1. |
KODE SOAL
(PG) : Pilihan Ganda 1 (Satu) Jawaban Benar, dengan memberi tanda silang (X)
(PGK-BS-1) : Pilihan Ganda Komplek Benar Salah 1 (satu ) pernyataan, dengan memberi tanda silang (X)
(PGK-BS-L1) : Pilihan Ganda Komplek Benar Salah atau sejenisnya Lebih dari 1 (satu) pernyataan, dengan memberi tanda centang (V)
(U) : Uraian Bacalah teks artikel berikut dengan saksama!
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan penggantian Ujian Nasional yang dianggap membebani anak didik dengan model baru. Model evaluasi yang akan menggantikan sistem ujian ini sedang dikaji pihak BNSP agar kemasan dan substansinya berubah. Soal nama mungkin boleh diganti, dari dulu namanya berganti-ganti. Pertama, 1965 namanya Ujian Penghabisan, setelah itu Ujian Negara, Ebtanas (Evaluasi Tahap Nasional), UAN (Ujian Akhir Nasional) dan sekarang Ujian Nasional (UN). Kemasannya berbeda, tetapi isinya sama, yaitu evaluasi. BNSP menyatakan ada dua pilihan yang berkembang saat ini, yakni mengganti ujian nasional atau teap mengadakan ujian nasional, tetapi tidak lagi diperuntukkan bagi siswa kelas III sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah pertama (SMP). Ujian nasional akan dikhususkan bagi siswa kelas II atau kelas VIII SMP dan kelas XI SMA/SMK.
|
|||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
|||||||||||||||||||
B |
||||||||||||||||||||
C |
||||||||||||||||||||
D |
||||||||||||||||||||
E |
||||||||||||||||||||
2 |
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Udara di Bogor terasa dingin. Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24° C. Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.
Berilah tanda (V) pada kolom benar dan salah dari pernyataan yang berupa simpulan pendapat yang sesuai dengan artikel di atas!
|
|||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
|||||||||||||||||||
B |
||||||||||||||||||||
C |
||||||||||||||||||||
D |
||||||||||||||||||||
E |
||||||||||||||||||||
3 |
Bacalah penggalan teks berikut!
Nilai yang terkandung dalam penggalan teks novel sejarah tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Nilai sosial |
|||||||||||||||||||
B |
Nilai budaya |
|||||||||||||||||||
C |
Nilai estetis |
|||||||||||||||||||
D |
Nilai moral |
|||||||||||||||||||
E |
Nilai agama |
|||||||||||||||||||
4 |
Bacalah kalimat berikut!
Kalimat argumentasi yang tepat untuk mendukung pendapat tersebut adalah….
|
|||||||||||||||||||
A |
Pemanasan global menyebabkan nyamuk Aedes aegypti semakin cepat berkembang biak. |
|||||||||||||||||||
B |
Pada musim kemarau telur nyamuk Aedes aegypti mampu bertahan hidup tanpa air selama enam bulan. |
|||||||||||||||||||
C |
Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka kejadian DBD tertinggi karena berada di wilayah tropis. |
|||||||||||||||||||
D |
Pengendalian nyamuk merupakan cara utama mencegah dan mengurangi penularan penyakit DBD. |
|||||||||||||||||||
E |
Pengasapan nyamuk menggunakan asap bahan kimia hanya memberantas nyamuk dewasa |
|||||||||||||||||||
5 |
Bacalah penggalan cerpen berikut ini!
Bukti bahwa kutipan cerpen tersebut berlatar waktu sore adalah.… |
|||||||||||||||||||
A |
Mentari meredup |
|||||||||||||||||||
B |
Mentari di sebelah barat |
|||||||||||||||||||
C |
Ketika kerumunan tidak bersama |
|||||||||||||||||||
D |
Kebohongan yang disampaikan tokoh kamu |
|||||||||||||||||||
E |
Ketika pucuk daun sebelah rumah menguncup |
|||||||||||||||||||
6 |
Setiap buku, baik fiksi maupun nonfiksi yang sudah dibaca dapat kamu analisis berdasarkan…. |
|||||||||||||||||||
A |
Struktur dan kebahasaan |
|||||||||||||||||||
B |
Nilai dan kehidupan |
|||||||||||||||||||
C |
Intrinsik dan ekstrinsik |
|||||||||||||||||||
D |
Kebahasaan dan unsur |
|||||||||||||||||||
E |
Kebahasaan dan alur |
|||||||||||||||||||
7 |
Cermati kutipan surat berikut! Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.
