|
Tidak semua orang mendeskripsikan suatu objek dengan cara yang sama, misalnya, seorang anak berkata bahwa buah durian itu besar, sedangkan ibunya berpendapat bahwa buah durian itu kecil. Dalam ilmu biologi, untuk mendeskripsikan benda, tidak dengan jalan seperti itu. Biologi akan mendeskripsikan buah durian tadi dengan ukuran berat, misalnya 1 kg. Hal ini merupakan fakta biologi. Berarti fakta dapat didefinisikan… |
||||||||||||||||||||
A |
informasi yang diperoleh dari pendidikan |
||||||||||||||||||||
B |
informasi yang diperoleh dari standar baku internasional |
||||||||||||||||||||
C |
merupakan sesuatu yang tidak dapat berubah |
||||||||||||||||||||
D |
merupakan sesuatu yang terlihat nyata |
||||||||||||||||||||
E |
merupakan perspektif dari masing-masing individu |
||||||||||||||||||||
Beberapa faktor yang terdapat pada penelitian disebut sebagai variabel. Variable control dari pernyataan “Semakain tinggi suhu perendaman biji, semakin cepat perkecambah biji Semangka“ |
|||||||||||||||||||||
A |
suhu perendaman biji |
||||||||||||||||||||
B |
jumlah biji semangka |
||||||||||||||||||||
C |
jumlah daun yang muncul |
||||||||||||||||||||
D |
kecepatan tumbuhnya akar |
||||||||||||||||||||
E |
kecepatan perkecambahan |
||||||||||||||||||||
Beberapa mahluk hidup berbeda dapat memiliki persamaan ciri sebagai petunjuk adanya hubungan kekerabatan. Pasangan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah….. |
|||||||||||||||||||||
A |
rubah dan serigala |
||||||||||||||||||||
B |
rubah dan berang-berang |
||||||||||||||||||||
C |
rubah dan anjing |
||||||||||||||||||||
D |
serigala dan anjing |
||||||||||||||||||||
E |
serigala dan beruang |
||||||||||||||||||||
Pisang, mangga, kelengkeng, dan durian dikelompokkan dalam tumbuhan buah-buahan. Pengklasifikasian ini tergolong dalam klasifikasi sistem….. |
|||||||||||||||||||||
A |
Natural |
||||||||||||||||||||
B |
Artifisial |
||||||||||||||||||||
C |
Praktis |
||||||||||||||||||||
D |
Manfaat |
||||||||||||||||||||
E |
Buatan |
||||||||||||||||||||
Saling ketergantungan antara produsen, konsumen, dan dekomposer terjadi dalam suatu ekosistem. Gejala ini terjadi pada peristiwa makan dan dimakan. Peristiwa ini akan membentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan. Peristiwa ini erat kaitannya dengan pengalihan energi dari produsen ke konsumen. Dalam rantai makanan yang terdiri atas tumbuhan-tikus-ular-elang, kemudian mati dimakan pengurai. Jumlah energi matahari terbesar berada pada |
|||||||||||||||||||||
A |
Pengurai |
||||||||||||||||||||
B |
Tumbuhan |
||||||||||||||||||||
C |
Tikus |
||||||||||||||||||||
D |
Ular |
||||||||||||||||||||
E |
Elang |
||||||||||||||||||||
Sumber daya hayati tumbuhan perlu dilestarikan, sebab tumbuhan bagi manusia dan hewan lainnya mempunyai peran yang sangat penting . Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan peran yang penting bagi manusia adalah…… |
|||||||||||||||||||||
A |
pemasok karbohidrat sebagai sumber energi |
||||||||||||||||||||
B |
mengurangi terik matahari pada siang hari |
||||||||||||||||||||
C |
mengurangi terjadinya banjir saat musim hujan |
||||||||||||||||||||
D |
penyedia oksigen untuk pernapasan |
||||||||||||||||||||
E |
memberi keindahan, rasa aman dan damai |
||||||||||||||||||||
Sel mempunyai organel-orgael sel. Organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan dan tidak dimiliki oleh hewan adalah…. |
|||||||||||||||||||||
A |
Mitokondria |
||||||||||||||||||||
B |
Vakuola |
||||||||||||||||||||
C |
Ribosom |
||||||||||||||||||||
D |
Plastida |
||||||||||||||||||||
E |
lisosom |
||||||||||||||||||||
Ekosistem mempunyai komponen biotik dan abiotik, dimana antarr komponen itu saling berinteraksi. Contoh saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik adalah… |
|||||||||||||||||||||
A |
