|
Manusia Jawa, Bukti Teori Evolusi Darwin Di Jawa, Dubois membuktikan teori evolusi Darwin. Phitecanthropus erectus diklaim sebagai mata rantai evolusi yang hilang. Oleh Rahadian Rundjan | 18 Jun 2015
Fosil Phitecanthropus erectus yang ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil, dekat lembah sungai Bengawan Solo, pada 1891. Foto: Peter Maas, 2009/commons.wikimedia.org. KALA Charles Darwin (1809-1882) memperkenalkan On the Origin of Species (1859), dia menjelaskan teori seleksi alam. Di buku keduanya, The Descent of Man, and Selection in Relation to Sex (1871), dia menyebut manusia berevolusi dari kera. Namun teori ini bercela karena belum ada penemuan fosil makhluk “setengah kera, setengah manusia” sebagai bentuk transisi dari skema evolusi yang bisa menjadi bukti sahih. Ada mata rantai yang hilang (missing link). Penelitian pertamanya dilakukan pada 1888. Dibantu pemerintah kolonial Belanda, dia menelusuri gua-gua di Padang, Sumatera. Perhatiannya lalu teralihkan ke Jawa kala muncul laporan temuan fosil Homo wajakensis (Manusia Wajak) oleh insinyur petambangan Belanda, B.D. van Rietschoten, di Wajak, Tulungagung, Jawa Timur pada 1889. Dubois dan tim ekskavasinya memusatkan risetnya di Trinil, dekat lembah sungai Bengawan Solo. Hasilnya pada 1891, dia menemukan fosil tengkorak manusia berupa gigi, tulang paha, dan tempurung kepala. Dia meyakini fosil itu sebagai missing link yang dicari. Dia namakan fosil itu Pithecanthropus erectus (Manusia Jawa). Usianya 700.000 sampai 1.000.000 tahun, menjadi temuan fosil tertua di dunia saat itu. Pada 1894, Dubois menerbitkan temuannya, lalu pulang ke Belanda untuk meyakinkan publik Barat. Baru pada 1923, Dubois memperlihatkan kembali Phitecanthropus erectus ke publik. Tahun-tahun setelahnya, dia habiskan untuk mempertahankan hipotesis “manusia kera” setelah fosil-fosil serupa kembali ditemukan: Sinanthropus pekinensis (Manusia Peking) di Cina pada 1927-1929 dan temuan G.H.R. von Koeningswald (1902-1982) di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 1931-1941. Sampai akhir hayatnya pada 16 Desember 1940, Dubois bersikukuh Phitecanthropus erectus berada dalam klasifikasi sendiri. Nantinya, semua temuan tersebut disatukan sebagai Homo erectus (manusia yang berjalan tegak). Von Koenigswald mengatakan, Phitecanthropus erectus adalah fosil “paling terkenal, didiskusikan, dan digunjingkan.” Semua berkat Dubois, yang petualangannya menyingkap evolusi manusia dapat dibaca secara komprehensif dalam The Man who Found the Missing Link: Eugene Dubois and His Lifelong Quest to Prove Darwin Right karya Pat Shinman. “Dubois adalah pionir penelitian asal-usul manusia, utamanya karena dia adalah orang pertama yang melaksanakan riset sungguh-sungguh untuk mencari fosil nenek moyang manusia,” tulis Carl C. Swisher III, Garniss H. Curtis, dan Roger Lewin dalam Java Man: How Two Geologist Changed Our Understanding of Human Evolution.