Kalimat penutup surat di atas tidak baku. Perbaikan kalimat tersebut hingga menjadi baku adalah….. |
|||||||||||||||||||
A |
Demikian surat lamaran ini saya ajukan untuk Bapak. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih. |
|||||||||||||||||||
B |
Demikian surat lamaran ini disampaikan dengan hormat. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ajukan perasaan terima kasih |
|||||||||||||||||||
C |
Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya tunggu. Terima kasih |
|||||||||||||||||||
D |
Dengan demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih |
|||||||||||||||||||
E |
Dengan demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan beribu-ribu terima kasih |
|||||||||||||||||||
8 |
Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Lingkungan yang kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang, sehingga sangat membahayakan kelangsungan hidup tiap organisme. Semakin meningkatnya pengguna jalan raya menyebabkan polusi udara juga semakin tinggi Isi tersirat yang terdapat dalam paragraf tersebut di atas adalah…. |
|||||||||||||||||||
A |
Pelaku udara kotor adalah pengguna jalan raya |
|||||||||||||||||||
B |
Lingkungan kotor menyebabkan udara kotor |
|||||||||||||||||||
C |
Udara yang kotor menyebabkan polusi |
|||||||||||||||||||
D |
Kita harus menjaga lingkungan |
|||||||||||||||||||
E |
Udara kotor membahayakan |
|||||||||||||||||||
9 |
Bacalah paragraph berikut ini! Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di indonesia.kerajaan mataram lama,sriwijaya,dan majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe ” uang” yang umumnya berupa logam.setelah kedatangan penjajah di indonesia pun, indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang,termasuk sen dan gulden yang di terbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk di pergunakan di Hindia – Belanda ( Indonesia sat itu ) Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah…. |
|||||||||||||||||||
A |
Orientasi |
|||||||||||||||||||
B |
Reorientasi |
|||||||||||||||||||
C |
Peristiwa |
|||||||||||||||||||
D |
Sumber Berita |
|||||||||||||||||||
E |
Abstraksi |
|||||||||||||||||||
10 |
Bacalah kutipan teks editorial di bawah ini !
Seyogianya, pemerintah tangkas memberi informasi yang terang benderang, yang tingkat akurasinya mampu menyelamatkan masyarakat dari bencana letusan gunung berapi. Pada kenyataannya, masyarakat lebih sering mempercayai prediksi dari sumber tidak jelas, misalnya “juru kunci” gunung berapi. Pemerintah bagaimanapun, harus mampu menyinergikan deteksi bencana yang bertolak dari ilmu pengetahuan dan pengalaman lokal. Tugas 1mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. Tugas mitigasi juga membangun menajemen rasional penanggulangan berbasis masyarakat. Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal tidak penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur mitigasi yang benar.
Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat…. |
|||||||||||||||||||
A |
Pemerintah menyiapkan infrastruktur mitigasi dan memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada juru kunci gunung berapi adalah suatu keharusan. |
|||||||||||||||||||
B |
Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal tidak penting, lebih baik pemerintah membantu korban bencana gunung berapi di beberapa tempat. |
|||||||||||||||||||
C |
Pemerintah bagaimanapun harus yang bertolak dari ilmu pengetahuan dan pengalaman lokal bila terjadi bencana gunung berapi di wilayah tertentu. |
|||||||||||||||||||
D |
Upaya menyelamatkan masyarakat dari bencana letusan gunung berapi sangatlah sulit karena bencana tersebut datang tiba-tiba |
|||||||||||||||||||
E |
Pemerintah hendaklah memberikan informasi kepada masyarakat secara akurat sehingga masyarat dapat menghidar dari bahaya bencana letusan gunung berapi. |
|||||||||||||||||||
11 |
Bacalah kutipan teks editorial di bawah ini !
Seyogianya, pemerintah tangkas memberi informasi yang terang benderang, yang tingkat akurasinya mampu menyelamatkan masyarakat dari bencana letusan gunung berapi. Pada kenyataannya, masyarakat lebih sering mempercayai prediksi dari sumber tidak jelas, misalnya “juru kunci” gunung berapi. Pemerintah bagaimanapun, harus mampu menyinergikan deteksi bencana yang bertolak dari ilmu pengetahuan dan pengalaman lokal. Tugas 1mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. Tugas mitigasi juga membangun menajemen rasional penanggulangan berbasis masyarakat. Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal tidak penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur mitigasi yang benar.
