|
Secara geografis, Jazirah Arab khususnya daerah Makkah terdiri atas gurun pasir yang panas dan gersang, hal ini mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakat. Mereka dikenal sebagai bangsa pengembara yang nomaden dengan mengandalkan kendaraan yang berupa unta dan kuda. Solidaritas kesukuannya tinggi, sehingga sering berperang untuk membela sukunya. Di sisi lain, mereka juga sangat menghormati tamu meskipun tamu tersebut berasal dari musuhnya. Berdasar informasi di atas, ciri-ciri kebudayaan bangsa Arab sebelum mengenal Islam adalah…. |
||||||||||||||||||||||
A |
mengedepankan persatuan |
||||||||||||||||||||||
B |
berjiwa petualang |
||||||||||||||||||||||
C |
karakternya kuat |
||||||||||||||||||||||
D |
berwatak keras |
||||||||||||||||||||||
E |
Sopan santun |
||||||||||||||||||||||
Sebelum mengenal Islam, bangsa Arab dikenal sebagai kaum Jahiliyah. Mereka tidak menyukai anak-anak wanita karena wanita dinilai makhluk lemah, tidak mampu berperang, dan tidak kuat melakukan pekerjaan yang berat. Seakan suatu bencana besar dan sebagai aib jika tidak mempunyai anak laki-laki. Sikap bangsa Arab tersebut menegaskan, bahwa: |
|||||||||||||||||||||||
A |
kekuatan,keperkasaan, keberanian merupakan modal utama mereka |
||||||||||||||||||||||
B |
bangsa Arab membutuhkan kekuatan untuk mengangkat derajatnya |
||||||||||||||||||||||
C |
bangsa Arab membutuhkan anak laki-laki untuk peperangan |
||||||||||||||||||||||
D |
memiliki anak laki-laki merupakan kebanggaan bangsa Arab |
||||||||||||||||||||||
E |
wanita merupakan makhluk lemah yang tidak bisa perang |
||||||||||||||||||||||
Tiga tahun lamanya Rasulullah Saw berdakwah secara sembunyi-sembunyi di rumah sahabat Arqam bin Abi Al Arqam. Penduduk Makkah banyak yang sudah mengetahui dan mulai membicarakan agama baru yang beliau bawa. Mereka menganggap agama itu sangat bertentangan dengan agama nenek moyang mereka. Pada waktu itu turunlah wahyu Qur’an surat Al Hijr (15):94 yang memerintahkan kepada beliau untuk melakukan dakwah secara terbuka dengan terang-terangan kepada seluruh masyarakat. Dakwah Rasulullah SAW, periode Makkah mengupayakan penekanan pada masalah penanaman aqidah yang kuat. Keutamaan upaya Rasulullah SAW tersebut, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
sebagai pondasi untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam lainnya |
||||||||||||||||||||||
B |
memudahkan masyarakat untuk memahami Islam secara benar |
||||||||||||||||||||||
C |
membangun masyarakat yang berpegang teguh syariat Islam |
||||||||||||||||||||||
D |
tidak membebani ummatnya dengan syariat yang berat |
||||||||||||||||||||||
E |
agar pendudk Makkah lainnya tertarik dengan Islam |
||||||||||||||||||||||
Rasulullah Saw memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi, menyeru manusia untuk beriman kepada Allah Swt, menganut agama Tauhid dan mengenalkan bahwa Tuhan itu satu, yaitu Allah Swt. Dakwah secara sembunyi-sembunyi ini dilakukan untuk menghindari munculnya gejolak yang sangat mungkin terjadi di kalangan masyarakat. Wahyu yang memerintahkan dakwah secara terang-terangan baru turun setelah ada pengikutnya. Dengan demikian, keutamaan dakwah periode Makkah adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
dakwah Islam menyentuh seluruh lapisan masyarakat |
||||||||||||||||||||||
B |
dakwah secara sembunyi-sembunyi selama 3 tahun |
||||||||||||||||||||||
C |
membutuhkan waktu yang lama dalam berdakwah |
||||||||||||||||||||||
D |
dakwah Islam dilakukan dengan cara damai |
||||||||||||||||||||||
E |
dakwah Islam dilakukan secara pelan-pelan |
||||||||||||||||||||||
Langkah awal yang dilakukan Rasulullah SAW di Madinah, adalah mendirikan masjid. Di tempat inilah dakwah Rasulullah SAW dimulai yaitu dengan melakukan sholat jamaah, pengenalan dan penanaman ibadah mahdhoh, muamalah dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya sehingga wilayah di sekitar masjid menjadi ramai. Selanjutnya diteruskan dengan membangun jalan raya di sekitar masjid, membangun jembatan-jembatan yang menghubungkan lembah yang satu dengan lembah yang lainnya sehingga Madinah menjadi pusat kota dan pemukiman. Keterkaitan substansi dan strategi Rasulullah saw. tersebut terhadap kemajuan peradaban masyarakat di Madinah, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
kemajuan peradaban masyarakat Madinah setelah didirikan masjid |
||||||||||||||||||||||
B |
ketepatan strategi merupakan kunci penting di balik kesuksesan |
||||||||||||||||||||||
C |
pembangunan masjid merupakan pondasi dalam berdakwah |
||||||||||||||||||||||
D |
kemajuan peradaban Islam di Madinah berawal dari masjid |
||||||||||||||||||||||
E |
masjid merupakan pusat kegiatan berdakwah di Madinah. |