|
||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Berdasarkan bacaan pada nomor sebelumnya, berikan tanda checklist untuk jawaban yang sesuai. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa kehidupan manusia (Indonesia) pada masa lampau. Peristiwa tersebut dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah antara lain karena peristiwa tersebut bersifat abadi yaitu …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali |
||||||||||||||||||||||||||
B |
peristiwa itu terus mengalami perubahan |
||||||||||||||||||||||||||
C |
menjadi pedoman hidup bermasyarakat |
||||||||||||||||||||||||||
D |
peristiwa tersebut dikenang sepanjang masa |
||||||||||||||||||||||||||
E |
menjadi momentum yang sangat penting |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan wacana di bawah ini ! Seorang sejarawan sedang meneliti sebuah peristiwa sosial yang terjadi pada masa lalu tentang terjadinya penyerobotan lahan petani oleh para pengusaha. Ia melakukan wawancara dengan orang yang ahli pada masalah itu, mendengar dan membaca pendapat umum tentang hal itu. Ia juga melakukan wawancara terhadap kedua belah pihak yang bersengketa, juga pendapat para pejabat yang berkaitan dengan masalah itu. Sejarawan itu juga melakukan penelitian tentang dokumen di Badan Pertanahan Nasional (BPN), dokumen pengadilan, dan koran hasil liputan para jurnalis yang menyaksikan peristiwa penyerobotan tersebut. Berdasarkan wacana tersebut, maka yang disebut sebagai sumber primer adalah … . |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
pendapat yang disampaikan pejabat yang berkompeten |
||||||||||||||||||||||||||
B |
kedua pihak yang bersengketa yaitu petani dan pengusaha |
||||||||||||||||||||||||||
C |
dokumen di BPN, dokumen pengadilan dan liputan jurnalis |
||||||||||||||||||||||||||
D |
pendapat orang yang ahli tentang masalah sengketa tanah |
||||||||||||||||||||||||||
E |
mendengar pendapat yang disampaikan oleh masyaraka |
||||||||||||||||||||||||||
Peristiwa sejarah terjadi dengan mengikuti hukum kausalitas atau sebab-akibat, sehingga saling terkait antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Oleh karena itu, penyusunan peristiwa sejarah harus dilakukan secara kronologis yaitu …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
membuat urutan waktu dalam peristiwa sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
B |
mencari waktu yang tepat untuk penelitian |
||||||||||||||||||||||||||
C |
perlunya waktu dalam mempelajari sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
D |
menetapkan waktu dalam penulisan sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
E |
membuat periodesasi berdasarkan waktu |
||||||||||||||||||||||||||
Sejarah itu bersifat saling keterkaitan dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain dan terus mengalami keberlajutan hingga ke masa depan. Dalam ilmu sejarah, konsep ini dikenal dengan diakronis. Sedangkan pada ilmu-ilmu sosial lainnya dalam mengkaji kehidupan manusia mengacu pada konsep berfikir sinkronis yaitu …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
menyempit dalam ruang dan meluas dalam waktu |
||||||||||||||||||||||||||
B |
meluas dalam ruang dan menyempit dalam waktu |
||||||||||||||||||||||||||
C |
memanjang dalam ruang dan waktu |
||||||||||||||||||||||||||
D |
terbatas pada ruang dan waktu tertentu |
||||||||||||||||||||||||||
E |
tidak memiliki batasan dalam waktu |
||||||||||||||||||||||||||
Kajian tentang sejarah pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, jika mengkaji sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka “konsep waktunya” adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Sukarno dan Hatta berperan sebagai proklamator |
||||||||||||||||||||||||||
B |
pengibar bendera Latif Hendraningrat dan Suhut |
||||||||||||||||||||||||||
C |
dilaksanakan di jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta |
||||||||||||||||||||||||||
D |
dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 |
||||||||||||||||||||||||||
E |
bendera merah putih dijahit oleh Fatmawati |
||||||||||||||||||||||||||
Langkah verifikasi dalam penelitian sejarah merupakan langkah untuk mengkritisi sumber-sumber sejarah yang berhasil dikumpulkan. Langkah verifikasi ini terdapat dua cara yaitu kritik intern dan kritik ekstern. Dalam kritik ekstern dilakukan untuk mengkritisi tentang …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
ketuaan suatu peninggalan sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
B |
isi dari suatu peninggalan sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
C |
keaslian suatu peninggalan sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
D |
obyektifitas penyusunan kisah sejarah |
||||||||||||||||||||||||||
E |
ketepatan dalam menggunakan sumber |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan perbandingan kehidupan manusia praaksara dalam tabel berikut yang benar adalah….