Keberpihakan penulis/editorial dalam kutipan tajuk tersebut adalah kepada …. |
|||||||||||||||||||
A |
juru kunci |
|||||||||||||||||||
B |
petugas mitigasi |
|||||||||||||||||||
C |
korban bencana |
|||||||||||||||||||
D |
penyandang dana |
|||||||||||||||||||
E |
pemerintah Indonesia |
|||||||||||||||||||
12 |
Bacalah kutipan editorial berikut!
Dilihat dari strukturnya, kutipan editorial tersebut merupakan bagian dari … . |
|||||||||||||||||||
A |
pernyataan pendapat |
|||||||||||||||||||
B |
argumentasi |
|||||||||||||||||||
C |
pernyataan ulang pendapat |
|||||||||||||||||||
D |
Pernyataan klasifikasi |
|||||||||||||||||||
E |
pernyataan pendapat umum |
|||||||||||||||||||
13 |
Perhatikan paragraf berikut! Nelayan di Kabupaten Jepara mulai kembali menggunakan pukat harimau dalam menagkap ikan. Penggunaan pukat harimau itu dikeluhkan nelayan lain yang lebih memilih memakai jaring standar. Penggunaan pukat harimau memang menguntungkan. Dengan menggunakan pukat harimau, nelayan dapat menangkap ikan yang lebih banyak dibandingkan menggunakan jaring standar. Namun, pukat harimau yang digunakan nelayan dapat merusak ekosistem laut. Akibatnya, ikan-ikan di laut akan semakin langka di masa yang akan datang. Disadur dari: http://news.detik.com/jawatengah/3584771/nelayan-jepara-sebut-penggunaan-cantrang-dan-pukat-harimau-meningkat, 3 Oktober 2017
Tanggapan logis dari paragraf tersebut adalah… |
|||||||||||||||||||
A |
Menurut pendapat saya, nelayan harus mengurangi penggunaan pukat harimau karena mereka akan rugi sendiri pada masa yang akan datang. |
|||||||||||||||||||
B |
Menurut pendapat saya, ikan-ikan dan terumbu karang di Kabupaten Jepara harus dilindungi agar dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. |
|||||||||||||||||||
C |
Menurut pendapat saya, pemerintah Kabupaten Jepara harus melarang penggunaan pukat harimau agar ekosistem laut perairan Jepara tetap lestari. |
|||||||||||||||||||
D |
Menurut pendapat saya, aturan penggunaan pukat harimau harus lebih diperketat agar tidak terjadi kericuhan antarnelayan di Kabupaten Jepara. |
|||||||||||||||||||
E |
Menurut pendapat saya, Pemerintah Kabupaten Jepara harus segera menengahi kericuhan antarnelayan Jepara terkait penggunaan pukat harimau |
|||||||||||||||||||
14 |
Kutipan novel berikut untuk soal 18-20.
Penggambaran watak kuat pendirian tokoh Amir diungkapkan melalui… |
|||||||||||||||||||
A |
Dialog antartokoh |
|||||||||||||||||||
B |
Pikiran-pikiran tokoh |
|||||||||||||||||||
C |
Tanggapan tokoh lain |
|||||||||||||||||||
D |
Keadaan di sekitar tokoh |
|||||||||||||||||||
E |
Secara langsung oleh pengarang |
|||||||||||||||||||
15 |
Perbaikan kalimat bernomor (5) yang rancu/tidak efektif pada paragraf tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Sangat berbeda dengan efek suplemen vitamin C hasil olahan. |
|||||||||||||||||||
B |
Tidak menyangka benyak yang menyukai meminum vitamin C. |
|||||||||||||||||||
C |
Betapa tidak menyangkanya kita kekeliruan orang selama ini. |
|||||||||||||||||||
D |
Sekarang harus dilakukan mencegahan meminum obat bebas. |
|||||||||||||||||||
E |
Dokter pun sering menganjurkan banyak minum vitamin C. |
|||||||||||||||||||
16 |
Ada masa-masa di mana seseorang merasa lebih menarik dari biasanya. Baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, atau bahkan saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya.
