adalah kesungguhan dalam melaksanakan suatu profesi |
||||||||||||||||||||
Etos kerja dalam Islam adalah cara pandang yang diyakini seorang Muslim bahwa bekerja itu bukan hanya memuliakan dirinya, menampakkan kemanusiaanya, tetapi juga sebagai manifestasi dari amal saleh, oleh karenanya mempunyai nilai yang luhur. Dibawah ini adalah salah satu bentuk etos kerja yang tinggi adalah ….. |
|||||||||||||||||||||
A |
jujur, teliti, namun tidak bersedia dalam melakukan perubahan apapun |
||||||||||||||||||||
B |
Jujur, teliti, dan bersedia melakukan perubahan atau bersikap dinamis |
||||||||||||||||||||
C |
rasional dalam mengambil keputusan namun tidak disiplin dan tepat waktu |
||||||||||||||||||||
D |
efisien, rajin, namun tidak rasional dalam mengambil keputusan |
||||||||||||||||||||
E |
jujur, disiplin, penuh semangat, namun tidak mau bekerja sama |
||||||||||||||||||||
Kiai Hasyim Asy’ari tidak hanya dikenal sebagai kiai ternama saja, melainkan sebagai petani dan pedagang sukses. Dari hasil tersebut digunakan untuk membiaya keluarga dan pesantren yang beliau asuh. Kiai Hasyim Asy’ari juga memiliki jiwa nasionalis, beliau mengajarkan anak didiknya untuk bergaul dan bersatu diantara sesama anak bangsa se-Nusantara, apapun suku, latar belakang dann agamanya. Mereka diajarkan untuk saling berinteraksi secara harmonis. Berikut beberapa teladan yang dapat diambil dari Kiai Hasyim Asy’ari adalah :
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
|
Kiyai Ahmad Dahlan dalam menciptakan masyarakat Islam yang sejahtera menekankan pada bentuk-bentuk pelayanan, hal ini terlihat pada beberapa sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan penerbit. Berikut adalah salah satu teladan yang dapat diambil dari Kiyai Ahmad Dahlan yaitu ….. |
||||||||||||||||||||
A |
menolak dalam perubahan pendidikan |
||||||||||||||||||||
B |
memberikan pelayanan yang sederhana |
||||||||||||||||||||
C |
memajukan masyarakat pada bidang sosial |
||||||||||||||||||||
D |
menggabungkan pendidikan dari mana saja |
||||||||||||||||||||
E |
bekerja keras untuk menggapai kekayaan duniawi |
||||||||||||||||||||
Seorang pedagang asongan memasuki masjid dengan busana compang-camping. Seketika orang membentaknya dan mengatakan, “Masjid ini kotor karenamu”. Sikap tersebut tidak mencerminkan… |
|||||||||||||||||||||
A |
Tawasuth |
||||||||||||||||||||
B |
Tasamuh |
||||||||||||||||||||
C |
Musawah |
||||||||||||||||||||
D |
Ukhuwah |
||||||||||||||||||||
E |
Tafahum |
||||||||||||||||||||
Andi mengatakan bahwa udara adalah unsur terpenting dalam kehidupan, sedangkan Tono memberikan pendapat berbeda yaitu air adalah unsur terpenting dalam kehidupan. Mendengar hal itu, aku memberikan pendapat bahwa keduanya merupakan beberapa unsur yang terpenting dalam kehidupan. Sikap tersebut merupakan contoh dari sikap… |
|||||||||||||||||||||
A |
Tasamuh |
||||||||||||||||||||
B |
Musawah |
||||||||||||||||||||
C |
Tawasuth |
||||||||||||||||||||
D |
Ukhuwah |
||||||||||||||||||||
E |
Ta’alluf |
||||||||||||||||||||
Syamsul adalah seorang ketua kelas diberikan kendali atas pengembangan di kelasnya. Akan tetapi ia menggunakan kuasanya dengan sewenang-wenang seperti mengompakkan kelas untuk tidak mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik…… |
|||||||||||||||||||||
A |
Al Malik |
||||||||||||||||||||
B |
Al ‘Afuww |
||||||||||||||||||||
C |
Al Khalik |
||||||||||||||||||||
D |
Al Hakim |
||||||||||||||||||||
E |
Al Hasib |
||||||||||||||||||||
Tulislah jawaban dengan huruf kecil semua! Bercampurnya lelaki dan perempuan yang bukan mahram pada satu tempat dan mereka dapat saling memandang, memberi isyarat, berbicara, bahkan saling bersentuhan dan berlanjut kepada perbuatan negatif yang diharamkan disebut … [isiansingkat no=40001] |
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Membuat senang orang tua merupakan kewajiban anak pada orang tuanya. Namun, tidaklah mudah melakukan yang demikian. Jelaskan menurut pendapat kalian apa saja yang bisa kalian lakukan dalam upaya membahagiakan orang tua? |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Pada hakekatnya berhias itu dapat dikategorikan sebagai akhlak terpuji sebagai perbuatan yang diperbolehkan bahkan dianjurkan, selama tidak bertentangan dengan prinsip dasar Islam. Sebutkan rambu-rambu yang harus ditaati oleh seorang muslim dalam berhias! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Allah Maha Bijaksana atas segala sesuatu. Dengan kebijaksanan-Nya, Allah memberi manfaat dan kemudahan makhluk-Nya atau menghalangi dan menghindarkan terjadinya kesulitan bagi makhluk-Nya. Jelaskan bagaimana cara meneladani Al-Asma’ Al-Husna Al-Hakim! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
أِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الْشَيْطَا نِ ( رواه أبو داود ) “sesungguhnya marah itu termasuk perbuatan syaitan”. Jelaskan bagaimana cara menghindari ghadab ( marah)! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Muhammad Kholil atau Kyai Kholil bangkalan merupakan seorang alim yang berasal dari Madura. Beliau adalah seorang yang cerdas, tidak mudah menyerah, dan tulus dalam beramal. Sebagai seorang siswa, sebutkan hikmah apa saja yang dapat kalian ambil dari mempelajari keutamaan sifat K.H. Muhammad Kholil! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
Leave a Reply