aktivitas cacing yang menyuburkan tanah |
||||||||||||||||||||
B |
lebah yang mengisap madu bunga |
||||||||||||||||||||
C |
kutu kepala pada manusia |
||||||||||||||||||||
D |
cacing pita dan manusia |
||||||||||||||||||||
E |
bunga anggrek dan inangnya |
||||||||||||||||||||
Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang serius seperti dibawah ini, kecuali …. |
|||||||||||||||||||||
A |
polutan SO3 dan NO3 menyebabkan hujan asam |
||||||||||||||||||||
B |
polutan CO menyebabkan keracunan hingga kematian |
||||||||||||||||||||
C |
polutan CO2 menyebabkan pemanasan global dan efek rumah kaca |
||||||||||||||||||||
D |
polutan PO4 menyebabkan terjadinya hujan asam |
||||||||||||||||||||
E |
polutan CFC menyebabkan penipisan ozon |
||||||||||||||||||||
Pada penampang melintang batang suatu jenis tumbuhan terdapat jaringan sebagai berikut. (1) Epidermis (2) Korteks (3) Floem (4) Xilem (5) Kambium Bila dilihat dengan menggunakan mikroskop dari dalam ke luar berturut-turut akan tampak bagian… |
|||||||||||||||||||||
A |
1-2-3-4-5 |
||||||||||||||||||||
B |
4-5-3-2-1 |
||||||||||||||||||||
C |
4-3-1-2-5 |
||||||||||||||||||||
D |
3-5-4-2-1 |
||||||||||||||||||||
E |
1-2-3-5-4 |
||||||||||||||||||||
Hormon yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman yaitu bekerja berlawanan dengan hormon auksin dan giberelin dengan cara memperlambat kecepatan pembelahan dan pembesaran sel. Hormon dibawah ini akan aktif pada saat tumbuhan berada pada kondisi yang kurang baik, seperti musim dingin, musim kering, musim gugur adalah…. |
|||||||||||||||||||||
A |
kaulokalin |
||||||||||||||||||||
B |
Sitokinin |
||||||||||||||||||||
C |
Traumalin |
||||||||||||||||||||
D |
Asam absisat |
||||||||||||||||||||
E |
Etilen |
||||||||||||||||||||
Dalam tubuh, masing-masing organ memiliki kerja yang saling terhubung melalui sistim koordinasi. Koordinasi ini merupakan tugas dari jaringan saraf. Jaringan saraf tersusun dari sel-sel saraf. Bagian Sel saraf yang berfungsi menerima rangsangan adalah….. |
|||||||||||||||||||||
A |
sel schwan |
||||||||||||||||||||
B |
badan sel |
||||||||||||||||||||
C |
akson |
||||||||||||||||||||
D |
neurit |
||||||||||||||||||||
E |
dendrit |
||||||||||||||||||||
Proses pencernaan yang terjadi di mulut berlangsung secara mekanik dan kimiawi dengan menggunakan enzim sebagai katalisatornya. Zat yang diubah di dalam mulut dengan perantaraan enzim …… |
|||||||||||||||||||||
A |
Vitamin |
||||||||||||||||||||
B |
Mineral |
||||||||||||||||||||
C |
Protein |
||||||||||||||||||||
D |
Karbohidrat |
||||||||||||||||||||
E |
lemak |
||||||||||||||||||||
Sebagai penerus bangsa Indonesia, generasi muda harus menghindarkan diri dari NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Cara yang tepat untuk menghindarkan diri dari pengguna NAPZA adalah… |
|||||||||||||||||||||
A |
Memasukkan pengguna NAPZA ke panti rehabilitasi |
||||||||||||||||||||
B |
Menghukum pengguna dan pengedar NAPZA dengan hukuman yang seberat-beratnya |
||||||||||||||||||||
C |
Mengikut penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya penggunaan NAPZA |
||||||||||||||||||||
D |
Menjauhkan diri dari pengguna NAPZA |
||||||||||||||||||||
E |
Memberikan aturan yang ketat terhadap penggunaan NAPZA |
||||||||||||||||||||
Dari tipe kekebalan humoral, mekanisme kerja antibodi sebagai respon humoral melawan antigen, misalnya virus dapat melalui cara netralisasi, hal ini dilakukan antibodi dengan cara ……. |
|||||||||||||||||||||
A |
melekatkan diri pada molekul virus |
||||||||||||||||||||
B |
menggumpalkan molekuk virus |
||||||||||||||||||||
C |
memfiksasi komplemen yang kemudian difagosit oleh makrofag |
||||||||||||||||||||
D |
mengendapkan molekul virus |
||||||||||||||||||||
E |
memakan molekul virus |
||||||||||||||||||||
|
Perhatikan tabel hasil percobaan tanaman hias berikut !