||||||||||||||||||||||
Disamping membangun masjid sebagai pusat perkumpulan dan persatuan, Rasulullah Saw juga melakukan langkah lain yang merupakan sesuatu yang paling indah yang pernah ditorehkan dalam sejarah, yaitu mempersaudarakan kaum Muhajirin dan kaum Anshar, persaudaraan berdasarkan agama yang menggantikan persaudaraan yang berdasarkan darah. Keterkaitan strategi dakwah tersebut terhadap peradaban masyarakat Madinah, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
dapat menggantikan saudara-saudaranya yang ditinggal di Makkah. |
||||||||||||||||||||||
B |
bertambahnya saudara berarti bertambahnya kekuatan Islam. |
||||||||||||||||||||||
C |
hubungan persaudaraan membuat suasana damai dan aman. |
||||||||||||||||||||||
D |
kaum Muhajirin dan Anshar memiliki kedudukan yang sama. |
||||||||||||||||||||||
E |
memudahkan perluasan syiar dan dakwah Islam |
||||||||||||||||||||||
Pada masa kepemimpinannya banyak dihabiskan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul yang bersumber dari orang-orang yang lemah imannya, diantaranya munculnya nabi palsu dan orang-orang yang tidak mau membayar zakat. Beliau ingin mewujudkan stabilitas dan membangun kembali masyarakat muslim yang bersatu. Strategi dan kebijakan yang dilakukan Abu Bakar tersebut di atas menunjukkan, bahwa…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
membayar zakat dianggap merugikan bagi perekonomian masyarakat. |
||||||||||||||||||||||
B |
stabilitas dan persatuan masyarakat merupakan masalah utama. |
||||||||||||||||||||||
C |
kekacauan yang terjadi disebabkan keimanannya masih lemah |
||||||||||||||||||||||
D |
banyaknya orang yang terpaksa mengikuti Rasulullah SAW |
||||||||||||||||||||||
E |
kesempatan bagi masyarakat untuk mencari kedudukan |
||||||||||||||||||||||
Strategi kepemimpinannya, Umar bin Khathab mencontoh administrasi di Persia. Pemerintahan diatur menjadi delapan propinsi; Makkah, Madinah, Syiria, Jazirah, Basrah, Kufah, Palestina, dan Mesir. Selain itu juga membentuk beberapa departemen yang menyokong roda pemerintahan, serta menerbitkan undang-undang mengenai ketertiban pasar, ukuran dalam jual beli, dan mengatur kebersihan jalan pasar. Berdasarkan informasi tersebut, menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan Umar bin Khathab prioritasnya, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
administrasi pemerintahan. |
||||||||||||||||||||||
B |
ketentraman masyarakat. |
||||||||||||||||||||||
C |
mengatur perpolitikan. |
||||||||||||||||||||||
D |
perekonimian rakyat. |
||||||||||||||||||||||
E |
kemakmuran rakyat. |
||||||||||||||||||||||
Masa pemerintahan Bani Umayyah di Damaskus, menetapkan Bahasa Arab sebagai bahasa Umat, dan berlaku bagi pengembangan administrai pemerintahan maupun keilmuan lainnya, serta mengangkat keturunan orang-orang Arab sebagai pemimpin di seluruh wilayah yang berhasil mereka taklukkan. Dengan kebijakan tersebut, maka peradaban yang dihasilkan adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
hanya berkembang di Arab |
||||||||||||||||||||||
B |
diwarnai bahasa Arab |
||||||||||||||||||||||
C |
dikuasai bangsa Arab |
||||||||||||||||||||||
D |
lebih bercorak Arab |
||||||||||||||||||||||
E |
karya bangsa Arab |
||||||||||||||||||||||
Perkembangan peradaban masa Daulah Umayyah mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan sampai pemerintahan Hisyam bin Abdul Malik (660 M – 743 M). Kemajuan-kemajuan tersebut meliputi berbagai bidang. Diantaranya, adalah menjadikan Damaskus sebagai kota paling besar dan paling megah, memiliki delapan pintu gerbang yang dilengkapi menara tinggi, dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Informasi tersebut merupakan kemajuan di sektor…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
sistem pemerintahan |
||||||||||||||||||||||
B |
pembangunan kota |
||||||||||||||||||||||
C |
seni arsitektur |
||||||||||||||||||||||
D |
seni budaya |
||||||||||||||||||||||
E |
teknik sipil |
||||||||||||||||||||||
Era kepemimpinan khalifah kedua, Abu Ja`far bin `Abdullah bin Muhamad Al-Mansur (137-58H/754-775M), menjadi titik yang cukup krusial dalam proses stabilisasi kekuasaan ketika ia mengambil langkah-langkah besar dalam sejarah kepemimpinannya, termasuk di antaranya adalah memindahkan ibu kota dari Al-Anbar (Al-Hasyimiyah) ke Baghdad sebagai ibu kota baru yang akhirnya menjadi pusat kegiatan ekonomi, budaya dan kegiatan keilmuan. Gerakan penerjemahan kemudian menjadi salah satu icon kemajuan peradaban Daulah Abbasiyah. Khalifah Al-Mansur melakukan penerjemahan secara besar-besar buku-buku kuno dari Romawi, Persia dan India dengan menimbang buku seharga emas, sehingga memunculkan para penggiat ilmu pengetahuan dari berbagai kalangan, termasuk dari berbagai segement Islam. Kebijakan khalifah al Mansur menunjukkan kekhasan peradaban masa Abbasiyah, yaitu…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
