|
Sekelompok peneliti sedang melakukan penelitian di belantara hutan Sumatera. Rombongan peneliti tersebut terdiri atas para pakar dari berbagai bidang yang terkait dengan objek penelitian di hutan. Ada yang memusatkan perhatiannya pada struktur tubuh bagian dalam tumbuhan, sebagian lagi berkonsentrasi pada tanaman yang berkhasiat obat, dan ada juga yang memfokuskan diri pada tanaman jamur. Di samping itu, ada sekelompok kecil peneliti yang meneliti berbagai macam serangga yang terdapat di hutan tersebut. Selanjutnya, tidak ketinggalan pula beberapa pakar meneliti keberadaan berbagai burung langka di hutan Sumatera. Berdasarkan wacana tersebut, cabang-cabang ilmu biologi yang terkait dengan penelitian ini adalah …. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
morfologi, farmasi, mikologi, entomologi, dan ornitologi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
anatomi, farmasi, mikologi, epidemologi, dan ornitologi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
ornitologi, entomologi, farmasi, anatomi, dan mikologi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
entomologi, ichtyologi, parasitologi, mikologi, dan anatomi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
histologi, farmasi, entomologi, epidemologi, dan ornitologi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan beberapa tumbuhan berikut ini!
Di antara tumbuh-tumbuhan tersebut yang termasuk dalam keanekaragaman hayati tingkat jenis ditunjukkan oleh nomor …. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1, 2, 3, dan 4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
1, 2, 6, dan 7 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
2, 3, 4, dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
3, 4, 5, dan 6 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
4, 5, 6, dan 7 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Menurut Whittaker, ada 5 kingdom makhluk hidup di bumi ini, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Masing-masing kingdom memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan kingdom-kingdom lainnya. Berikut pernyataan terkait karakteristik makhluk hidup. Berdasarkan deskripsi di atas tentukan penyataan yang benar dan salah.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam suatu ekosistem terdapat beberapa organisme sebagai berikut:
Organisme-organisme tersebut membentuk jaring-jaring makanan. sebagai berikut.
Berdasarkan gambar jaring-jaring makanan tersebut, perhatikan pernyataan berikut! Tentukan benar atau salah pernyataan berikut!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan bagan dibawah ini!
Dari skema metagenesis tersebut yang diberi label X, Y dan Z adalah … |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Protalium(n) – anteredium(n) – arkegonium (n) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Protalium(n) – arkegonium (n) – anteredium (n) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Protonema(n) – anteredium(n) – arkegonium (n) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Protonema(n) – arkegonium (n) – anteredium (n) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Gametofit(n) – anteredium(n) – arkegonium (n) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar berikut ini
Berdasarkan gambar interaksi organisme diatas, tentukan pertanyaan yang benar dan salah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar siklus biogeokimia berikut!
Gambar 1 adalah siklus nitrogen dan siklus oksigen dan karbon. Berdasarkan gambar tersebut, tentukan pernyataan berikut benar atau salah.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tumbuhan merupakan makhluk hidup yanga mampu tumbuh, proses ini terjadi karena sel-sel yang menyusunnya aktif membelah. Sel-sel ini akan berkumpul untuk melakukan fungsi tertentu membentuk jaringan. Jaringan tumbuhan berdasarkan fungsinya dikelompokkan menjadi 5 yaitu jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan penyokong, dan jaringan pengangkut. Berikut gambar salah satu jaringan tumbuhan.
Pernyataan yang benar berkaitan dengan gambar di atas adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Gambar nomor 1 adalah jaringan parenkim sebagai tempat penyimpanan makanan pada akar, batang, dan daun |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Gambar nomor 1 adalah jaringan gabus yang disusun oleh sel-sel mati dan kosong |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Gambar nomor 2 adalah jaringan parenkim sebagai penyokong organ-organ tumbuhan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Gambar nomor 2 adalah jaringan kolenkim sel-selnya mengalami penebalan pada sudut-sudut selnya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Gambar nomor 2 adalah jaringan sklerenkim memiliki dinding sel yang kuat, tebal dengan dinding sel mengalami penebalan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan tabel hasil pemeriksaan cek darah Pak Rudi berikut ini!
