|
Gua dan Bunker Peninggalan Jepang di Pangandaran
Peninggalan Jepang di Indonesia tidak sebanyak peninggalan yang ditinggalkan oleh Belanda. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Belanda banyak membangun bangunan-bangunan monumental yang kita kenal sekarang dengan sebutan bangunan Kolonial sedangkan Jepang tidak begitu konsen untuk membangun bangunan atau gedung-gedung di Indonesia. Jepang lebih konsen untuk membangun sistem pertahanan tetapi dengan biaya yang seminimal mungkin, untuk itu Jepang sering memanfaatkan gua-gua, baik itu gua yang ada secara alami maupun gua buatan dengan menggunakan tenaga kerja yang diambil dari orang-orang Indonesia dan dikenal dengan sistem romusha. Selain memanfaatkan gua-gua alam Jepang juga membangun Bungker. Gua dan Bungker tersebut dibuat dengan tujuan dijadikan tempat pertahanan, pengintaian, persembunyian, perlindungan dan juga sebagai tempat menyimpan senjata dan amunisi selama perang Dunia II. Salah satu peninggalan dalam bentuk sistem pertahanan yang dibangun oleh Jepang adalah gua dan bungker yang terdapat di Kawasan Cagar Alam Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat. Proyek Pembangunan Bunker di Kawasan Cagar Alam Pananjung dimulai pada tahun 1943, proses pembangunan bunker terbilang cukup singkat hanya dalam kurun waktu 2-3 bulan. Tak hanya bunker, saat itu Jepang juga membuat gua-gua buatan. Tujuan pembangunan bunker-bunker tersebut, adalah sebagai benteng penyerangan dan sarana pengintai musuh. Umumnya Bunker dibuat di area pesisir pantai sehingga memudahkan Jepang untuk melihat kapal-kapal musuh yang akan bersandar. Selain itu, Bunker Jepang relatif memanjang ke dalam tanah. Sedangkan Goa Jepang lebih banyak ditemukan di area perbukitan untuk menghindari serangan musuh atau bertahan. Lokasi di wilayah pegunungan dipilih karena semakin tinggi benteng maka musuh akan kesusahan naik ke atas dan tenaga yang dikeluarkan lebih besar sehingga menguras tenaga. Hal tersebut menguntungkan Jepang karena di dalam Goa Jepang terdapat lorong-lorong penghubung untuk menyelamatkan diri. Adapun Bunker-bunker yang berada di kawasan Cagar Alam Pananjung berada di area yang lebih tinggi, sehingga sangat strategis untuk mengintai kedatangan musuh dari bibir pantai. Proyek Pembangunan gua dan bungker Jepang di Pangandaran ini melibatkan ribuan orang pekerja dari berbagai kalangan usia, mulai remaja usia belasan tahun hingga dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun, kesemuanya laki-laki, berasal dari berbagai daerah seperti Cipari, Bojong, Pangandaran, dan sebagainya. Proyek Pembangunan Bunker Jepang di Pangandaran ini juga melibatkan ribuan Tentara Heiho yang berasal dari masing-masing daerah, namun demikian, kebanyakan personelnya berasal dari Jawa. Diketahui pada saat proyek pembangunan gua dan bungker, jumlah tentara Jepang yang datang ke Pangandaran sekitar 3.000 personel, dengan dua tujuan:
Markas Besar Jepang saat itu berada di Putera Pinggan, Gedung Wallet, yang dipimpin oleh Tsuki Mae. Sementara, Pangandaran diposisikan sebagai ‘benteng pertahanan’, dengan mempersiapkan pembangunan bunker-bunker pengintai dan parit-parit pertahanan. Pembangunan benteng pertahanan di daerah yang sekarang menjadi cagar alam tidak terlepas karena posisinya yang strategis yaitu berada di teluk sehingga memudahkan pasukan Jepang dalam mengawasi wilayahnya dari berbagai penjuru. Sayangnya, sebelum pembangunan bunker ini selesai dikerjakan, bertepatan dengan peristiwa Bom Nagasaki oleh Amerika, Jepang segera menarik pasukannya dari Pangandaran. Proyek Pembangunan Bunker yang belum terselesaikan akhirnya terbengkalai dengan kepergian Tentara Jepang dari Pangandaran. Maka tak heran, berdasarkan hasil penggalian arkeologi (ekskavasi) oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di bungker Jepang tersebut tidak ditemukan sisa-sisa senjata atau jejak-jejak pertempuran. Sumber : BPCB Banten
|
||||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||
Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 Penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Adapun tujuan para pejuang membakar Kota Bandung adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Agar gerak tentara sekutu untuk masuk Kota Bandung menjadi terhambat |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Agar musuh tidak dapat menggunakan fasilitas Kota Bandung |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Kecewa dengan pemerintah RI yang memerintahkan mundur |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Memproses hasil Perjanjian linggarjati yang merugikan |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Membalas ultimatum yang dikeluarkan sekutu |