|
|||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pernyataan berikut ! Pada prasasti Tugu yang berisi tentang penggalian Sungai Gomati merupakan bukti raja sangat memperhatikan kemakmuran rakyatnya. Pernyataan tersebut menggambarkan kehidupan perekonomian kerajaan…. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Kutai |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Tarumanegara |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Sriwijaya |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Mataram Hindu-Budha |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Medang |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan tersebut menunjukan bahwa kerajaan Majapahit merupakan…. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
negara yang ingin mewujudkan supremasi hukum |
||||||||||||||||||||||||||
B |
kerajaan yang mengembangkan hidup bertetangga baik |
||||||||||||||||||||||||||
C |
kerajaan yang mengembangkan toleransi umat beragama |
||||||||||||||||||||||||||
D |
kerajaan yang mengembangkan pemerintahan sentralisasi |
||||||||||||||||||||||||||
E |
negara yang mengandalkan pada sektor maritim dan agraris |
||||||||||||||||||||||||||
Raja Kertanegara dari Singosari memiliki politik luar negeri dan politik dalam negeri,adapun politik dalam negerinya raja Kertanegara berusaha menghilangkan konflik dalam negri dengan cara …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Memindakan Ariawiraraja ke Madura |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Mengganti Patih Rangganata dengan Aragani |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Kertanegara konflik dengan raja Khubilai Khan dari dinasti Yuan |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Serangan 1000 kapal yang dibawah oleh pasukan Tar-Tar dari Mongol |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Mengambil mantu Ardaraja putra dari Jayakatwang Kediri dengan salah satu dari putrinya |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pernyataan berikut ini. ( 1 ) Anak dari Raja Brawijaya V raja Majapahit ( 2 ) Raja pertama yang menganut Agama Islam di Jawa ( 3) Berguru pada Sunan Ampel di Surabaya
Pernyataan berikut yang berkaitan dengan raja …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Raden Patah |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Raden Mas Said |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Sultan Trenggono |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Penembahan Senopati |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Maulana Hasanuddin |
||||||||||||||||||||||||||
Pada abad pertengahan atau Renaisance adalah kurun waktu adri abad ke- 14 sampai abad ke 17 Masehi dalam sejarah Eropa.Jejak –jejak renaissance dalam bidang seni lukis terlikat pada karya lukis Monalisa hasil karya dari …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Leonardo da Vinci |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Michelangelo |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Donatelo |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Rafael |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Giotto |
||||||||||||||||||||||||||
Revolusi Industri pertama kali terjadi di Inggris 1760-1830 . Sebagai Negara Industri pertama kali maka terjadi transisi dari masyarakat pedesaan yang bermata pencaharian pertanian menjadi masyarakat industry perdagangan ,hal ini ditunjang dengan keadaan Inggris yang punya sumber daya alam ,sumber daya manusia,modal dan punya wilayah jajahan yang luas hal ini berdampak pada Imprialisme yang diterapkan Inggris di wilayah jajahannya yang memiliki tujuan …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Gold |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Glory |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Paxnerlandika |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Pasar Industri |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Pasar hasil pertanian |
||||||||||||||||||||||||||
|
Revolusi Prancis 1789-1799 adalah suatu periode pergolakan politik dan social radikal di prancis yang memiliki dampak abadi terhadap Prancic dan lebih luas lagi terhadap terhadap Eropa secarah keseluruhan. Hal ini terlihat dengan terlibatnya Negara Negara Eropa dalam revolusi Prancis seperti masa kekuasaan Napoleon Bonaparte yang meluas ke seluruh wilayah Eropa.yang tidak termasuk Negara Eropa yang dikuasai Prancis adalah …. |
||||||||||||||||||||||||||
A |
Italia |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Jerman |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Austria |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Inggris |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Spanyol |
||||||||||||||||||||||||||
Amerika serikat pada dasarnya tidak merasa dirugikan sama sekali dengan adanya perang Dunia II. Namun pada tahun 1941, konggres AS memutuskan dengan suara bulat untuk ikut berperang memihak Sekutu. Alasan utama keterlibatan Amerika Serikat adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