Berdasarkan hasil pemeriksaan darah di atas, maka kesimpulan yang terjadi pada Pak Rudi adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Mengalami gangguan fungsi empedu |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Mengalami gangguan fungsi hati |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Mengalami gangguan fungsi lambung |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Mengalami gangguan fungsi paru paru |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Mengalami gangguan fungsi usus |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tanaman hidup selalu melibatkan proses pertumbuhan dan perkembangan. Media tanam merupakan salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan, yang akan menentukan pertumbuhan bibit yang ditanam. Pengaruh tersebut dapat disebabkan karena setiap media tanam mengandung unsur-unsur dan struktur yang berbeda-beda.
Pernyataan-pernyataan berikut berkaitan dengan penelitian tersebut. Nyatakan benar atau salah pernyataan-pernyataan yang dimaksud!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dokter Rangga adalah dokter spesialis Orthotpaedi yang khusus menanggani pasien dengan kelainan sistem gerak baik tulang, otot maupun sendi. Suatu ketika Ia menunjukkan berbagai macam sendi untuk menjelaskan terkait kelainan sendi yang diderita pasiennya. Berikut adalah gambar macam-macam sendi yang ditunjukkan dokter Rangga.
Untuk menunjukkan kepada pasiennya : A. sendi yang menghubungkan klavikula dan humerus, B. sendi yang menghubungkan radius dan ulna C. sendi yang menghubungkan carpal dan metacarpal Maka gambar yang dipilih dokter Rangga adalah nomor… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1, 2 dan 3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
1, 2 dan 4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
2, 3 dan 4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
2, 4 dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
3, 4 dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Hasil tes urine Pak Andi seperti pada tabel di bawah ini.
Berdasarkan hasil uji urine tersebut, maka Pak Andi dapat diketahui menderita…. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Nefritis dan batu ginjal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Albuminaria dan nefritis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Diabetes mellitus dan nefritis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Diabetes insipidus dan polyuria |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Albuminaria dan diabetes mellitus |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seseorang berinisial X diperiksakan ke dokter, diketahui pasien telah mengkonsumsi bahan psikotropika yang berbahaya. Setelah diperiksa ternyata pasien memiliki gejala pupil dilatasi, banyak bicara atau tertawa, emosional, euphoria, berkeringat, panik, paranoid, kehilangan kesadaran terhadap realitas, iraional, kejang lambung dan rasa mual. Berdasarka ciri tersebut, seseorang berinisial X diduga telah mengkonsumsi psikotropika jenis…… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Amfetamin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kokain |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Cannabis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Ephedrine |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Benzodiazepam |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Proses bayi tabung adalah suatu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma di dalam sebuah tabung pembuahan. Setelah sel telur sudah berhasil dibuahi dan menghasilkan embrio, maka akan dipindahkan ke dalam tubuh perempuan. Sistem reproduksi wanita seperti bagan berikut :
Berdasarkan bagan sistem reproduksi wanita di atas, bagian tubuh wanita yang digunakan untuk menempelkan embrio yang sebelumnya dikembangkan di dalam tabung adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berdasarkan cara memperolehnya, kekebalan tubuh digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu kekebalan aktif dan kekebalan pasif. Salah satu cara memperoleh kekebalan adalah pemberian air susu pertama (kolostrum) pada bayi yang banyak mengandung antibodi. Kekebalan tersebut termasuk jenis kekebalan …. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
aktif alami |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
pasif alami |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
aktif buatan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
pasif buatan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
primer alami |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Perhatikan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan berikut! Pengaruh eksternal yang dimaksud di sini adalah intensitas cahaya dan media tanam.
Sumber: Fadjriyani. 2016. Rancangan Percobaan Pengamatan Berulang untuk Analisis Pengaruh Interaksi Cahaya dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan. dan Perkembangan Perkecambahan Kacang Hijau. Jurnal Ilmiah dan Matematika Terapan 13 (1): 81 – 95.) Berdasarkan hasil percobaan tersebut, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini dan berikan tanda ceklis jika sesuai dengan table di atas!