||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Sidang istimewa MPR |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kesepakatan Presiden dan MPR |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Kesepakatan Sidang PPKI pertma |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Musyawarah pendiri Negara Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Keputusan Sidang PPKI tanggal 19 Agustus 1945 |
||||||||||||||||||||||||||||
Prajurit PETA yang lahir di Jakarta pada tanggal 15 Februri 1911 dan berpangkat Shodanco yang bertugas menggerek Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus di Jalan Pegagsaan Timur No.56 adalah…
|
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Frans Sumarto Mendur |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Latif Hendraningrat |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Syahruddin |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Sayuti Melik |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Suhud |
||||||||||||||||||||||||||||
Tindakan pertama yang dilakukan para pemuda Indonesia setelah mendengar berita kekalahan Jepang yang menunjukkan bahwa akan terjadi vacum of power sehingga berupaya untuk mengindarinya yaitu… [bimasoft_dragdrop no=7 pertanyaan1=”Pertanyaan dnd 1″ pertanyaan2=”dnd 2″ pertanyaan3=”dnd 3″ gambar1=”link 1″ gambar2=”link 2″] |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Mengadakan rapat PPKI |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Membentuk panitia kemerdekaan Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Menemui golongan tua untuk memastikan kebenaran berita |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Menemui Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Melakukan koordinasi terhadap golongan muda untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan |
||||||||||||||||||||||||||||
Perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 antara Indonesia dengan Belanda di atas kapal perang Amerika Serikat yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta adalah…
[ljk no=8 jumlah=3] |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
KMB |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
KTN |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Renville |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Linggarjati |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Roem-Royen |
||||||||||||||||||||||||||||
Alasan Jepang lebih memilih menguasai daerah-daerah di luar Jawa terlebih dahulu daripada menguasai tanah jawa yang merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda berdasarkan pengalaman Jepang atas kemenangan dalam Perang Pasifik adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Agar lebih mudah menjalin komunikasi dengan sekutu |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Agar lebih mudah mengecoh kewaspadaan pemerintah Hindia Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Agar lebih mudah mengontrol wilayah yang luas sehingga lebih mudah mengepung wilayah sentral untuk dikuasai |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Agar lebih mudah membuat strategi tanpa diketahui oleh pemerintah kolonial Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Agar lebih mudah mendapatkan daerah penghubung sebagai pertahanan wilayah Jepang |
||||||||||||||||||||||||||||
VOC yang merupakan kongsi dagang terkaya mengalami kebangkrutan, salah satunya akibat sikap dan perilaku pejabat VOC yang gila hormat dengan mengeluarkan ordonasi untuk mengatur secara rinci terkait cara penghormatan terhadap gubernur jenderal dan pejabat tinggi. Penghormatan tersebut tidak lepas dari upeti yang membebani rakyat.permasalahan di atas merupakan faktor penyebab kejatuhan voc dalam bidang… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Politik |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Budaya |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Sosial |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Religi |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Ekonomi |
||||||||||||||||||||||||||||
Bangsa Eropa yang telah berhasil menemukan pusat rempah-rempah di Nusantara adalah Portugis, sehingga Portugis kemudian meluaskan perdagangangan rempah-rempah di pelabuhan yang berada di Eropa Barat. Pelabuhan yang dimaksud adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Heemskerck |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Liberte |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Lisabon |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
San Salvador |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Magalhaens |