Pertumbuhan daun terbanyak terjadi apabila tanaman diberikan
|
||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Jaringan yang membatasi dan menutupi permukaan bagian tubuh yang berupa organ, rongga, dan saluran baik yang terletak di dalam maupun di luar tubuh adalah… |
|||||||||||||||||||||
A |
Jaringan epitel |
||||||||||||||||||||
B |
Jaringan otot |
||||||||||||||||||||
C |
Jaringan syaraf |
||||||||||||||||||||
D |
Jaringan ikat |
||||||||||||||||||||
E |
Jaringan darah |
||||||||||||||||||||
Kloroplas merupakan organel yang mengandung klorofil yang di dalamnya terdapat bagian stroma yang berfungsi untuk… |
|||||||||||||||||||||
A |
Tempat terjadinya fotosintesis |
||||||||||||||||||||
B |
Menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk pati |
||||||||||||||||||||
C |
Mengubah energi cahaya menjadi energi kimia |
||||||||||||||||||||
D |
Mengedarkan hasil fotosintesis |
||||||||||||||||||||
E |
Memberi warna pada daun |
||||||||||||||||||||
Pernyataan berikut yang sesuai berkaitan dengan proses respirasi anaerob adalah ….
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Molekul tRNA merupakan jenis RNA yang terdapat dalam sitoplasma yang memiliki basa nitrogen berpasangan dan yang tidak berpasangan. Salah satu lengan tRNA yang tidak berpasangan, saat sintesis protein digunakan untuk |
|||||||||||||||||||||
A |
membentuk pita tunggal RNA yang akan ditranskripsi. |
||||||||||||||||||||
B |
mengirimkan informasi genetik ke dalam ribosom. |
||||||||||||||||||||
C |
membawa asam amino hasil translasi. |
||||||||||||||||||||
D |
menerjemahkan asam amino yang akan dibentuk. |
||||||||||||||||||||
E |
membantu DNA untuk mensintesis kodon |
||||||||||||||||||||
Berikut ini adalah pernyataan mengenai fotosintesis yang terkait dengan proses reaksi gelap
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Berikut ini yang merupakan sifat-sifat enzim
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Perhatikan reaksi proses kemosintesis berikut ini! |
|||||||||||||||||||||
A |
Nitrobacter |
||||||||||||||||||||
B |
Nitrococcus |
||||||||||||||||||||
C |
Lactobacillus |
||||||||||||||||||||
D |
Thiobacillus |
||||||||||||||||||||
E |
Acetobacter |
||||||||||||||||||||
Bila sel makhluk hidup direndam dalam larutan hipertonis, maka sel tersebut akan mengalami pengerutan. Hal ini disebabkan keluarnya air dari dalam sel akibat perbedaan gradien konsentrasi yang lebih rendah dari luar sel, ini merupakan peristiwa … |
|||||||||||||||||||||
A |
turgor |
||||||||||||||||||||
B |
plasmolisis |
||||||||||||||||||||
C |
difusi |
||||||||||||||||||||
D |
osmosis |
||||||||||||||||||||
E |
hipotonis |
||||||||||||||||||||