membantu sekutunya Inggris |
||||||||||||||||||||||||||
B |
meghukum tindakan agresif jerman |
||||||||||||||||||||||||||
C |
membalas serangan Jepang di Hawai |
||||||||||||||||||||||||||
D |
memperlihatkan kedigdaayaan militernya |
||||||||||||||||||||||||||
E |
membebaskan dunia dari ancaman fasisme |
||||||||||||||||||||||||||
Suwardi Suryaningrat yang lebih dikenal Ki Hajar Dewantara adalah tokoh nasional yang berkontribusi sangat besar dalam mencapai dan mengisi kemerdekaan. Pada masa pergerakan nasional tokoh “tiga serangkai” ini berani mengkritik kebijakan pemerintah kolonial Belanda yang sewenang-wenang meskipun pada akhirnya dia mengalami nasib dalam pembuangan. Sepulang dari negeri Belanda pada tahun 1922 beliau tidak melakukan perlawanan politik melainkan berjuang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendirikan lembaga pendidikan yaitu .… |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Perguruan Trikoro Darmo |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Perguruan Pondok Pesantren |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Perguruan Taman Siswa |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Peguruan Nadatul Ulama |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Perguruan Muhammadyah |
||||||||||||||||||||||||||
Jepang mulai menjajah Indonesia secarah resmi tahun 1942 berakhir tanggal 17 Agustus 1945,kedatangan Jepang ke Indonesia diawali bulan Januari 1942di Tarakan Kalimantan Timur selanjutnya menguasai Indonesia 8 Maret 1942 dan disambut baik oleh oleh rakyat Indonesia karena dianggap telah membebaskan Nusantara dari jajahan Belanda.tetapi ketika mereka sudah mendapatkan kekuasaan penerapan penjajahan di Indonesia dirasakan sangat menyakitkan hal itu terlihat pada kebijakan …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Pendidikan semimiliter |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Penerapan sistim |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Semboyan tiga A |
||||||||||||||||||||||||||
D |
PUTERA |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Romusa |
||||||||||||||||||||||||||
REVOLUSI HIJAU di INDONESIA
KOMPAS.com – Revolusi Hijau merupakan sebuah upaya modernisasi sistem dan budaya pertanian di negara-negara berkembang, khususnya di Amerika Latin dan Asia. Melalui Revolusi Hijau, petani dikenalkan dengan penggunaan pupuk buatan, pestisida, bibit unggul, peralatan pertanian modern dan sistem budidaya pertanian yang baru. Dalam jurnal Revolusi Hijau dan Perubahan Sosial Ekonomi Petani Wanita di Kabupaten Sleman tahun 1970-1984 (2015) karya Zuminati Rahayu, Revolusi Hijau pada awalnya diperkenalkan oleh Norman Barloug pada tahun 1968. Ia mampu mengembangkan varietas unggul HYV (Haigh Yielding Variety) pada tumbuhan utama pangan seperti padi, gandum, jagung dan lainnya. Penerapan Revolusi Hijau di Indonesia terjadi pada masa Orde Baru. Pada tahun 1970 hingga 1980, pemerintahan Orde Baru melakukan investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian. Pemerintah Orde Baru membangun dan mengembangkan program-program modernisasi pertanian yang bertujuan untuk menigkatkan produksi pertanian Indonesia. Dalam buku Petani dan Penguasa (1999) karya Noer Fauzi, terdapat empat usaha pokok yang dapat dilakukan untuk peningkatan produksi pertanian, yaitu : Intensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara meningkatkan produktivitas kerja. Ekstensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara menambah faktor produksi pertanian Diversifikasi pertanian, pemerintah melakukan upaya diversifikasi pertanian dalam pelaksanaan revolusi hijau untuk peningkatan produksi pertanian dengan cara penganekaragaman jenis tanaman. Rehabilitasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara memulihkan lahan dan sumber daya pertanian yang sudah kritis , pemerintah Orde Baru mengeluarkan program Pancausaha Tani yang terdiri dari lima asas utama, yaitu: Pemilihan dan penggunaan bibit unggul Pemupukan secara teratur Irigasi yang baik dan cukup Pemberantasan hama secara intensif Teknik penanaman yang teratur Dampak Revolusi Hijau Revolusi Hijau pada masa pemerintahan Soeharto berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan besar dunia pada dekade 1980-an. Dampak positif Revolusi Hijau, yakni: Meningkatnya kesejahteraan petani Menguatnya perekonomian pedesaan Meningkatkan ketahanan pangan nasional Membuka kesadaran masyarakat pedesaan akan pentingnya adaptasi teknologi Baca juga: Sistem Kepartaian masa Orde Baru Revolusi Hijau tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga memberi dampak negatif. Berikut dampak negatif Revolusi Hijau : Ketergantungan petani terhadap pupuk kimia dan pestisida yang tidak ramah lingkungan Penggunaan teknologi modern dalam usaha tani yang belum merata menimbulkan kesenjangan Munculnya kapitalisasi dalam sektor pertanian .