perkembangan ilmu pengetahuan menjadi prioritas kemajuan peradaban |
||||||||||||||||||||||
B |
ilmu pengetahuan satu-satunya yang mewarnai kemajuan peradaban |
||||||||||||||||||||||
C |
kota Baghdad menjadi titik pangkal kemajuan peradaban Islam |
||||||||||||||||||||||
D |
lahirnya ilmuwan-ilmuwan muslim dari berbagai kalangan |
||||||||||||||||||||||
E |
kecintaan khalifah terhadap ilmu pengetahuan |
||||||||||||||||||||||
Pada masa kekhalifahan Abbasiyah, banyak bangsa non-Arab yang masuk Islam dan memberi warna baru dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain yang sudah mengalami perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan. Bangsa Persia berjasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
Kedokteran, Matematika, dan Astronomi |
||||||||||||||||||||||
B |
Tata Negara dan Sosial Budaya |
||||||||||||||||||||||
C |
Ilmu Keagamaan dan Bahasa Arab |
||||||||||||||||||||||
D |
Ilmu Filsafat dan Sastra |
||||||||||||||||||||||
E |
Politik dan Militer |
||||||||||||||||||||||
Turki Usmani merupakan kerajaan Islam yang menjadi Pionir utama dalam perkembangan dunia Islam pada masanya. Pada masa pemerintahan Sulaiman I yang kemudian dengan Sulaiman Al Qanuni, beliau memerintahkan Ibrahim Al Halabi untuk menyusun kitang undang-undang yang diberi nama Multaqa al Abhur (muara segala samudera) yang menjadi dasar hukum bagi pemerintahan kesultanan Turki Usmani sampai abad ke-19. Dampak positif kebijakan Sulaiman al Qanuni bagi perkembangan peradaban Islam, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
sistem pemerintahan Islam lebih tertata dan teratur |
||||||||||||||||||||||
B |
berhasil menaklukkan kota penting di Byzantium |
||||||||||||||||||||||
C |
Kegiatan-kegiatan keilmuwan berkembang pesat |
||||||||||||||||||||||
D |
wilayah kekuasaan Turki Usmani semakin luas |
||||||||||||||||||||||
E |
terbentuknya pasukan militer yang tangguh |
||||||||||||||||||||||
Muhammad I adalah putera bungsu dari Bayazid, setelah berkuasa menggantikan ayahnya ia mulai menyusun kekuatan kembali dan memulihkan keadaan Turki Usmani dari upaya memecah-belah yang dilakukan oleh Timur Lenk. Beliau sosok yang sangat cinta kedamaian dan ilmu pengetahuan. Mencintai Fuqafa, termasuk alasan memindahkan ibu kota dari Adrianopel ke Busra. Dampak positif kebijakan Muhammad I bagi perkembangan peradaban Islam, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
lahirlah para ilmuwan muslim dalam berbagai disiplin ilmu |
||||||||||||||||||||||
B |
kesultanan Turki Usmani menjadi semakin berkembang |
||||||||||||||||||||||
C |
berbagai ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat |
||||||||||||||||||||||
D |
kota Busra menjadi pusat pemerintahan Turki Usmani |
||||||||||||||||||||||
E |
kota Busra menjadi icon kemajuan ilmu Fiqih |
||||||||||||||||||||||
Pada masa Akbar, perkembangan agama Islam di Kerajaan Mughal mencapai suatu fase yang menarik. Pada masa itu Akbar memproklamasikan sebuah cara baru dalam beragama, yaitu konsep Din-Ilahi. Karena konsep ini Akbar mendapat kritik dari berbagai lapisan umat Islam. Bahkan Akbar dituduh membuat agama baru. Pada prakteknya, Din-Ilahi bukan sebuah ajaran tentang agama Islam. Namun konsepsi itu merupakan upaya mempersatukan umat-umat beragama di India. Dampak positif dari kebijakan pimpinan tersebut bagi perkembangan peradaban Islam, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
memberikan kontribusi dalam konsep keharmonisan, demokrasi, dinamika |
||||||||||||||||||||||
B |
memunculkan dinamika berpikir tentang perbedaan dalam beragama |
||||||||||||||||||||||
C |
adanya konsep kesamaan dalam menjalankan syariat agamanya |
||||||||||||||||||||||
D |
bersatunya masyarakat India dengan agama yang berbeda-beda |
||||||||||||||||||||||
E |
timbulnya kehidupan yang aman, tentram, tanpa kekerasan |
||||||||||||||||||||||
|
Di masa kekuasaan Shah Jihan, Daulah Mughal mencapai puncak kejayaannya. Ia dikenal tegas dalam menindak pembesar kerajaan yang tidak jujur. Konon, Shah Jihan memelihara banyak ular berbisa. Ular-ular itu disediakan untuk menghukum mereka yang melakukan pelanggaran dan merugikan kerajaan dan rakyat. Kebijakan pemimpin tersebut di atas dalam perkembangan Islam, antara lain…. |
||||||||||||||||||||||
A |
keharmonisan hidup masyarakat yang berbeda-beda |
||||||||||||||||||||||
B |
kemegahan bangunan-bangunan yang didirikan |
||||||||||||||||||||||
C |
banyaknya wilayah-wilayah yang ditaklukkan |
||||||||||||||||||||||