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berikut gambar organ dan jaringan epitel yang menyusunnya.
Berdasarkan keterangan dan gambar tersebut, nyatakan benar atau salah pernyataan-pernyataan berikut!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar sistem reproduksi wanita berikut ini!
Tentukan pernyataan yang benar dan salah terkait dengan gambar di atas!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Setiap makhluk hidup membutuhkan energi yang digunakan untuk aktivitas dan proses tumbuh serta berkembang. Energi ini dibentuk melalui proses metabolisme yang melibatkan serangkaian reaksi biokatalisator, dimana metabolisme ini terjadi pada satuan terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan, yaitu sel. Pada sel prokariotik maupun eukariotik terdapat berbagai organela yang masing-masing melakukan fungsi tertentu untuk menunjang proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup. Seorang siswa ingin mengamati berbagai organela yang terdapat pada sel tumbuhan menggunakan mikroskop, setelah melakukan pengamatan, tampak bagian organela sel seperti gambar berikut.
Organel sel yang berperan pada pembentukan energi dan glukosa di dalam sel adalah…. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1 dan 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
2 dan 3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
3 dan 4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
4 dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
5 dan 6 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan kloroplas dan proses yang terjadi di dalamnya!
Karakteristik proses yang terjadi yaitu sebagai berikut.
Karakteristik dan proses yang terjadi pada gambar X sehingga dihasilkan gas oksigen (nomor 2) adalah…. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1, 2 dan 3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
1, 3 dan 4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
2, 4 dan 6 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
3, 5 dan 7 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
5, 6 dan 7 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Semakin pesatnya perkembangan teknologi memungkinkan polisi mampu memecahkan suatu kasus lebih cepat, ini dikarenakan penerapan teknologi DNA atau deoxyribonucleic acid merupakan asam nukleat yang menyusun informasi genetis pada makhluk hidup. DNA terdapat sebagai rantai ganda (double helix) yang sangat panjang, mengandung potongan- potongan gen sebagai satuan terkecil pengendali sifat dan ciri morfologi seperti warnakulit, jenis rambut, bentuk jari dan sifat-sifat khusus pada manusia (Kartika Ratna Pertiwi dan Paramita Cahyaningrum, 2012). Penelitian lebih lanjut oleh Avery, MacLeod, dan McCarthy pada tahun 1944 menunjukkan bahwa perbedaan ekspresi sifat tersebut karena struktur seperti tangga, terdiri dari dua pita yang berlawanan arah, yang akhirnya dikenal dengan DNA. Penemuan struktur DNA oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953 merupakan temuan penting dalam perkembangan genetika di dunia. Model struktur DNA hasil analisis Watson dan Crick mampu menjelaskan bagaimana DNA membawa informasi genetis sebagai cetak biru (blueprint) yang dapat dicopy dan diperbanyak saat sel membelah sehingga sel-sel baru juga mengandung informasi genetis yang sama. Inilah mengapa sifat dan ciri fisik seseorang berasal dari pewarisan orang tua dan nantinya akan diturunkan ke anak cucunya Berikut struktur DNA
Pernyataan yang benar berdasarkan gambar tersebut adalah…. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Basa nitrogen 6 dan 7 adalah adenin dan guanin, sedangkan basa nitrogen 5 dan 8 adalah timin dan sitosin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Basa nitrogen 6 dan 7 adalah sitosin dan guanin, sedangkan basa nitrogen 5 dan 8 adalah adenin dan timin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Basa nitrogen 6 dan 7 adalah adenin dan timin, sedangkan basa nitrogen 5 dan 8 adalah sitosin dan guanin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Basa nitrogen 6 dan 7 adalah adenin dan guanin, sedangkan basa nitrogen 5 dan 8 adalah sitosin dan timin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Basa nitrogen 6 dan 7 adalah sitosin dan timin, sedangkan basa nitrogen 5 dan 8 adalah adenin dan guanin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Berikut beberapa aplikasi bioteknologi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1, 2 dan 3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
2, 3 dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
2, 3 dan 6 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
3, 4 dan 5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
3, 4 dan 6 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan beberapa macam asam amino berikut ini
Berdasarkan tabel di atas, pada suatu pita DNA terdapat urutan basa N berikut. 5′ ATG GAG TGG TTA AGC GGG CGA 3′ Berdasarkan data tersebut, tentukan pernyataan berikut benar atau salah.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kecepatan reaksi enzimatis dipengaruhi beberapa faktor. Grafik berikut menunjukkan hubungan antara kecepatan reaksi dan faktor yang memengaruhi kerja enzim.