||||||||||||||||||||||||||||
Pertempuran Banjar pada Bulan Agustus-September tahun 1859 terjadi di tiga lokasi yaitu Banua Lima, semkitar Martapura, dan Tanah laut, sertra sepanjang Sungai Barito. Adapun salah satu tokoh yang mengomando di sepanjang Sungai Barito adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Tuanmku Imam Bonjol |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kapiten Pattimura |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Pangeran Antasari |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
I Gusti ktut Jelantik |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Pangeran Diponegoro |
||||||||||||||||||||||||||||
Perjanjian yang membuat Belanda Kesulitan menguasai Aceh karena tidak dibenarkan mengganggu kedaulatan Aceh karena sudah mendapatkan kembali jajahannya di kepulauan Nusantara adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Traktat London |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Traktat Siak |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Traktat Aceh |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Traktat Hindia Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Traktat Inggris |
||||||||||||||||||||||||||||
Pers memiliki peran penting dalam membangkitkan Nasionalisme. Melalui Harian Sinar Djawa rakyat pribumi dihimbau agar bersekolah atau menuntut ilmu setinggi mungkin sehingga akan mendapatkan identitas diri yang lebih baik untuk memobilisasi pergerakan nasional. Meskipun bukan berasal dari keturunan bangsawan atau keluarga raja, rakyat dapat mendapatkan gelar melalui pendidikan dan diakui sebagai… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Priayi |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Ksatria |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Waisya |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Bangsawan Usul |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Bangsawan Pikiran |
||||||||||||||||||||||||||||
Sumpah Pemuda memiliki makna yang mendalam bagi Bangsa Indonesia sehingga muncul semangat ke-Indonesiaan yang mendorong pergerakan wanita untuk meningkatkan kesejahteraan Wanita Indonesia. Banyaknya Organisasi Perempuan yang telah berkembang di berbagai daerah pada akhirnya mengadakan pertemuan besar yang disebut dengan Kongres Perempuan Indonesia I. Kongres Perempuan Indonesia I Ini dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1928, sehingga untuk mengenang Sejarah Kongres Perempuan I maka pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Hari Kongres Wanita Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Hari Perempuan Nasional |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Hari Kebangkitan Nasional |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Hari Ibu |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Hari Perempuan Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||
|
Masuknya agama hindu-budha di Indonesia merupakan bentuk perubahan dan keberlanjutan dari sistem kepercayaan manusia purba di Indonesia. Adapun bukti bahwa Agama Hindu di Indonesia di bawah oleh kaum brahmana adalah… |
||||||||||||||||||||||||||||
A |
Kaum Brahmana yang berhak mengajarkan agama hindu karena menguasai bahasa sansekerta dan huruf pallawa |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kaum Brahmana bersama dengan kaum waisya menyebarkan agama budha |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Kaum Brahmana boleh menyebrangi lautan dan menyebarkan agama |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Kaum Brahmana bersama Kaum Sudra menyebarkan agama hindu |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Kaum brahmana hidup di istana dan tinggal bersama ksatria |
||||||||||||||||||||||||||||
Sejarawan dikatakan berhasil memperoleh sumber-sumber yang relevan apabila dapat melakukan klasifikasi sumber. Berdasarkan bentuknya, Sumber lisan yang berasal dari orang sezaman pelaku peristiwa, atau saksi mata disebut juga sebagai… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Oral tradition |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Oral history |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Oral listener |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Oral audio |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Oral visual |
||||||||||||||||||||||||||||
Dalam melakukan penelitian sejarah, diperlukan ilmu-ilmu bantu untuk memperluas sudut pandang penelitian yang koheren dengan pokok kajian penelitian. salah satu ilmu bantu sejarah yang mempelajari masalah keturunan adalah |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Epigrafi |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Geografi |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Arkeologi |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Genealogi |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Numismatik |