D |
terbentuknya pasukan militer yang tangguh |
||||||||||||||||||||||
E |
Sektor perekonomian semakin meningkat |
||||||||||||||||||||||
Meskipun berdiri di tengah-tengah komunitas masyarakat yang mayoritas beragama Hindu, namun Kerajaan Mughal pernah berjaya dan berkembang pesat di India. Dengan konsep dinamisnya, ummat Islam dimotivasi untuk berpikir kreatif dan futuristis agar dapat mengikuti perkembangan dunia. Ibrah yang dapat ditemukan dari kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Mughal, antara lain…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
berpikir kritis dan kreatif dalam menjalankan syariat agama |
||||||||||||||||||||||
B |
semangat menjalin ukhuwah kebangsaan sesama muslim |
||||||||||||||||||||||
C |
termotivasi selalu dinamis dalam pikiran dan tindakan |
||||||||||||||||||||||
D |
mengatur strategi yang tepat sebelum bertindak |
||||||||||||||||||||||
E |
menjunjung tinggi perbedaan beragama |
||||||||||||||||||||||
Sepanjang sejarah Islam Persia dikenal sebagai bangsa yang telah berperadaban tinggi dan berjasa mengembangkan ilmu pengetahuan. Tradisi keilmuan itu berkembang baik pada masa Daulah Syafawi. Peran ilmuwan muslim dalam proses perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Syafawi, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
mengembangkan ilmu pengetahuan dengan melakukan observasi-observasi. |
||||||||||||||||||||||
B |
mengembangkan keilmuan dengan mendirikan beberapa perguruan tinggi |
||||||||||||||||||||||
C |
mengembangkan tradisi-tradisi keilmuan kepada masyarakat umum |
||||||||||||||||||||||
D |
mendirikan lembaga-lembaga keilmuan sebagai tempat diskusi |
||||||||||||||||||||||
E |
melakukan studi banding keilmuan ke berbagai negara |
||||||||||||||||||||||
Daulah Syafawi di Persia terbentuk dari sebuah gerakan tarekat yang berkembang menjadi gerakan politik. Kontribusinya terhadap kemajuan peradaban Islam mencakup berbagai bidang, baik politik, perekonomian, ilmu pengetahuan, maupun bidang pembangunan fisik dan seni. Peran ilmuan muslim dalam mengembangkan peradaban pada aspek perekonomian, antara lain…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan hasil perekonomian |
||||||||||||||||||||||
B |
mencetak mata uang tersendiri sebagai transaksi perdagangan |
||||||||||||||||||||||
C |
membangun sistem irigasi di daerah-daerah yang tandus |
||||||||||||||||||||||
D |
melakukan ekspor perdagangan ke negara-negara Eropa |
||||||||||||||||||||||
E |
menguasai jalur perdagangan antara Barat dan Timur |
||||||||||||||||||||||
Cita-citanya membebaskan umat Islam dari keterbelakangan dan membangun kehidupan yang berkemajuan melalui tajdid (pembaruan) yang meliputi aspek-aspek tauhid (‘aqidah), ibadah, mu’amalah, dan pemahaman terhadap ajaran Islam dan kehidupan umat Islam, dengan mengembalikan kepada sumbernya yang asli yakni Alquran dan Sunnah Nabi yang Shahih, dengan membuka ijtihad. Cita-cita tersebut diikuti dengan pendirian organisasi kemasyarakatan (Ormas) pada tahun 1912 M. Kaitan antara gerakan pembaruan dengan lahirnya organisasi kemasyarakat Islam di Indonesia, adalah organisasi kemasyarakatan memiliki peran…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
mewujudkan cita-cita para tokoh gerakan pembaruan Islam |
||||||||||||||||||||||
B |
mengoptimalkan pelaksanaan gerakan pembaruan Islam |
||||||||||||||||||||||
C |
sebagai media untuk koordinasi menghadapi massa |
||||||||||||||||||||||
D |
merumuskan langkah strategis di lapangan |
||||||||||||||||||||||
E |
sebagai wadah untuk bermusyawarah |
||||||||||||||||||||||
Wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan keanekaragaman budaya masyarakatnya. Dalam mewujudkan cita-cita gerakan pembaru, maka para tokoh banyak mendirikan organisasi Islam baik yang bergerak di bidang politik, sosial, ekonomi, pendidikan, maupun agama. Kedudukan organisasi Islam dalam kondisi wilayah Indonesia sebagaimana yang tersebut di atas, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
bisa menyatukan wilayah-wilayah Indonesia yang terpecah-pecah |
||||||||||||||||||||||
B |
dipandang mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa |
||||||||||||||||||||||
C |
memiliki peran utama dalam mewujudkan cita-cita nasional |
||||||||||||||||||||||
D |
melebur keanekaragaman budaya masyarakat Indonesia |
||||||||||||||||||||||
E |
memiliki kedudukan penting dalam memajukan bangsa |
||||||||||||||||||||||
Penyebaran agama Islam di Indonesia pada umumnya berlangsung melalui berbagai jalur. Hal ini mengakibatkan munculnya teori-teori tentang masuknya Islam di Indonesia. Pada umumnya teori-teori tersebut, adalah teori India, teori Arab, teori Persia, dan teori Cina. Keterkaitan antara teori-teori masuknya Islam di Indonesia dengan proses Islamisasi di Indonesia, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