Perbaikan kalimat yang rancu tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Ada masa-masa seseorang merasa lebih menarik daripada biasanya, baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, maupun saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya. |
|||||||||||||||||||
B |
Ada masa-masa di mana seseorang merasa lebih menarik dari biasanya, baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, maupun saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya. |
|||||||||||||||||||
C |
Ada masa-masa seseorang merasa lebih menarik dari biasanya, baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, atau bahkan saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya. |
|||||||||||||||||||
D |
Ada masa-masa yang mana seseorang merasa lebih menarik dari biasanya, baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, atau saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya. |
|||||||||||||||||||
E |
Ada masa-masa yang mana seseorang merasa lebih menarik daripada biasanya, baik setelah berdandan, mengenakan baju tertentu, bahkan saat orang tersebut melakukan aktivitas yang menjadi hobinya. |
|||||||||||||||||||
17 |
Bacalah kutipan teks berikut! Apa yang diharapkan warga dari sebuah sistem pendidikan ? Bagi orang awam sekalipun pasti tahu bahwa yang dibutuhkan adalah setidaknya kurikulum yang baik, pengajar yang enak, fasilitas memadai, dan biaya murah jika bisa. Lalu selebihnya mungkin adalah lingkungan yang kondusif, daya saing yang tinggi, serta segala aspek lain yang ada di luar ruang sekolah.
Masalah yang disoroti dalam paragraf tersebut adalah…. |
|||||||||||||||||||
A |
Sistem pendidikan yang baik. |
|||||||||||||||||||
B |
Biaya pendidikan yang mahal. |
|||||||||||||||||||
C |
Mutu pendidikan yang merosot. |
|||||||||||||||||||
D |
Fungsi pendidikan di masyarakat. |
|||||||||||||||||||
E |
Masalah pendidikan di Indonesia. |
|||||||||||||||||||
18 |
Cermati puisi berikut Sonet : Y Walau kita sering bertemu Diantara orang-orang melawat ke kubur itu Disela-sela suara biru Bencah-bencah kelabu dan ungu Walau kau sering kukenang Diantara kata-kata yang lama telah hilang Terkunci dalam bayang-bayang Dendam remang (Dikutip dari: Sapardi Joko Darmono, “Sonet : Y” dalam Duka-Mu Abadi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama 2017)
Kalimat kritik yang tepat sesuai isi bait tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Kata-kata dalam puisi tersebut bermakna denotasi sehingga mempermudah pembaca dalam memahami isinya |
|||||||||||||||||||
B |
Puisi tersebut pilihan rima yang sama dalam tiap bait sehingga memperindah puisi ketika dibacakan. |
|||||||||||||||||||
C |
Kata-kata dalam puisi tersebut semuanya mengandung majas sehingga sulit dipahami maksudnya oleh pembaca |
|||||||||||||||||||
D |
Puisi tersebut menggambarkan suasana gembira seperti yang sedang dialami penyair ketika menulis puisi tersebut |
|||||||||||||||||||
E |
Penyair menggunakan kata-kata kongkrit dalam puisi tersebut agar mudah ditafsirkan artinya oleh pembaca |
|||||||||||||||||||
19 |
Cermati paragraf berikut! Akulah Jibril, yang angin adalah aku, yang embun adalah aku, yang asap adalah aku, yang gemersik adalah aku, yang menghantarkan panas dan dingin. Aku mengirimkan kesejukan, pikiran segar yang mengajak giat belajar. Aku adalah yang menyodorkan keheranan dan sekaligus jawaban. Aku di kebun rimbun, aku di padang pasir, aku di laut, aku di gunung, aku di udara, kukirimkan layang-layangku kepadamu, kepada kalian. (Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat: Danarto) Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Danarto dikenal sebagai penulis cerpen yang religius, tercermin dalam tokoh cerpen yang telah ditulisnya. |
|||||||||||||||||||
B |
Menuntut pembaca harus lebih cermat untuk memahami isi cerita karena banyak menggunakan kata-kata lambang. |
|||||||||||||||||||
C |
Penggunaan kalimat-kalimat yang unik membuat cerpen ini diminati pembacanya. |
|||||||||||||||||||
D |
Cerpen Danarto pada umumnya beraliran religius sesuai dengan latar belakang pendidikan beliau. |
|||||||||||||||||||
E |
Penggunaan kalimat yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita |
|||||||||||||||||||
20 |
Bacalah paragraf esai berikut! Jika saya katakan penyair membebaskan diri dari kata-kata ialah sikap penyair yang tidak atau kurang mengacuhkan kata-kata. Berbeda dengan kecermatan dan hiraunya Amir hamzah dan Chairil Anwar terhadap kata-kata. Bebas dari kata-kata cenderung menyebabkan kata-kata menjadi kurang penting. Penyair tidak lagi memedulikan apakah kata yang ditampilkannya itu terlalu denotatif, kurang puitis, kurang imajinatif berlebihan (kurang hemat), dan semacamnya. Ia bebas terhadap kata-kata…. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf esai tersebut adalah…. |
|||||||||||||||||||
A |
Kata-kata sangat dipentingkan dalam proses kreatif pembuatan puisinya. |
|||||||||||||||||||
B |
Kata-kata tidak lagi menjadi taruhan bagi kepenyairannya. |
|||||||||||||||||||
C |
Penyair kurang cermat terhadap kata-kata atau daya seleksinya kurang. |
|||||||||||||||||||
D |
Penyair cenderung menulis prosa dalam puisinya. |
|||||||||||||||||||
E |
Puisi yang dihasilkan penyair disebut puisi kontemporer. |
|||||||||||||||||||
21 |
Perhatikan judul-judul karangan ilmiah berikut!