Seorang siswa kelas XII melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh senyawa X terhadap kerja enzim katalase. Dari hasil percobaan diketahui bahwa pemberian senyawa X menyebabkan air dan gas oksigen tidak dihasilkan dari reaksi tersebut. Setelah dilakukan penambahan konsentrasi H2O2, ternyata gas oksigen dan air yang dihasilkan meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa … |
|||||||||||||||||||||
A |
Senyawa X merupakan inhibitor kompetitif |
||||||||||||||||||||
B |
Senyawa X merupakan inhibitor nonkompetitif |
||||||||||||||||||||
C |
Senyawa X merupakan aktivator enzim katalase |
||||||||||||||||||||
D |
Senyawa X merupakan bagian non-protein penyusun enzim katalase |
||||||||||||||||||||
E |
Senyawa X merupakan kofaktor yang meningkatkan kerja enzim katalase |
||||||||||||||||||||
|
Jika rantai DNA adalah ATT GTA AAA CGG, kode genetik yang dibawa oleh mRNA pada sintesis protein adalah… |
||||||||||||||||||||
A |
UAA CAU TTT GCC |
||||||||||||||||||||
B |
ATT GTA AAA GCC |
||||||||||||||||||||
C |
AUU GTA UUU GCC |
||||||||||||||||||||
D |
AUU GUA AAA CGG |
||||||||||||||||||||
E |
UAA CAU UUU GCC |
||||||||||||||||||||
Suatu tanaman jambu berbatang tinggi berdaun lebar (TTLL) disilangkan dengan tanaman jambu berbatang pendek berdaun sempit (ttll). Jika F1 yang dihasilkan disilangkan dengan sesamanya, akan dihasilkan F2 dengan perbandingan fenotip |
|||||||||||||||||||||
A |
batang tinggi berdaun sempit : batang tinggi berdaun lebar = 3:1 |
||||||||||||||||||||
B |
batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun lebar = 9:6:1 |
||||||||||||||||||||
C |
batang tinggi berdaun sempit : batang tinggi berdaun lebar = 1:1 |
||||||||||||||||||||
D |
batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun lebar : batang pendek berdaun sempit = 9:3:3:1 |
||||||||||||||||||||
E |
batang tinggi berdaun lebar : batang tinggi berdaun sempit : batang pendek berdaun sempit = 12:3:1 |
||||||||||||||||||||
Karena mengalami mutasi, kromosom mengalami perubahan seperti pada gambar di bawah ini :
Jenis mutasi tersebut adalah …. |
|||||||||||||||||||||
A |
Translokasi |
||||||||||||||||||||
B |
Transisi |
||||||||||||||||||||
C |
Inversi |
||||||||||||||||||||
D |
Duplikasi |
||||||||||||||||||||
E |
Delesi |
||||||||||||||||||||
Pada suatu hutan di Negara Inggris dapat kita temukan populasi ngengat dengan nama latin Biston betularia yang memiliki warna sayap terang dan gelap. Pada saat belum terjadi perkembangan industri, populasi ngengat bersayap terang jauh lebih mendominasi dibandingkan ngengat bersayap gelap. Namun, pada saat perkembangan industri terjadi, populasi ngengat bersayap terang berkurang dan didominasi dengan ngengat bersayap gelap. Penyebab berkurangnya ngengat bersayap terang pada saat terjadi perkembangan industri adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