teori masuknya Islam berpendapat tentang Islam di Indonesia |
||||||||||||||||||||||
B |
tidak ada keterkaitan antara teori dan proses Islamisasi |
||||||||||||||||||||||
C |
pendapat teori didasarkan dari bukti proses Islamisasi |
||||||||||||||||||||||
D |
proses Islamisasi dan teori saling mendukung |
||||||||||||||||||||||
E |
proses Islamisasi terjadi akibat adanya teori |
||||||||||||||||||||||
Teori Arab dikemukakan oleh Sir Thomas Arnold, ia berpandangan bahwa, para pedagang Arab telah menyebarkan Islam ketika mereka menguasai secara dominan perdagangan Barat-Timur sejak abad-abad awal Hijriah atau abad ke-7 dan 8 Masehi. Hubungan antara teori tersebut dengan proses Islamisasi di Indonesia, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
munculnya teori merupakan hasil analisis terhadap proses Islamisasi |
||||||||||||||||||||||
B |
teori Arab berpendapat proses Islamisasi berasal dari Arab |
||||||||||||||||||||||
C |
pembawa Islam di Indonesia adalah para pedagang Arab |
||||||||||||||||||||||
D |
tokoh teori asal mulanya berasal dari negara tersebut |
||||||||||||||||||||||
E |
teori tersebut berasal dari para pedagang Arab |
||||||||||||||||||||||
STRATEGI DAKWAH WALI SANGA
Wali Sanga adalah tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Terdapat beberapa teori terkait asal Wali Sanga. Ada yang berpendapat asalnya dari Samarkand, Champa, Hadramaut, dan China. Ada pula yang berpendapat bahwa Wali Sanga adalah para ulama utusan Kesultanan Utsmaniyah di Turki. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, banyak bukti yang menunjukkan Wali Sanga pernah berdakwah di Jawa. Meski Wali Sanga tidak hidup dan tinggal pada saat yang bersamaan, mereka memiliki keterikatan darah ataupun hubungan antar guru dan murid. Strategi yang digunakan Wali Sanga bervariasi dan tergantung pada wilayah dan kondisi sosialnya. Akan tetapi, metode dakwah yang digunakan para Wali Sanga beradaptasi dengan luwes supaya diterima oleh masyarakat. Para Wali berani menggunakan sarana seni dan budaya sebagai alat dakwah karena hal itu sudah mengakar bagi masyarakat Jawa saat itu. Strategi dakwah Islam di Nusantara ini bertujuan menyisipkan pesan-pesan dari ajaran Islam melalui berbagai seni dan budaya di Jawa. Salah satunya adalah dakwah dengan metode pertunjukan wayang, macapat, berupa tembang, gamelan, sekaten, dan lain-lain. Hal pertama yang dilakukan oleh para Wali saat akan berdakwah di suatu tempat adalah dengan membangun sarana dakwah, salah satunya adalah langgar atau masjid. Langgar atau masjid tersebut dibangun berdekatan dengan rumah yang mereka tinggali. Hal ini bertujuan untuk memudahkan untuk menyebarkan Islam. Dalam perkembangannya, ketika persebaran Islam mulai diterima oleh masyarakat, maka akan dibangun sarana pendidikan berupa pondok pesantren. Pondok pesantren tersebut digunakan untuk menampung warga sekitar atau dari berbagai daerah yang ingin belajar tentang Islam ke para Wali. Cara Wali Sanga dalam berdakwah di Jawa ini sangat mirip dengan pendidikan Hindu-Buddha dalam mendidik para wiku. Mereka memiliki tujuan pendidikan dan kurikulum yang ketat dan terstruktur. Di pesantren, kurikulum yang diberikan berupa ilmu aqidah, hadis, fiqih hingga tafsir. Selain itu, juga diberikan ilmu ketatanegaraan, ekonomi, pertanian dan bela diri. Hal ini bertujuan untuk mencetak kader dakwah yang tangguh. Strategi dakwah yang dilakukan Wali Sanga lainnya, adalah dengan melalui jalur perkawinan dan politik, yaitu memperkuat kedudukan politik sekaligus memperluas hubungannya dengan tokoh yang berpengaruh.
Sumber:www.kompas.com
Rahasia kesuksesan dalam berdakwah yang dilakukan para Wali Sanga yang dapat diterapkan untuk masa kini, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
kemampuan para muballigh dalam membaca situasi ummat |
||||||||||||||||||||||
B |
kreatifitas tinggi sesuai dengan perkembangan teknologi |
||||||||||||||||||||||
C |
mampu menjangkau lokasi dakwah di daerah terpencil |
||||||||||||||||||||||
D |
sikap toleransi yang ditunjukkan pada masyarakat luas |
||||||||||||||||||||||
E |
kemampuan dalam berorasi sehingga menarik massa |
||||||||||||||||||||||
Keterkaitan strategi dakwah Wali Sanga yang menggunakan pendekatan seni dan budaya dengan strategi dakwah kontemporer, adalah….(pilihlah dua jawaban benar)
|
|||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
|
Pernyataan-pernyataan yang menunjukkan keterkaitan peranan Wali Sanga dalam proses Islamisasi di Indonesia dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, adalah….