||||||||||||||||||||||||||||
Keadaan Kerajaan Sriwijaya yang berubah, tidak lagi dekat dengan pantai karena Sungai Musi, Ogan, dan Komering banyak membawa lumpur sehingga tidak baik untuk perdagangan. Keadaan tersebut menyebabkan… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Perpindahan ibu kota kerajaan |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Sriwijaya tidak lagi memiliki sumber daya yang cukup |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Kerajaan Sriwijaya tenggelam |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Kerajaan Sriwijaya tidak lagi mengandalkan sektor perdagangan |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Keruntuhan Sriwijaya |
||||||||||||||||||||||||||||
Gajah Mada merupakan patih kerajaan Majapahit yang bercita-cita menyatukan seluruh nusantara sehingga melakukan sumpah yang artinya,” Setelah tunduk Nusantara, saya akan beristirahat ; Sesudah kalah Gurun Seran, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, barulah saya akan beristirahat”. Sumpah tersebut dikenal dengan istilah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Amukti Pallawa |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Amukti Palapa |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Amukti Pandhawa |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Amukti Panca |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Amukti Mada |
||||||||||||||||||||||||||||
Makam tertua yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu Indonesia dan kebudayaan islam, terbuat dari Batu Granit berpahatkan aksara arab yang terjemahannya berisi tulisan, ” ini kuburan almarhum yang diampuni, yang bertakwa, yang menjadi penasihat, yang terkenal, yang berketurunan, yang mulia, yang kuat beribadat, penakluk yang bergelar sultan…” yaitu makam… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Maulana Malik Ibrahim |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Malik Al Saleh |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Sunan Gunung Jati |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Sunan Kalijaga |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Fatimah binti Maimun |
||||||||||||||||||||||||||||
Manusia purba yang hidup pada zaman Pleistosen awal, bertubuh tegap dengan rahang yang kuat dan memakan tumbuh-tumbuhan ditemukan fosilnya oleh Von Koenigswald pada tahun 1936 dan tahun 1941 di Sangiran. Jenis manusia purba yang dimaksud adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Homo Wajakensis |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Homo Floresiensis |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Pithecanthropus Erectus |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Pithecanthropus Mojokertensis |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Meganthropus Paleojavanicus |
||||||||||||||||||||||||||||
Upacara kematian merupakan manifestasi dari rasa bakti dan hormat seseorang terhadap leluhurnya. Upacara kematian yang disertai dengan susunan batu-batu besar atau pendirian bangunan suci telah dilakukan oleh masyarakat praaksara pada zaman… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Megalithikum |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Neolithikum |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Mesholithikum |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Paleolithikum |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Logam |
||||||||||||||||||||||||||||
Peralatan berbentuk persegi panjang atau trapesium yang digunakan oleh manusia purba dengan karakteristik memiliki gagang menyerupai cangkul pada zaman modern dan tersebar di wilayah Indonesia bagian barat merupakan… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Flakes |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Chopper |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Pebble |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Kapak Persegi |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Kapak Lonjong |
||||||||||||||||||||||||||||