|
|||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
REVOLUSI HIJAU di INDONESIA
KOMPAS.com – Revolusi Hijau merupakan sebuah upaya modernisasi sistem dan budaya pertanian di negara-negara berkembang, khususnya di Amerika Latin dan Asia. Melalui Revolusi Hijau, petani dikenalkan dengan penggunaan pupuk buatan, pestisida, bibit unggul, peralatan pertanian modern dan sistem budidaya pertanian yang baru. Dalam jurnal Revolusi Hijau dan Perubahan Sosial Ekonomi Petani Wanita di Kabupaten Sleman tahun 1970-1984 (2015) karya Zuminati Rahayu, Revolusi Hijau pada awalnya diperkenalkan oleh Norman Barloug pada tahun 1968. Ia mampu mengembangkan varietas unggul HYV (Haigh Yielding Variety) pada tumbuhan utama pangan seperti padi, gandum, jagung dan lainnya. Penerapan Revolusi Hijau di Indonesia terjadi pada masa Orde Baru. Pada tahun 1970 hingga 1980, pemerintahan Orde Baru melakukan investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian. Pemerintah Orde Baru membangun dan mengembangkan program-program modernisasi pertanian yang bertujuan untuk menigkatkan produksi pertanian Indonesia. Dalam buku Petani dan Penguasa (1999) karya Noer Fauzi, terdapat empat usaha pokok yang dapat dilakukan untuk peningkatan produksi pertanian, yaitu : Intensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara meningkatkan produktivitas kerja. Ekstensifikasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara menambah faktor produksi pertanian Diversifikasi pertanian, pemerintah melakukan upaya diversifikasi pertanian dalam pelaksanaan revolusi hijau untuk peningkatan produksi pertanian dengan cara penganekaragaman jenis tanaman. Rehabilitasi pertanian, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi tani dengan cara memulihkan lahan dan sumber daya pertanian yang sudah kritis , pemerintah Orde Baru mengeluarkan program Pancausaha Tani yang terdiri dari lima asas utama, yaitu: Pemilihan dan penggunaan bibit unggul Pemupukan secara teratur Irigasi yang baik dan cukup Pemberantasan hama secara intensif Teknik penanaman yang teratur Dampak Revolusi Hijau Revolusi Hijau pada masa pemerintahan Soeharto berhasil menjadikan Indonesia sebagai negara swasembada pangan besar dunia pada dekade 1980-an. Dampak positif Revolusi Hijau, yakni: Meningkatnya kesejahteraan petani Menguatnya perekonomian pedesaan Meningkatkan ketahanan pangan nasional Membuka kesadaran masyarakat pedesaan akan pentingnya adaptasi teknologi Baca juga: Sistem Kepartaian masa Orde Baru Revolusi Hijau tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga memberi dampak negatif. Berikut dampak negatif Revolusi Hijau : Ketergantungan petani terhadap pupuk kimia dan pestisida yang tidak ramah lingkungan Penggunaan teknologi modern dalam usaha tani yang belum merata menimbulkan kesenjangan Munculnya kapitalisasi dalam sektor pertanian .
|
|||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Pengakuan secara de facto kemerdekaan Indonesia dan pengakuan kedaulatan RI secara de jure diperoleh Indonesia dari Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Salah satu Peran Mesir dalam mendukung Kemerdekaan RI adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Mengeluarkan pernyataan mendukung kemerdekaan Indonesia jauh sebelum dilaksanakan proklamasi |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Melaksanakan konferensi untuk membahas masalah kemerdekaan Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Memperjuangkan Indonesia dalam Forum DK-PBB |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Mendorong Liga Arab mengakui kemerdekaan RI |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Mengutuk agresi militer Belanda di Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pernyataan berikut ini . 1) Menggalang dukungan dari Liga Arab agar menerima kedaulatan Indonesia di mata hukum internasional. 2) Meyakinkan Suriah, Irak, Qatar, serta Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. 3) Melakukan pemboikotan terhadap kapal-kapal Belanda yang memuat senjata untuk dibawa ke Indonesia 4) masuk sebagai anggota Komisi Tiga Negara untuk menengahi proses gencatan senjata antara Belanda-RI pada 25 Agustus 1947. 5) Menggagas resolusi bangsa-bangsa Asia-Afrika yang mengecam agresi militer Belanda ke Yogyakarta pada Desember 1948. 6) Memberikan dukungan yang bersifat simbolik terhadap kemerdekaan Indonesia. Bentuk dukungan Australia terhadap kemerdekaan RI ditunjukkan oleh nomor… |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