|
||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Dalam perkembangannya, kerajaan Islam ini memiliki peran yang sangat besar dalam proses penyebaran agama Islam di tanah air. Keterkaitan peranan kerajaan-kerajaan Islam dengan respon masyarakat terhadap perkembangan Islam di Indonesia, antara lain…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
ketika raja/pejabat menganut Islam, rakyat mudah mengikuti |
||||||||||||||||||||||
B |
para raja berwewenang mewajibkan masyarakat masuk Islam |
||||||||||||||||||||||
C |
rakyat dengan mudah akan mengikuti perintah penguasa |
||||||||||||||||||||||
D |
para raja dapat berdakwah langsung kepada masyarakat |
||||||||||||||||||||||
E |
dakwah Islam dapat dipusatkan di istana kerajaan |
||||||||||||||||||||||
Kerajaan-kerajaan Islam berperan besar terhadap perkembangan peradaban Islam di Indonesia. Ketika para penguasa menganut Islam maka mereka banyak merubah budaya-budaya yang dinilai kurang sesuai dengan tuntunan ajaran Islam dan banyak merugikan masyarakat. Diantara peran kerajaan Islam terhadap perkembangan peradaban Islam, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
menciptakan kebudayaan-kebudayaan yang berbeda dari sebelumnya. |
||||||||||||||||||||||
B |
memberi kemudahan pada rakyat yang kesulitan membayar upeti. |
||||||||||||||||||||||
C |
melakukan transaksi perdagangan dengan negara-negara maju. |
||||||||||||||||||||||
D |
mengusir penjajahan bangsa Barat yang selalu menindas. |
||||||||||||||||||||||
E |
memudahkan para muballigh melakukan dakwah Islam |
||||||||||||||||||||||
PERAN ORGANISASI ISLAM PADA MASA PENJAJAHAN
Penjajah datang ke Indonesia sejak awal abad ke-15. Kedatangan bangsa Portugis dan Spanyol dan dilanjutkan Belanda yang awalnya mereka datang ke Indonesia berniat mencari dagangan rempah-rempah. Namun karena ingin menguasai secara berlebih, Mereka menjajah bangsa Indonesia secara halus. Perjuangan umat Islam dalam mengusir penjajah dibayangi oleh politik pecah belah (Devide at Impera). Pada masa kebangkitan nasional para pemuda yang belajar keluar negeri baik itu di timur tengah maupun barat dengan semangat nasionalismenya kembali ke Indonesia dan bersatu berjuang meraih kemerdekaan. Kesadaran terhadap perjuangan yang bersifat kedaerahan seperti perang Paderi, perang Diponegoro maupun Aceh dianggap tidak efektif dalam mengusir penjajah dari negeri Indonesia. Kesadaran dalam menggalang semangat kebangsaan ini melahirkan gerakan kebangkitan nasional dengan tokoh-tokoh yang sangat berperan dalam organisasi-organisasi Islam. organisasi masyarakat (Ormas) Islam tersebut turut berperan dalam perjuangan mendapatkan kemerdekaan Republik Indonesia.
Peranan organisasi Islam pada masa penjajahan, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
membekali ketrampilan masyarakat agar dapat mengikuti perkembangan |
||||||||||||||||||||||
B |
memperjuangkan kemerdekaan dan kemakmuran masyarakat |
||||||||||||||||||||||
C |
mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam segala aspek |
||||||||||||||||||||||
D |
memprovokasi masyarakat untuk melawan penjajahan |
||||||||||||||||||||||
E |
mendirikan Lembaga-lembaga pendidikan modern |
||||||||||||||||||||||
Peranan tokoh-tokoh muslim dalam memperjuangkan kemerdekaan, antara lain….(Pilihlah dua jawaban benar!) |
|||||||||||||||||||||||
A |
memperjuangkan kemerdekaan melalui organisasi-organisasi yang didirikan. |
||||||||||||||||||||||
B |
membuka pikiran dan kesadaran masyarakat akan kewajibannya |
||||||||||||||||||||||
C |
memperkuat ukhuwah Islamiyah untuk memperkokoh kesatuan |
||||||||||||||||||||||
D |
menggalang persatuan bersama-sama melawan penjajahan |
||||||||||||||||||||||
E |
berupaya melawan sendiri segala bentuk penjajahan |
||||||||||||||||||||||
Hubungkan pernyataan berikut yang menunjukkan hasil analisis terhadap sikap tokoh-tokoh muslim dalam memperjuangkan kemerdekaan!
|
|||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Pada masa penjajahan, di beberapa wilayah banyak terjadi perlawanan terhadap penjajahan dengan berbagai strategi, baik yang dilakukan secara terang-terangan maupun dengan pura-pura bekerja sama untuk mendapatkan senjata. Sedangkan pada masa pasca kemerdekaan banyak tokoh yang aktif dalam mengisi pembangunan di Indonesia. Keterkaitan perjuangan pada masa penjajahan dan pasca kemerdekaan, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
perjuangan butuh kecerdasan dan kecerdikan |
||||||||||||||||||||||
B |
sebagai wujud cinta tanah air dan bangsa |
||||||||||||||||||||||
C |
membangun negara kesatuan Indonesia |
||||||||||||||||||||||
D |
dilakukan oleh warga negara Indonesia |
||||||||||||||||||||||
E |
membutuhkan perjuangan yang gigih |
||||||||||||||||||||||
Beliau adalah seorang ulama dan sastrawan Indonesia yang berkiprah sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Ia terjun dalam politik melalui Masyumi sampai partai tersebut dibubarkan, menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dan aktif dalam Muhammadiyah hingga akhir hayatnya. Universitas al-Azhar dan Universitas Nasional Malaysia menganugerahkannya gelar doktor kehormatan, sementara Universitas Moestopo, Jakarta mengukuhkan sebagai guru besar. Diantara karyanya, adalah “Di Bawah Lindungan Ka’bah”. Peran tokoh pasca kemerdekaan tersebut sesuai kisah tersebut, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif |
||||||||||||||||||||||
B |
mencerdaskan ummat Islam melalui tulisannya |
||||||||||||||||||||||
C |
membentengi ummat Islam dari penjajahan |
||||||||||||||||||||||
D |
memperjuangkan dan memajukan bangsa |
||||||||||||||||||||||
E |
mewarnai kemerdekaan dengan karyanya |
||||||||||||||||||||||
Ummat Islam di Filipina hanya menjadi mayoritas di Kawasan otonomi ARMM (The Autonomous Region in Muslim Mindanao) di bawah kepemimpinan Nur Misuari, mencakup Minguindanao, Lanao del Sur, Sulu, dan Tawi-Tawi. ARMM dibentuk pemerintah pada tahun 1989 sebagai daerah otonomi di Filipina Selatan, sebagai hasil kesepakatan damai dengan MNLF (Moro National Liberation Front). Meskipun begitu, sebagian pejuang muslim masih tidak puas sehingga muncullah MILF (Moro Islamic Liberation Front). Peran organisasi-organisasi Islam di Filipina tersebut dalam perkembangan peradaban Islam, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
memperjuangkan kemerdekaan wilayah yang mayoritas dihuni muslim |
||||||||||||||||||||||
B |
memerangi ketidakadilan dan kesewenang-wenangan pemerintah |
||||||||||||||||||||||
C |
membentuk komunitas muslim yang bebas dari kedloliman |
||||||||||||||||||||||
D |
menyediakan pendidikan yang layak bagi ummat Islam |
||||||||||||||||||||||
E |
menjadi mediasi antara ummat Islam-pemerintah |
||||||||||||||||||||||
Singapura merupakan negara terkecil di kawasan Asia Tenggara, tetapi sangat multikultural atau terdiri dari beragam budaya. Keberagaman budaya dan agama di negara ini terbentuk dari masyarakatnya yang berasal dari beberapa etnis, seperti Melayu, Tionghoa, India, dan Arab. Meski letaknya berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam, umat Muslim menjadi minoritas di Singapura. Pada 1966, Parlemen Singapura mengesahkan Administration of the Muslim Law Act (AMLA). Di saat yang bersamaan, dibentuk Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS) dengan berdasarkan data dari akta Pentadbiran Hukum Islam tanggal 17 Agustus 1966. MUIS merupakan lembaga resmi Islam di Singapura. Peran MUIS dalam perkembangan Islam di Singapura, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
menyiapkan lembaga-lembaga pendidikan untuk pengembangan Islam |
||||||||||||||||||||||
B |
menentang kesewenang-wenangan dan ketidakadilan pemerintah |
||||||||||||||||||||||
C |
mengurus tentang masalah keagamaan serta masyarakat muslim |
||||||||||||||||||||||
D |
memperluas pengembangan dakwah Islam di seluruh wilayah |
||||||||||||||||||||||
E |
memperjuangkan hak-hak ummat Islam yang terabaikan |
||||||||||||||||||||||
|
Sebagian besar pemeluk Islam di Jepang saat ini adalah para pelajar dan imigran dari negara Asia Tenggara dan Timur Tengah. Hanya sedikit yang warga asli Jepang. Umumnya terkonsentrasi di kota-kota besar semisal Hiroshima, Kyoto, Nagoya, Osaka, dan Tokyo. Secara rutin dakwah juga berjalan pada komunitas-komunitas Muslim ini. Beberapa tahun lalu, Dr. Saleh Samarrai yang pernah belajar di negara Sakura itu dari tahun 1960, membentuk Japan Islamic Center dan menyusun metode dakwah efektif di Jepang. Peranan tokoh-tokoh muslim dan organisasi Islam tersebut dalam proses perkembangan Islam di Jepang, adalah…. |
||||||||||||||||||||||
A |
mengembangkan, mengenalkan Islam secara luas pada masyarakat |
||||||||||||||||||||||
B |
memfasilitasi kebutuhan ummat Islam sebagai kaum minoritas |
||||||||||||||||||||||
C |
mengembangkan strategi dakwah yang menarik dan modern |
||||||||||||||||||||||
D |
melindungi dan memperjuangkan hak-hak ummat Islam |
||||||||||||||||||||||
E |
mewadahi kegiatan-kegiatan keagamaan |
||||||||||||||||||||||
Pemeluk Islam di Mesir adalah mayoritas. Negara ini menjadi negara dengan populasi muslim terbesar ke-7 di dunia. Mesir adalah negara yang besar jasanya bagi kemajuan umat Islam di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan. Kebesaran Kairo sebagai ibukota Mesir dan menjadi kota terbesar di Afrika tidak lepas dari peran Jauhar al Khatib as-Saqili. Keterkaitan peranan tokoh tersebut dengan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan di Mesir, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
mengembangkan kurikulum keagamaan yang dapat meningkatkan peradaban |
||||||||||||||||||||||
B |
melakukan penelitian-penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan |
||||||||||||||||||||||
C |
mendirikan perguruan tinggi sebagai pusat peradaban, ilmu pengetahuan |
||||||||||||||||||||||
D |
merubah sistem pendidikan umum menjadi pendidikan keagamaan |
||||||||||||||||||||||
E |
memasukkan kurikulum keagamaan ke semua jenjang pendidikan |
||||||||||||||||||||||
Sejarah masuknya Islam ke Sudan dimulai saat Amru bin Ash berhasil menaklukkan Mesir. Dia mengirim Abdullah bin Saad bin Abi Sarah ke negeri yang berada di putaran selatan ini. Pada tahun 31 H, Abdullah bin Sa’ad tiba di Dungalah. Mulailah kabilah-kabilah Arab ini berangkat menuju Sudan. Perkembangan Islam di Sudan dapat diperhatikan semenjak negara ini mengumumkan kemerdekaannya pada tahun 1376 H/1956 M di bawah pimpinan Ismail Azhari, kemudian diikuti oleh pemerintahan Adullah Khalil pada 1957 M. Keterkaitan peranan pemimpin muslim dengan perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan di Sudan, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
perkembangan peradaban, ilmu pengetahuan menjadi fokus perhatian pemimpin |
||||||||||||||||||||||
B |