|
|||||||||||||||||||
A |
1) |
|||||||||||||||||||
B |
2) |
|||||||||||||||||||
C |
3) |
|||||||||||||||||||
D |
4) |
|||||||||||||||||||
E |
5) |
|||||||||||||||||||
22 |
Perhatikan paragraf berikut! 1)Dengan kecanggihan teknologi, kita memang bisa menggenggam dunia. 2)Namun, akibat teknologi pula petaka demi petaka bisa datang kapan saja jika kita serampangan menggunakannya. 3)Fakta menunjukkan kemajuan teknologi komnikasi yang pesat telah menimbulkan banyak kerugian. 4)Media sosial yang semestinya menjadi sumber informasi dan arena bersosialisasi tidak jarang justru menjadi sumber perpecahan. 5)Kecanggihan teknologi benar-benar menjadi tantangan serius bagi negeri ini. Disadur dari : “Bencana Bukan untuk Bercanda” dalam Media Indonesia, 28 September 2017
Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan angka . . . |
|||||||||||||||||||
A |
1) |
|||||||||||||||||||
B |
2) |
|||||||||||||||||||
C |
3) |
|||||||||||||||||||
D |
4) |
|||||||||||||||||||
E |
5) |
|||||||||||||||||||
23 |
Cermati artikel berikut !
Tujuan penulis artikel tersebut untuk memberitahukankepada pembaca tentang …. |
|||||||||||||||||||
A |
Kebaikan bayam untuk kesehatan |
|||||||||||||||||||
B |
Jumlah kandungan gizi dan vitamin di bayam |
|||||||||||||||||||
C |
Jenis bayam yang berkhasiat |
|||||||||||||||||||
D |
Manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada bayam |
|||||||||||||||||||
E |
Nutrisi yang terdapat pada bayam |
|||||||||||||||||||
24 |
Kutipan biografi berikut
Hal yang dapat diteladani dari biografi W.S. Rendra adalah …. |
|||||||||||||||||||
A |
Ia dijuluki si Burung Merak karena kepiawaiannya di atas pentas. |
|||||||||||||||||||
B |
Ia mendapat banyak penghargaan atas karya-karyanya yang fenomenal |
|||||||||||||||||||
C |
Meskipun tidak menyelesaikan pendidikan di fakultas sastra, ia terus belajar. |
|||||||||||||||||||
D |
Ia sering menulis drama dan mendapat penghargaan dari pemerintah |
|||||||||||||||||||
E |
Ia memperdalam pengetahuan drama di AS dan memperoleh penghargaan |
|||||||||||||||||||
25 |
Kutipan biografi berikut
Hal yang menarik dari seorang WS Rendra adalah …. |
|||||||||||||||||||
A |
WS Rendra seorang budayawan yangdijuluki si Burung Merak |
|||||||||||||||||||
B |
WS Rendra tidak pernah menyelesaikan kulianya |
|||||||||||||||||||
C |
WS Rendra lebih memilih kuliah di Amerika Serikat |
|||||||||||||||||||
D |
WS Rendra menulis naskah drama sejak SMP |
|||||||||||||||||||
E |
WS Rendra mendapat penghargaan dari luar negeri |
|||||||||||||||||||
26 |
Semangka Karya Mustofa Aldo
Di kebun milik ayahku Kulihat banyak buah semangka Kuambil satu lalu membelahnya
Akupun berdoa Tuhan ! Berilah aku gairah Semerah daging semangka
Makna kata gairah dalam puisi tersebut adalah …. |
|||||||||||||||||||
A |
Semangat kerja |
|||||||||||||||||||
B |
Semangat hidup |
|||||||||||||||||||
C |
Situasi kebudayaan |
|||||||||||||||||||
D |
Ketabahan hidup |
|||||||||||||||||||
E |
Harapan hidup |
|||||||||||||||||||
27 |
Cermati paragraf berikut dengan saksama !