1) dan 3) |
||||||||||||||||||||||||||
B |
2) dan 4) |
||||||||||||||||||||||||||
C |
3) dan 4) |
||||||||||||||||||||||||||
D |
3) dan 5) |
||||||||||||||||||||||||||
E |
4) dan 5) |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pernyataan berikut ini ! 1) Menggalang dukungan dari Liga Arab agar menerima kedaulatan Indonesia di mata hukum internasional. 2) Meyakinkan Suriah, Irak, Qatar, serta Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. 3) Melakukan pemboikotan terhadap kapal-kapal Belanda yang memuat senjata untuk dibawa ke Indonesia 4) Masuk sebagai anggota Komisi Tiga Negara untuk menengahi proses gencatan senjata antara Belanda-RI pada 25 Agustus 1947. 5) Pada 2 September 1946 perdana mentri India Jawaharlal Nehru memberikan pengakuan kemerdekaan pada Indonesia 6) Dalam Konfrensi Asia di New Delhi pada tahun 1949 India mengajak negara –negara Asia untuk mendukung Indonesia yang sedang berjuang melawan agresi militer Belanda II Bentuk dukungan India terhadap kemerdekaan RI ditunjukkan oleh nomor… |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
1) dan 3) |
||||||||||||||||||||||||||
B |
2) dan 4) |
||||||||||||||||||||||||||
C |
3) dan 4) |
||||||||||||||||||||||||||
D |
4) dan 5) |
||||||||||||||||||||||||||
E |
5) dan 6) |
||||||||||||||||||||||||||
Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah sebuah titik terang bagi bangsa Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Belanda. Konferensi Meja Bundar diselenggarakan dengan tujuan …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
mengecam agresi militer Belanda untuk Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||
B |
agar Republik Indonesia memilih jalan perundingan |
||||||||||||||||||||||||||
C |
menyelesaikan masalah Indonesia dan Belanda |
||||||||||||||||||||||||||
D |
menentukan batas wilayah kekuasaan |
||||||||||||||||||||||||||
E |
untuk menghindari tekanan DK PBB |
||||||||||||||||||||||||||
|
Dalam perjuangan untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan dari tangan Belanda ,Pemerintah Indonesia mengandalkan tokoh –tokoh diplomasih di Indonesia salah satunya tekoh diplomat ulung Indonesia untuk berdiplomasi dengan Mesir adalah …. |
||||||||||||||||||||||||||
A |
Sutan Sahrir |
||||||||||||||||||||||||||
B |
H. Agus Salim |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Mr Moh Yamin |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Amir Syarifudin |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Iwa Kusuma Sumatri |
||||||||||||||||||||||||||
Perbaikan kesempatan hidup ditunjang dengan perbaikan /penemuan industry di biang kedokteran , Penemuan abad ke 20 yang memberi kontribusi yang sangat signifikan bagi dunia kedokteran adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
radar |
||||||||||||||||||||||||||
B |
internet |
||||||||||||||||||||||||||
C |
transistor |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Sinar laser |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Teknologi siluman |
||||||||||||||||||||||||||
Perang Dunia II untuk kawasan Eropa dengan ditandai diterimanya menyerah tanpa syarat Jerman oleh sekutu tanggal 8 Mei 1945 . Wilayah Jerman pada waktu itu diduduki oleh Prancis,Inggris, Amerika dan USSR,Berlin Timur diduduki oleh …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
PBB |
||||||||||||||||||||||||||
B |
USA |
||||||||||||||||||||||||||
C |
USSR |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Inggris |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Prancis |
||||||||||||||||||||||||||
Dalam perang dingin di bidang ekonomi juga terjadi persaingan antara Uni Soviet dengan Amerika hal itu telihat dari program rekontruksi ekonomi di Eropa yang berupa bantuan Ekonomi bagi Negara pasca PD II. Di bawah ini ada bantuan Ekonomi yang di keluarkan oleh Negara adidaya Amerika serikat di Eropa Barat …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Marshall Plan |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Molotov Plan |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Comecon |
||||||||||||||||||||||||||
D |
ANSUZ |
||||||||||||||||||||||||||
E |
MSA |
||||||||||||||||||||||||||