kemampuan pemimpin mengatasi permasalahan mengindikasikan kesuksesan |
||||||||||||||||||||||
C |
membangun peradaban, ilmu pengetahuan merupakan kewajiban pemimpin |
||||||||||||||||||||||
D |
pemimpin yang cakap mampu mengganti permasalahan dengan peradaban |
||||||||||||||||||||||
E |
kestabilan negara berpengaruh terhadap upaya pengembangan peradaban |
||||||||||||||||||||||
Ada banyak organisasi Islam di Amerika. Kelompok yang paling besar adalah American Society of Muslims (ASM atau Masyarakat Muslim Amerika), pengganti Nation of Islam, yang lebih dikenal sebagai Black Muslim. Kelompok ini dipimpin oleh Warith Deen Mohammed. Ia adalah putra dari Elijah Muhammad, ketua Nation of Islam sejak 1933 sampai 1975. Pengaruh positif tokoh muslim tersebut terhadap perkembangan Islam di Amerika, diantaranya…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
terjalinnya hubungan dengan komunitas muslim secara umum |
||||||||||||||||||||||
B |
memberikan nuansa berbeda dalam menjalankan Syariat Islam |
||||||||||||||||||||||
C |
munculnya perilaku bijaksana bagi semua komunitas muslim |
||||||||||||||||||||||
D |
berkembangnya teologi baru sebagai khazanah peradaban |
||||||||||||||||||||||
E |
Semakin berkembangnya peradaban Islam di Amerika |
||||||||||||||||||||||
Muslim Public Affair Council (MPAC atau Dewan Permasalahan Masyarakat Islam), adalah suatu jawatan pelayanan bagi masyarakat Muslim Amerika. Berpusat di Los Angeles, California dan memiliki cabang di Washington, DC. MPAC didirikan pada 1988. Tujuan orgaisasi ini adalah untuk memperkenalkan identitas Muslim Amerika, mengembangkan suatu organisasi yang aktif, dan juga pelatihan bagi generasi masa depan baik pria dan wanita untuk berbagai visi. Pengaruh positif organisasi Islam terhadap perkembangan Islam di Amerika, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
permasalahan-permasalahan masyarakat terkait keagamaan lebih terkoordinasi |
||||||||||||||||||||||
B |
terlayaninya kebutuhan-kebutuhan masyarakat muslim tentang keagamaan |
||||||||||||||||||||||
C |
terbentuknya kader muslim yang terampil dan cakap beribadah |
||||||||||||||||||||||
D |
luasnya syiar Islam, meningkatnya kecakapan generasi muda |
||||||||||||||||||||||
E |
Kaum muslim lebih aktif, kreatif, dan dinamis |
||||||||||||||||||||||
Setelah kurang dari dua tahun Rasulullah SAW di Madinah, lahirlah Piagam Madinah. Piagam tersebut menjamin kebebasan beragama kaum Yahudi, menekankan kerjasama sedekat mungkin di kalangan Islam (Muhajirin dan Anshar), menyerukan kepada kaum Yahudi dan orang-orang Islam bekerjasama untuk perdamaian berdasarkan peraturan umum, serta menetapkan kewenangan mutlak kepada Rasulullah Saw untuk menyelesaikan dan menegakkan perselisihan di antara mereka. Berdasarkan narasi tersebut di atas, keteladanan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Para ilmuwan masa Abbasiyah melakukan gerakan pengkajian terhadap ayat-ayat Allah SWT secara besar-besaran, mendiskusikannya, dan menerjemahkan filsafat Yunani, lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan yang mengantarkan Baghdad pada puncak kejayaan, bahkan sebagai kiblat kemajuan bagi bangsa Barat. Tidak hanya ilmu keagamaan saja yang dihasilkan oleh para ilmuwan muslim, tetapi ilmu-ilmu lainnya, diantaranya bidang Kedokteran, Kimia, Matematika, Geografi, Sejarah, Astronomi, Filsafat, dan sebagainya. Berdasarkan cerita tersebut sikap yang bisa diteladani dalam kehidupan sehari-hari di madrasah, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Jauh sebelum Barat menjadi bangsa yang modern, Islam telah terlebih dahulu tampil sebagai bangsa yang maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban. Para ilmuwan- ilmuwan muslim telah membuat bangsa Barat berbondong-bondong belajar terhadap ilmuwan muslim. Namun di abad XIX, dunia Islam dikejutkan oleh kehebatan sains dan industri yang dimiliki oleh Barat. Penyebab peralihan kondisi yang dialami dunia Islam dan dunia barat tersebut, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Ada beberapa teori yang membahas masalah awal masuknya Islam di Indonesia. Masing-masing teori berpendapat berbeda-beda mengenai asal mula, pembawa, waktu, maupun proses Islamisasi di Indonesia dengan menunjukkan bukti untuk memperkuat pendapat mereka. Dalam menyikapi perbedaan tersebut sebagai pelajar muslim yang kalian dilakukan, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||
Sunan Kalijaga sebagai orang yang paling berjasa menggunakan pendekatan kultural dalam berdakwah, termasuk di antaranya wayang dan gamelan sebagai media dakwah. Beliau mengarang berbagai cerita wayang yang Islami, khususnya yang bertemakan akhlak atau budi pekerti. Hobi masyarakat Jawa terhadap wayang dapat dimanfaatkan Sunan Kalijaga sebagai media menyebarkan dakwah Islam. Dalam bidang budaya Sunan Kalijaga membolehkan pembakaran kemenyan (untuk mengharumkan ruangan). Semula pembakaran kemenyan menjadi sarana dalam upacara penyembahan para dewa tetapi oleh Sunan Kalijaga fungsinya diubah sebagai pengharum ruangan ketika seorang muslim berdoa. Dengan suasana ruangan yang harum itu, diharapkan do’a dapat dilaksanakan dengan lebih khusyuk. Menurut kalian, strategi dakwah yang paling efektif untuk diterapkan di Jawa pada abad modern saat ini dengan kondisi masyarakat mayoritas muslim, adalah…. |
|||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||
E |
Leave a Reply