kemampuan bertahan hidup ngengat bersayap terang tinggi |
||||||||||||||||||||
B |
ngengat bersayap terang mati karena kekurangan makanan |
||||||||||||||||||||
C |
ngengat bersayap terang dimangsa oleh ngengat bersayap gelap |
||||||||||||||||||||
D |
ngengat bersayap terang terseleksi oleh alam |
||||||||||||||||||||
E |
ngengat bersayap terang melakukan migrasi ke tempat lain |
||||||||||||||||||||
Tahun 1926 Muller melakukan eksperimen terhadap lalat buah yang dipengaruhi sinar X. Hasil eksperimen memunculkan variasi fenotip yang tidak pernah dijumpai pada populasi liar, seperti individu tanpa sayap dan bersayap melengkung yang mampu membentuk populasi di laboratorium. Apakah alasan yang tepat bahwa eksperimen tersebut dapat memengaruhi keberlangsungan evolusi? |
|||||||||||||||||||||
A |
Fenotip tersebut bersifat steril dan tidak stabil. |
||||||||||||||||||||
B |
Terjadi perubahan fenotip akibat desakan lingkungan. |
||||||||||||||||||||
C |
Fenotip tersebut hanya muncul jika dipengaruhi sinar X. |
||||||||||||||||||||
D |
Fenotip tersebut di alam tidak adaptif sehingga tidak lolos seleksi alam. |
||||||||||||||||||||
E |
Fenotip tersebut hanya berubah sesaat, ketika tidak dipengaruhi sinar X akan kembali normal. |
||||||||||||||||||||
Jika kita menyilangkan jagung berbiji bulat merah (BBmm) dengan biji jagung keriput kuning (bbmm), maka keturunan pertama (F1) menghasilkan biji jagung bulat berwarna merah, kemudian antara keturunan pertamanya F1, maka akan menghasilkan F2 dengan perbandingan bulat merah : keriput merah : bulat kuning : keriput kuning, sebagai berikut |
|||||||||||||||||||||
A |
3 : 3 : 9 : 1 |
||||||||||||||||||||
B |
1 : 3 : 3 : 9 |
||||||||||||||||||||
C |
9 : 3 : 3 : 1 |
||||||||||||||||||||
D |
9 : 3 : 1 : 3 |
||||||||||||||||||||
E |
9 : 3 : 4 |
||||||||||||||||||||
Dalam satu keluarga ditemukan anaknya yang albino, sedangkan kedua orang tuanya normal. Dari data ini kemungkinan genotipe orang tuanya adalah …
|
|||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Perhatikan peta silsilah berikut! Individu X mempunyai golongan darah …
|
|||||||||||||||||||||
A |
B homozigot |
||||||||||||||||||||
B |
A heterozigot |
||||||||||||||||||||
C |
A dan B Homozigot |
||||||||||||||||||||
D |
AB |
||||||||||||||||||||
E |
O |
||||||||||||||||||||
Bagan berikut menunjukkan tipe kromosom I menjadi II.
Peristiwa yang menyebabkan perubahan kromosom tersebut adalah |
|||||||||||||||||||||
A |
Delesi |
||||||||||||||||||||
B |
Aberas |
||||||||||||||||||||
C |
Inversi |
||||||||||||||||||||
D |
Translokasi |
||||||||||||||||||||
E |
katenasi |
||||||||||||||||||||
Perhatikan silsilah keluarga dengan penderita buta warna di bawah ini!