Berdasarkan grafik tersebut, tentukan pernyataan berikut yang benar tentang sifat enzim dengan memberi ceklis pada setiap pernyataan berikut ini.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Respirasi seluler terjadi dalam sel tubuh makhluk hidup dengan bahan baku glukosa dan oksigen yang bertujuan membentuk ATP yang akan melepaskan energi potensial sel kemudian energi ini dapat digunakan untuk aktivitas seluler misanya kontraksi sel dan transport sel . Jika dalam tubuh tersedia cukup oksigen maka akan terjadi empat tahapan proses respirasi aerob, antara lain glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus krep dan transport electron. Berdasarkan deskripsi di atas, tentukan pernyataan yang benar dan salah!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Perhatikan percobaan berikut!
Keterangan: X =Larutan hipototonis Y =Larutan isotonis Z = larutan hipertonis Berdasarkan gambar hasil percobaan di atas, tentukan kesimpulan mana yang benar!
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Pada X, sel darah merah mengalami krenasi karena sel darah merah berada di larutan hipotonis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Pada X, sel darah merah mengalami hemolisis karena membran sel tidak mampu menahan air yang masuk ke dalam sel darah merah |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Pada Y sel darah merah mengalami krenasi kaena sel darah merah berada pada larutan isotonis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Pada Z, sel darah merah mengalami krenasi karena sel darah merah berada pada larutan hipotonis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Pada Z, sel darah merah mengalami hemolisis karena sel darah merah pada larutan hipertonis. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Untuk menguji sifat enzim katalase dilakukan serangkaian kegiatan mencampur ekstrak dengan berbagai perlakuan. Hasil dari eksperimen tersebut adalah sebagai berikut.
Keterangan +++ = banyak ++ = sedang + = sedikit – = tidak ada
Berdasarkan data di atas maka kesimpulan yang benar dari eksperimen tersebut adalah….. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
pH dan suhu kurang berpengaruh pada enzim. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
kerja enzim tidak dipengaruhi oleh pH dan suhu. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
enzim bekerja optimum pada pH netral dan suhu normal. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
pada suhu dan pH rendah enzim bekerja aktif. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
aktivitas enzim dipengaruhi suhu tetapi tidak dipengaruhi pH |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar berikut ini
Berdasarkan gambar a dan b di atas, maka proses yang terjadi adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
inversi parasentrik dan translokasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
inversi perisentrik dan translokasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
transversi dan transisi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
transisi dan transversi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
delesi dan duplikasi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar diagram persilangan berikut!
Berdasar hasil persilangan maka diperoleh F1, maka pasangan pernyataan dan jawaban yang tepat adalah ….
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Salah satu dampak mutasi pada manusia adalah berubahnya jumlah kromosom. Berikut kariotip salah satu sindrom .