Michael Gorbacev berkuasa di USSR tahun 1985 dimana dimulai babak baru dalam pemerintahan USSR. Perubahan besar untuk USSR hal itu terlihat dengan dimulainya pemberlakuan program-Program yaitu glasnost yang berarti …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Restrukturisasi |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Keterbukaan |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Sentralisasi |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Demokrasi |
||||||||||||||||||||||||||
E |
oligarki |
||||||||||||||||||||||||||
Pengaruh Glasnost dan Perestroika dirasakan oleh masyarakat USSR ataupun Negara Negara Blok Timur lainnya yang lain.hal ini membawa pengaruh di kehidupan masyarakat dan politik dimana terjadi kudeta yang dilakukan oleh golongan tua ang dipimpin oleh Genedy Yanayev 19-21 Agustus 1991 ,dalam kasus ini tokoh Boris Yelsin berhasil menggagalkan kudeta tersebut .apa upaya yang dilakukan Yelsin …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Melindungi Gorbacev |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Melakukan perlawanan senjata |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Meminta barat untuk melakukan embargo ekonomi |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Melakukan referendum untuk menentukan pendapat masyarakat |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Memimpin rakyat USSR untuk Demontrasi melawan militer yang mengambil alih kekuasaan |
||||||||||||||||||||||||||
Akibat perang dingin Jerman Barat Dan Jerman Timur dipisakan oleh tembok berlin 1961. Masyarakat kedua Negara yang terpisa ini berusaha untuk bertemu dengan upaya untuk menyeberangi tembok berlin yang memakan banyak korban ,sampai dengan adanya pengaruh perubahan di USSR 1985 membawah pengaruh masyarakat Jerman Timur untuk melakukan demonstrasi .disamping itu mereka juga berusaha untuk melewati perbatasan Negara lain untuk sampai ke Jerman Barat .sampai pada suatu saat masyarakat yang demo secara terus menerus monggoyang tembok berlin dan roboh kapan itu terjadi |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
18 Mei 1990 |
||||||||||||||||||||||||||
B |
3 Oktober 1990 |
||||||||||||||||||||||||||
C |
8 Agustus 1989 |
||||||||||||||||||||||||||
D |
9 November 1989 |
||||||||||||||||||||||||||
E |
2 Desember 1990 |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan data di bawah ini . (1). Jerman Barat (2). Jerman Timur (3). Inggris (4).Prancis (5). USSR (6). USA Dari data di atas yang terlibat dalam perundingan yang dikenal Dua Plus Empat yang mewakili Dua terlihat pada nomor … |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
(1), (2)dan (3) |
||||||||||||||||||||||||||
B |
(1) dan (2) |
||||||||||||||||||||||||||
C |
(2) dan ( 3) |
||||||||||||||||||||||||||
D |
(3) , (4) dan (5) |
||||||||||||||||||||||||||
E |
(3), (4),(5) dan (6) |
||||||||||||||||||||||||||
Afrika Selatan Bila kita lihat lebih jauh pernah dijajah oleh Belanda,dan Inggris proses pengambil alihan ini dikenal dengan perang Boer I dan II.walaupun mayoritas penduduk Afrika Selatan adalah kulit Hitam tapi mereka tidak perna mendapatkan hak mereka sebagai penduduk asli baik di sector politik ekonomi social dan budaya berbeda dengan bangsa Belanda yang dikenal dengan bangsa Boer ini mereka menguasai segala aspek kehidupan dan meminggirkan orang kulit hitam , perlakuan seperti di atas dikenal dengan istilah …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Genosida |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Apartheid |
||||||||||||||||||||||||||
C |
bitcoin |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Tutsi |
||||||||||||||||||||||||||
E |
hutu |
||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan Informasi berikut! (1). Daniel F Malan (2). Nelson Mandela (3). Raymond Mhlaba (4). Frederik Wiliam de Klerek Dari informasi di atas manah T okoh yang terlibat dalam peristiwa berakhirnya Aparteid |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
(1) dan (2) |
||||||||||||||||||||||||||
B |
(1) dan (3) |
||||||||||||||||||||||||||
C |
(2) dan (3) |
||||||||||||||||||||||||||
D |
(2) dan (4) |
||||||||||||||||||||||||||
E |
(3) dan (4) |
||||||||||||||||||||||||||
|
Konflik Yugoslavia terjadi karena Negara yang tergabung menjadi federasi terlibat konflik setelah meninggalnya Yosef Bros Tito presiden Yugoslavia yang diganti Oleh Slobodan Milosevik .wilayah yang pertama melepaskan diri dari federasi Yugoslavia adalah …. |
||||||||||||||||||||||||||
A |