Berdasarkan silsilah di atas, maka genotipe parentalnya adalah … |
|||||||||||||||||||||
A |
XBXB >< XBY |
||||||||||||||||||||
B |
XbXb >< XbY |
||||||||||||||||||||
C |
XBXb >< XBY |
||||||||||||||||||||
D |
XBXb >< XbY |
||||||||||||||||||||
E |
XbXb >< XBY |
||||||||||||||||||||
|
Nama yang diberikan kepada kelompok individu hewan atau tumbuhan sering berbeda meskipun individu yang dimaksud sama. Setiap daerah memberi nama yang berlainan. Untuk mengatasi pemberian nama yang bermacam-macam, Carolus Linnaeus, seorang ahli biologi berkebangsaan Swedia membuat pedoman penamaan bagi kelompok individu. Sistem pemberian nama makhluk hidup yang digunakan Linnaeus adalah … |
||||||||||||||||||||
A |
Binomial nomenclature |
||||||||||||||||||||
B |
Nama latin |
||||||||||||||||||||
C |
Berbahasa inggris |
||||||||||||||||||||
D |
Ditulis dengan dua kata |
||||||||||||||||||||
E |
Bahasa internasional |
||||||||||||||||||||
Udara dapat masuk dan keluar paru-paru karena adanya tekanan udara luar dengan udara dalam paru-paru. Perbedaan tekanan ini disebabkan oleh terjadinya perubahan besar-kecilnya rongga udara, rongga perut, dan rongga alveolus. Pernafasan dada adalah |
|||||||||||||||||||||
A |
Udara keluar masuk dada |
||||||||||||||||||||
B |
Udara masuk lewat hidung |
||||||||||||||||||||
C |
Otot yang bergerak adalah otot antar tulang rusuk |
||||||||||||||||||||
D |
Otot yang bergerak adalah otot diafragma |
||||||||||||||||||||
E |
Nafas lebih panjang |
||||||||||||||||||||
Berikut ini beberapa bahan makanan yang difermentasikan oleh mikroorganisme dengan produk-produknya :
Hubungan yang benar antara bahan mentah dengan mikroorganisme dan produknya adalah… |
|||||||||||||||||||||
A |
1 dan 2 |
||||||||||||||||||||
B |
1 dan 4 |
||||||||||||||||||||
C |
2 dan 3 |
||||||||||||||||||||
D |
3 dan 4 |
||||||||||||||||||||
E |
3 dan 5 |
||||||||||||||||||||
Seorang sejarawan melakukan penelitian mengenai evolusi dan menemukan beberpa fakta yang terjadi dialam antara lain:
Fakta yang diperoleh dan dapat dijadikan sebagai dasar teori evolusi adalah .. |
|||||||||||||||||||||
A |
1 dan 2 |
||||||||||||||||||||
B |
1 dan 3 |
||||||||||||||||||||
C |
2 dan 3 |
||||||||||||||||||||
D |
2 dan 4 |
||||||||||||||||||||
E |
3 dan 4 |
||||||||||||||||||||
Berikut ini pernyataan tentang pengelolaan limbah dengan menggunakan mikroorganisme.
Pernyataan di atas yang benar |
|||||||||||||||||||||
A |
1–2–3 |
||||||||||||||||||||
B |
1–3–4 |
||||||||||||||||||||
C |
2–3–4 |
||||||||||||||||||||
D |
2–3–5 |
||||||||||||||||||||
E |
3–4–5 |
||||||||||||||||||||
Pernahkah kaki Anda tanpa sengaja menginjak duri atau benda tajam lainnya? Apa yang terjadi seketika itu? Pasti Anda akan dengan cepat menarik kaki, mungkin dibantu dengan gerakan tangan, dan sambil berteriak secara spontan. Gerakan yang Anda lakukan tersebut merupakan contoh gerak refleks. Dapatkah kalian menjelaskan mekanismenya ? |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Pada kelapa sifat batang tinggi (T) dominan terhadap batang pendek (t), sedangkan sifat buah banyak (B) dominan terhadap buah sedikit (b). Persilangan antara 2 pohon kelapa batang tinggi buah banyak (TTBB) dengan kelapa batang pendek buah sedikit (ttbb) menghasilkan keturunan. Tentukan dengan perbandingan genotipe dan prosentase fenotipe F1 dan F2 nya! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Pada peristiwa mutasi alam, individu yang dapat beradaptasi terhadap lingkungan akan dapat terus hidup. Coba Anda analisa, bagaimana peristiwa ini jika dikaitkan dengan terjadinya mekanisme evolusi makhluk hidup. Menurut Anda, apakah evolusi manusia masih terus berlangsung? |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Pernafasan dada dan perut memiliki perbedaan yang mencolok, jelaskan perbedaan diantara kedua pernafasan tersebut ! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||
Akhir-akhir ini pemakaian bioteknologi untuk mencukupi kebutuhan manusia hampir di segala lini, sebagai contoh adalah perbanyakan bibit tanaman unggul dalam skala besar untuk perkebunan. Semua orang mengakui bahwa bioteknologi sangat bermanfaat bagi manusia. Namun di sisi lain pasti memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Jelaskan 3 dampak dari bioteknologi bagi lingkungan ! |
|||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||
E |
Leave a Reply