Kalimat-kalimat yang |
|||||||||||||||||||
A |
(1), (3), dan (5) |
|||||||||||||||||||
B |
(2). (3). dan (6) |
|||||||||||||||||||
C |
(1), (2), dan (3) |
|||||||||||||||||||
D |
(1), (2), dan (5) |
|||||||||||||||||||
E |
(4), (5), dan (6) |
|||||||||||||||||||
28 |
Bacalah dengan saksama !
(1) Pengembangan perikanan dan kelautan belum sepenuhnya berpihak pada pemberdayaan nelayan kecil yang jumlahnya kurang lebih 90 persen dari total nelayan di Indonesia. (2) Kebijakan pemerintah cenderung berpihak pada pengembangan industri skala besar. (3) Persoalan tersebut menjadi catatan dalam peringatan hari nelayan, 6 April 2009. (4) Kebijakan perikanan dan kelautan belum menempatkan nelayan sebagai elemen penting perekonomian. (5) Sektor perikanan belum dianggap sebagai bagian dari faktor utama ketahanan pangan nasional.
Mengapa sektor perikanan belum dianggap penting ? Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah … |
|||||||||||||||||||
A |
Pengembangan perikanan dan kelautan belum berpihak pada pemberdayaan nelayan kecil. |
|||||||||||||||||||
B |
Kebijakan pemerintah cenderung berpihak pada pengembangan industri skala besar. |
|||||||||||||||||||
C |
Sektor perikanan belum dianggap sebagai bagian dari faktor utama ketahanan pangan nasional. |
|||||||||||||||||||
D |
Kebijakan perikanan dan kelautan belum menempatkan nelayan sebagai elemen penting perekonomian. |
|||||||||||||||||||
E |
Pemerintah belum memberdayakan nelayan kecil yang jumlahnya 90 persen dari total nelayan Indonesia |
|||||||||||||||||||
29 |
Bacalah dengan saksama !
(1) Pengembangan perikanan dan kelautan belum sepenuhnya berpihak pada pemberdayaan nelayan kecil yang jumlahnya kurang lebih 90 persen dari total nelayan di Indonesia. (2) Kebijakan pemerintah cenderung berpihak pada pengembangan industri skala besar. (3) Persoalan tersebut menjadi catatan dalam peringatan hari nelayan, 6 April 2009. (4) Kebijakan perikanan dan kelautan belum menempatkan nelayan sebagai elemen penting perekonomian. (5) Sektor perikanan belum dianggap sebagai bagian dari faktor utama ketahanan pangan nasional.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat padakalimat nomor …. |
|||||||||||||||||||
A |
(1) |
|||||||||||||||||||
B |
(2) |
|||||||||||||||||||
C |
(3) |
|||||||||||||||||||
D |
(4) |
|||||||||||||||||||
E |
(5) |
|||||||||||||||||||
30 |
Cermati penjelasan berikut! Penyair meletup-letup, jujur dalam mengungkapkan realitas kehidupan. Akan tetapi, kejujuran itu pantulan untuk orang lain semata. Seperti dalam puisi MAJOI karya Taufik Ismail. Jujur saja apakah pengarang sudah mengumpulkan fakta? Bagaimana kalau kata ganti “aku” dalam puisi digunakan “kita” agar lebih faktual.