Serbia |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Kroasia |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Slovenia |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Makedonia |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Bosnia Hezegovina |
||||||||||||||||||||||||||
Pengaruh Glasnost berkembang di kawasan Eropa timur termasuk di Negara Cekoslovakia ,masyarakat cekoslovakia melakukan demontrasi masal menentang pemerintahan satu partai yaitu partai komunis yang dilakukan oleh mahasiswa dan golongan tua 17 November sampai 29 Desember 1989.revolusi tenang di Cekoslovakia ini dikenal dengan revolusi …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Beludru |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Bolsevik |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Mensevik |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Musim Semi |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Perobohan tembok berlin |
||||||||||||||||||||||||||
Shatt al Arab adalah sungai dengan panjang 200 km, yang hilir sungainya mengarah ke perbatasan Irak dan Iran yaitu “Teluk Persia”. Karena lokasi yang tepat Shatt al Arab adalah jalur utama irak menuju arah laut sehinggah Irak berusaha mengambil alih Shatt al Arab. Selain Shatt al Arab wilayah mana yang menjadi sengketa selanjutnya . . . . |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Pulau Tunb Besar |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Pulau Tunb Kecil |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Khuzestan |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Karbala |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Bakdat |
||||||||||||||||||||||||||
Dalam konflik Kamboja terjadi pembantaian terhadap tokoh oposisi ,golongan Agama,Golongan terpelajar ,golongan professional yang diperkirakan sebanyak 3.000.000 orang .peristiwa ini dikenal dengan …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Genosida Lon Nol |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Genosida Kamboja |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Genosida kelompok Pol Pot |
||||||||||||||||||||||||||
D |
Genosida kelompok Hun Sen |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Genosida kelompok pro Vietnam |
||||||||||||||||||||||||||
Perang kemerdekaan Bangladas atau perang pembebasan Banglades adalah konflik bersenjatah antara Pakistan Barat dab Pakistan Timur pada tanggal 26 Maret 1971 sampai 16 Desember 1971. Negara Banglades yang sekarang dulunya adalah wilayah dari …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
Pakistan Barat |
||||||||||||||||||||||||||
B |
Pakistan Timur |
||||||||||||||||||||||||||
C |
Kasmir |
||||||||||||||||||||||||||
D |
India |
||||||||||||||||||||||||||
E |
Tibet |
||||||||||||||||||||||||||
Fosil manusia purba ditemukan di berbagai penjuru dunia ada beberapa fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Sebutkan 2(dua) fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia ! |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Perang dunia II terjadi mulai 1939-1945 yang ditandai oleh serangan Jerman terhadap Polandia ,Peperangan ini melibatkan berbagai front yaitu Eropa, Asia, Afrika, dan Pasifik. Front pasifik dibentuk komando ABDA COM sebutkan Negara yang terlibat di dalam ABDA COM ! |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Perang dingin terjadi polarisasi kekuatan dunia dimana blok barat dan blok timur berusaha untuk menjadi pemenangnya .organisasi pertahanan yang ada pada masa Perang dingin yang berhubungan dengan wilayah Eropa adalah …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Jerman pasca PD II terpecah belah ,sehingga tahun 1961 wilayah Berlin dibatasi dengan pagar yang kokoh dialiri listrik dan dijaga dengan polisi untuk menghalau perpindahan penduduk dari Jerman Timur ke Jerman Barat,demonstrasi terjadi di mana- mana di Berlin Timur untuk bergabung dengan Berlin Barat. Bagaimana usaha masyarakat Jerman untuk melakukan reunifikasi ? |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||
Perang teluk II terjadi tahun 1990 antara Irak dengan Kwaid yang diikuti oleh Arab Saudi,Amerika Serikat,Korea Selatan Inggris,Prancis, Yordania dan banyak Negara lainnya. Perang ini memiliki pengaruh yang sangat luas dan jadi pembicaraan masyarakat dunia pada waktu itu, Perang Teluk II memiliki dampak yang berhubungan dengan sector ekonomi yaitu …. |
|||||||||||||||||||||||||||
A |
HITAMKAN NOMOR |
||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||
E |
Leave a Reply