Terjadinya Disintegrasi Bangsa diakibatkan oleh tidak adanya persamaan pandangan antara anggota masyarakat sehingga terjadi pertentangan atau pemberontakan yang melanggar nilai dan norma sosial sehingga dapat mencelakakan masyarakat itu sendiri. Pemberontakan APRA, RMS, dan Andi Aziz merupakan pergolakan yang berkaitan dengan kepentingan yaitu… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Pasukan KNIL ingin menguasai suatu wilayah tersendiri |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Pasukan KNIL sedang membantu Belanda untuk berkuasa kembali |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Pasukan KNIL sedang membantu Belanda untuk berkuasa kembali |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Pasukan KNIL menjadi mata-mata Amerika Serikat untuk memastikan kestabilan kekuasaan di Asia |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Pasukan KNIL tidak mau menerima kedatangan Tentara Indonesia di wilayah-wilayah yang sebelumnya mereka kuasai |
||||||||||||||||||||||||||||
|
Konflik dan pergolakan yang terjadi akibat sistem pemerintahan mengacu pada persoalan negara federal dan BFO (Bijeenkomst Federal Overleg), serta pemberontakan PRRI dan Permesta yang berdsarkan pada perjanjian…, Indonesia disepakati akan berbentuk negara serikat/federal dengan nama Republik Indonesia. |
||||||||||||||||||||||||||||
A |
KMB |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kalijati |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Roem Royen |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Linggarjati |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Renville |
||||||||||||||||||||||||||||
Ideologi yang diusung oleh PKI adalah komunisme, dan ideologi yang dijunjung pada saat pemberontakan DI/TII adalah ideologi agama. Meskipun Bangsa Indonesia mayoritas beragama islam, kemunculan ideologi tersebut sangat ditentang karena… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Ideologi agama tidak boleh memiliki basis pertahanan militer krena sudah ada konsep jihad |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Ideologi agama dampak berdampak pada kehidupan sosial yang sentimen |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Tidak ada ideologi yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya kecuali ideologi Bangsanya sendiri. |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Tidak ada ideologi agama yang berhasil dalam suatu negara |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Tidak ada ideologi agama yang mendapatkan bantuan dari negara-negara tetangga |
||||||||||||||||||||||||||||
Setelah Kabinet Ali Sastriamidjojo 1 dinyatakan Domisioner dan selanjutnya digantikan oleh Kabinet Burhanudin Harahap. Keberhasilan Kabinet Burhanuddin Harahap antara lain… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Pembatalan utang Indonesia kepada Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Indonesia diterima sebagai anggota PBB |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Mengadakan pemilihan umum |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Deklarasi Djuanda |
||||||||||||||||||||||||||||
Pada 26 April 1951 secara resmi Kabinet Soekiman diumumkan. Salah satu program kerjanya yaitu mempercepat persiapan pemilu dan menjalankan politik luar negeri bebas aktif serta memasukan Irian barat kedalam wilayah RI secepatnya. Kabinet ini hanya bertahan selama sepuluh bulan. Kabinet Sukiman jatuh dikarenakan kasus penandatanganan MSA (Mutual Security Act). Hubungan antara penandatanganan MSA dengan kebijakan politik luar negeri bebas aktif Indonesia adalah…. |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Penandatanganan MSA merupakan wujud dari penerapan politik bebas aktif |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Dengan penandatanganan tersebut Indonesia dianggap condong ke blok timur |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Politik bebas aktif Indonesia tidak dapat sejalan dengan bantuan ekonomi MSA |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Penandatanganan MSA dipandang telah melanggar politik bebas aktif Indonesia |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Sukiman dianggap kurang tegas dalam menerapkan politik bebas aktif dengan penandatanganan MSA |
||||||||||||||||||||||||||||
Karena kesulitan ekonomi, Indonesia tidak meneruskan membayar utang kepada pemerintah Belanda sesuai dengan hasil keputusan Konferensi Meja Bundar. Indonesiapun membatalkan seluruh Isi Keputusan Konferensi Meja Bundar secara sepihak. Pembatalan segala Keputusan Konferensi Meja Bundar terjadi pada masa Kerja Kabinet … |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Burhanudin Harahap |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Moh. Hatta |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Ali Sastroamijoyo II |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Wilopo |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Moh. Natsir |
||||||||||||||||||||||||||||