Berdasar kariotip tersebut, manakah pernyataan yang kurang tepat adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
sindrom tersebut dapat digolongkan monosomi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
terjadi pada perempuan atau laki-laki |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
memiliki duplikasi pada autosom, |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
memiliki kelainan pada testis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
memiliki kecerdasan di bawah rata-rata |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
August Weisman adalah serang bioologiwan Jerman pendukung teori Darwin. Namun demikian Weisman memiliki pendapat berbeda tentang evolusi makhluk hidup. Weismen berpendapat bahwa perubahan sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan kepada keturunannya. Percobaan August Weismann juga bertujuan menyanggah teori Lamarck yang menyatakan bahwa perkembangan struktur suatu organisme berhubungan dengan perubahan lingkungan (teori use and disuse) dan diwariskan pada keturunannya. Weismann mengungkapkan bahwa pengaruh genetis merupakan faktor yang mempengaruhi bentuk dan struktur organisme dan diwariskan pada keturunannya. Untuk membuktikan kejadian evolusi, August Weisman menyilangkan tikus- tikus yang dipotong ekornya dan selalu menghasilkan tikus berekor panjang sepanjang 20 generasi. Mana pernyataan yang sesuai dengan hasil percobaan Weisman diatas |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
terjadi mutasi yang diwariskan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
tikus berekor panjang dominan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
faktor gen dipengaruhi lingkungan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
faktor gen tidak dipengaruhi lingkungan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
mutasi tidak diwariskan kepada keturunannya. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Evolusi adalah salah satu penemuan ilmiah yang paling penting. Bersamaan dengan berbagai rumitnya tanda-tanda ilmiah yang ada di makhluk hidup, para ilmuwam, utamanya ahli biologi, bisa membuktikan adanya evolusi di makhluk hidup dengan berbagai bukti evolusi. Di luar sana memang banyak juga orang yang tidak percaya akan adanya evolusi. Hal ini wajar, karena evolusi bukanlah hal sekejap seperti yang bisa kita lihat di kisah fiksi Digimon atau Pokemon. Meski demikian, perubahan itu nyata. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita melihat lebih dekat pada berbagai bukti evolusi yang terjadi pada makhluk hidup. Berikut di antaranya homologi dan analogi pada makhluk hidup. Perhatikan beberapa alat gerak berikut.
Alat gerak yang menunjukkan analogi dan homologi organ dalam tabel berikut yang benar adalah…
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
1 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
4 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
5 |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar silsilah berikut.
Berdasar gambar peta silsilah diatas. Tentukan genotip yang bernomor 4 dan 5! |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Perempuan karier dan laki laki buta warna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Perempuan dan laki laki karier |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Perempuan dan laki laki buta warna |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Perempuan buta warna dan laki laki karier |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Perempuan dan laki laki normal |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar tabel di atas, berilah tanda ceklis (√) pada jawaban benar
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Simpan |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pak Doni bergolongan darah heterozigot A dan tidak buta warna menikah dengan Bu Dina Golongan darah B heterozigot buta warna memiliki seorang putra yang bernama Dodi bergolongan darah O tidak buta warna. Dodi kemudian menikah dengan Dona yang bergolongan darah B heterozigot buta warna. Berapa kemungkinan cucu pak Doni laki-laki yang bergolongan darah O normal buta warna ? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
0% |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
25 % |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
50% |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
75% |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
100 % |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada masa kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) akhir-akhir ini banyak baliho/ banner/ poster bertebaran di mana-mana, mulai jalan-jalan protokol hingga di kampung-kampung. Pemasangan gambar pasangan calon tersebut tentu mengganggu keindahan. Yang lebih memprihatinkan jika gambar- gambar tersebut dipasang di pohon-pohon dengan cara dipaku. Tindakan yang dilakukan tersebut tentu sangat merusak. Berdasarkan ilustrasi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan gambar struktur anatomi neuron berikut ini!
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan proses fermentasi pada bagan di bawah ini!
Proses fermentasi tersebut dapat terjadi pada saat kita membuat tape sebagai hasil aktivitas jamur Saccharomyces sp.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Peristiwa interaksi beberapa alela ditemukan pada pial ayam yang memiliki sifat: rose/mawar (R_pp), pea/biji (rrP_), bilah/tunggal (rrpp) dan walnut/sumpel (R_P_). Jika terjadi persilangan antara ayam berpial walnut dan rose mengasilkan ayam berpial walnut:rose:biji:single dengan perbandingan 3:3:1:1. Tentukan genotype kedua parentalnya! |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Suatu teknologi hasil pemikiran manusia, selain memiliki manfaat juga memiliki dampak atau pengaruh yang merugikan sebaik apapun teknologi tersebut. Begitu juga bioteknologi, selain manfaat sangat besar yang dapat dinikmati, beberapa produk bioteknologi seperti tanaman hasil rekayasa genetika. Berdasarkan uraian di atas sebutkan beberapa dampak yang dapat dirasakan saat ini atau di masa yang akan datang terkait Bioteknologi |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Leave a Reply