|
|||||||||||||||||||
A |
Tidaklah mudah menciptakan karya sastra bernilai dan bermutu |
|||||||||||||||||||
B |
Dalam puisi MAJOI, Taufik Ismail sebaiknya menggunakan kata ganti “kita”. |
|||||||||||||||||||
C |
Seorang penyair memang harus berani mengungkapkan fakta kehidupan |
|||||||||||||||||||
D |
Ungkapan sindiran dalam sebuah karya puisi dirasakan paling tepat |
|||||||||||||||||||
E |
Puisi MAJOI salah satu puisi pemberani untuk mengungkapkan fakta. |
|||||||||||||||||||
31 |
Bacalah petikan esai berikut ! Pasca maraknya sajak–sajak sosial, sejak awal tahun 2000 hingga kini, perpuisian Indonesia kembali pada kemerdekaan masing –masing penyair dalam mencipta. Gaya dan tema sajak–sajak Indonesia mutakhir, seperti dapat kita amati pada rubrik sastra surat kabar, majalah, jurnal puisi serta sebagai kumpulan antologi puisi kembali beragam. Heterogenitas tema dan gaya pengucapan kembali mewarnai perpuisian Indonesia akhir–akhir ini muncul sajak–sajak naratif yang panjang, seperti banyak dimuat di harian umum. Namun, sajak–sajak pendek juga tetap muncul di rubik–rubik sastra. Selain itu, masih ada kesan yang kuat bahwa tradisi perpuisian Indonesia mutakhir kembali terperangkap dalam orientasi kuantitatif, seperti yang diungkap Budi Darma ketika melihat maraknya buku-buku antologi puisi yang diterbitkan oleh komunitas sastra di tanah air sejak awal 1990-an.
Kesimpulan teks esai di atas adalah? |
|||||||||||||||||||
A |
Kebebasan gaya dan keberagaman tema puisi Indonesia mutakhir. |
|||||||||||||||||||
B |
Sajak- sajak naratif yang panjang mewarnai dunia perpuisian Indonesia saat ini. |
|||||||||||||||||||
C |
Antologi puisi semakin marak di Indonesia |
|||||||||||||||||||
D |
Awal tahun 2000 hingga kini dunia perpuisian mengalami perubahan tren. |
|||||||||||||||||||
E |
Heterogenitas tema dan gaya cerita mewarnai perpuisian Indonesia |
|||||||||||||||||||
32 |
Di bawah ini yang termasuk dalam ciri-ciri kritik sastra yaitu… |
|||||||||||||||||||
A |
Singkat |
|||||||||||||||||||
B |
Memiliki gaya pembeda |
|||||||||||||||||||
C |
Memberikan pertimbangan baik dan buruk (kelebihan dan kekurangan) |
|||||||||||||||||||
D |
Selalu tidak utuh |
|||||||||||||||||||
E |
Memenuhi keutuhan penulisan |
|||||||||||||||||||
33 |
Perhatikan poin-poin berikut! (1) Memberikan tanggapan terhadap hasil karya sastra (2) Mempunyai nada pribadi atau bersifat personal (3) (4) Berbentuk prosa (5) Pertimbangan bersifat obyektif (6) Selalu tidak utuh Berdasarkan poin-poin di atas yang termasuk dalam ciri-ciri esai yaitu… |
|||||||||||||||||||
A |
(1), (2), (3) |
|||||||||||||||||||
B |
(4), (5), (6) |
|||||||||||||||||||
C |
(1), (3), (5) |
|||||||||||||||||||
D |
(2), (4), (6) |
|||||||||||||||||||
E |
(3), (4), (5) |
|||||||||||||||||||
34 |
Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama! Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai tersebut adalah? |
|||||||||||||||||||
A |
Infeksi yang menyerang otak manusia |
|||||||||||||||||||
B |
Infeksi yang mengenai paru-paru manusia |
|||||||||||||||||||
C |
Kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia |
|||||||||||||||||||
D |
Infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu |
|||||||||||||||||||
E |
Antibiotik yang diproduksi dari tumbuhan tingkat tinggi |
|||||||||||||||||||
35 |
Cermati kalimat berikut!
Pembeli: “Ya sudah deh saya setuju dengan harga 90 ribu. Tapi tolong carikan yang bagus-bagus lho ya…”
Dalam kegiatan jual beli, kalimat tersebut termasuk ke dalam tahapan …. |
|||||||||||||||||||
A |
Penawaran |
|||||||||||||||||||
B |
Persetujuan |
|||||||||||||||||||
C |
Pengajuan |
|||||||||||||||||||
D |
Pembelian |
|||||||||||||||||||
E |
Permintaan |
|||||||||||||||||||
36 |
Berikut ini adalah struktur dari sebuah teks anekdot, kecuali…. |
|||||||||||||||||||
A |
Aksi |
|||||||||||||||||||
B |
Reaksi |
|||||||||||||||||||
C |
Koda |
|||||||||||||||||||
D |
Abstraksi |
|||||||||||||||||||
E |
Orientasi |
|||||||||||||||||||
37 |
Cerita singkat yang menyentil atau mengandung kritikan tetapi dibungkus dengan bahasa atau cara penyampaian yang menarik, cerdas, dan memiliki kesan lucu adalah definisi dari …. |
|||||||||||||||||||
A |
Anekdot |
|||||||||||||||||||
B |
Negosiasi |
|||||||||||||||||||
C |
Prosedur Kompleks |
|||||||||||||||||||
D |
Eksposisi |
|||||||||||||||||||
E |
Laporan Hasil Observasi |
|||||||||||||||||||
38 |
Cermatitah penulisan alamat surat berikut !
Kepada : Yth. Bpk. Suhendra Direktur PT. Maju Pesat Jln. Kahfi nomor 26 Jakarta Selatan.
Perbaikan penulisan alamat surat yang tepat adalah…………. |
|||||||||||||||||||
A |
Kepada Yth : Direktur PT. Maju Pesat Jalan Kahfi Nomor 26 Jakarta Selatan |
|||||||||||||||||||
B |
Yth : Direktur PT. Maju Pesat Jln. Kahfi Nomor 26 Jakarta Selatan
|
|||||||||||||||||||
C |
Yth. Direktur PT Maju Pesat Jalan Kahfi 26 Jakarta Selatan |
|||||||||||||||||||
D |
Yth: Direktur PT Maju Pesat Jalan. Kahfi Nomor 26 Jakarta selatan |
|||||||||||||||||||
E |
Kepada Yth. Direktur PT Maju Pesat Jln. Kahfi Nomor 26 Jakarta Selatan |
|||||||||||||||||||
39 |
Cermati penggalan surat lamaran tersebut!
………..maaf, kami tidak bisa menerima surat lamaran Anda karena Anda bukan yang kami inginkan.
Perbaikan surat balasan lamaran pekerjaan yang kurang santun tersebut adalah…………. |
|||||||||||||||||||
A |
Kami belum bisa menerima Saudara karena perusahaan kami belum memerlukan pegawai baru. |
|||||||||||||||||||
B |
Perusahaan kami tidak bisa menerima Saudara karena perusaahan kami belum memerlukan pegawai baru. |
|||||||||||||||||||
C |
Kami tidak bisa menerima surat lamaran Saudara karena perusahaan kami belum memerlukan pegawai baru |
|||||||||||||||||||
D |
Kami belum bisa menerimanya karena perusahaan kami hingga saat ini belum memerlukan pegawai baru. |
|||||||||||||||||||
E |
Kami tidak bisa menerima Saudara karena perusaahan kami hingga saat ini belum memerlukan pegawai baru. |
|||||||||||||||||||
40 |
PT GARUDA NUSANTARA Membutuhkan tenaga pembukuan Syarat:
Lamaran ke PT Garuda Nusantara Jalan Garuda 85 Jakarta Pusat
Pembuka surat lamaran pekerjaan yang paling tepat berkaitan dengan iklan di atas adalah… |
|||||||||||||||||||
A |
Bersama ini saya melamar pekerjaan sesuai dengan yang Bapak iklankan. |
|||||||||||||||||||
B |
Dengan ini saya mengajukan lamaran kerj.a |
|||||||||||||||||||
C |
Berdasarkan iklan yang Bapak beri tahukan, saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut. |
|||||||||||||||||||
D |
Berdasarkan lowongan kerja yang Bapak iklankan untuk tenaga pembukuan, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut. |
|||||||||||||||||||
E |
Sesuai dengan iklan yang Bapak tawarkan, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut |
|||||||||||||||||||
Tuliskan pendapatmu mengapa surat lamaran pekerjaan harus bersifat formal? |
||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
Jelaskan pendapatmu mengapa teks editorial harus mengandung informasi? |
||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
Sebutkan unsur-unsur intrinsik cerpen |
||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
Jelaskan yang dimaksud sudut pandang dan sebutkan macamnya! |
||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
Sebutkan dan jelaskan metode dalam berpidato! |
||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
Leave a Reply