Gerakan Benteng adalah sistem perekonomian yang dicanangkan oleh Menteri Perdagangan Sumitro Djojohadikusumo. Pembangunan Ekonomi baru berdasarkan gagasan Gerakan Benteng dilakukan dengan cara … |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Menasionalisasi Bank-bank milik pemerintah Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Mengubah struktur ekonomi Kolonial menjadi Ekonomi Nasional |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Menasionalisasi perusahaan – perusahaan Asing |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Mendirikan perusahaan – Perusahaan Negara |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Meningkatkan eksport nonmigas |
||||||||||||||||||||||||||||
Untuk meningkatkan perekonomian Indonesia , pemerintah Orde Lama mengeluarkan beberapa kebijakan ekonomi salah satunya adalah pemembentukan Dewan Perancang Nasional ( Deppernas ) Tugas Deppernas adalah … . |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
mempersiapkan rancangan Undang Undang Pembangunan yang berencana |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
merumuskan program program ekonomi yang mengarah pada kemandirian |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
melaksanakan program program ekonomi yang telah disusun oleh Presiden Sukarno |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
merencanakan program pembangunan jangka Panjang dan jangka pendek |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
menyusun prioritas pembangunan terutama di Pulau Jawa |
||||||||||||||||||||||||||||
Pemerintah Indonesia berupaya memperjuangkan wilayah Irian barat melalui Sidang Umum PBB tahun 1954-1957. Akan tetapi, upaya terrsebut mengalami kegagalan karena… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
pemerintah Indonesia memutus hubungan diplomatic dengan Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
dua pertiga peserta sidang menolak pengajuan masalah Irian Barat |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
masalah Irian Barat tidak didukung peserta Konferensi Asia-Afrika |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Indonesia melakukan agresi militer terhadap wilayah Irian Barat |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Irian Barat telah ditetapkan sebagai bagian Kerajaan Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
Pada 19 desember 1961, Presiden Soekarno mengumumkan Tri Komando Rakyat (trikora) di Yogyakarta pada acara peringatan Agresi Militer Belanda II. Trikora diharapkan agar rakyat mendukung secara aktif usaha pengembalian Irian barat. Isi Trikora yang benar kecuali… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Gagalkan pembentukan Negara boneka Papua Belanda |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kibarkan sang Merah putih di Irian Barat |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Tanah Air Indonesia bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Tanah Air Indonesia bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kesatuan tanah air dan bangsa |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Tanah air Indonesia bersiaplah untuk mobilisasi masa menuju Indonesia digdaya |
||||||||||||||||||||||||||||
Pada tahun 1966, Presiden Sukarno melalui TAP IX/MPRS/1966 secara tidak langsung menunjuk Jenderal Soeharto sebagai pengganti pengemban kekuasaan kepresidenan. Hal ini dilakukan setelah terjati aksi-aksi protes dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa yang dipimpin Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). KAMI kemudian dibubarkan pada 25 Februari 1966. Dengan dibubarkannya KAMI, muncul Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang melanjutkan tuntutannya kepada presiden terkait peristiwa Gerakan 30 September dan kondisi ekonomi. Pada tahun 1998, tepatnya 17 Mei, mahasiswa kembali melakukan aksi menduduki Gedung DPR/MPR agar tuntutannya kepada Presiden Soeharto untuk mundur dipenuhi. Massa mulai melakukan aksi setelah terjadi krisis ekonomi ditambah krisis pemerintahan pasca-Pemilu 1997. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa…. |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Mahasiswa adalah penggerak roda pemerintahan dalam suatu negara |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Mahasiswa mampu menarik simpati rakyat melebihi pemerintahan sendiri |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Mahasiswa memiliki kebiasaan untuk melakukan aksi-aksi protes dengan cara yang unik |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Mahasiswa menjadi penggerak terjadinya pengulangan suatu peristiwa sejarah dengan situasi zaman yang berbeda |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Mahasiswa memiliki peran dalam mengawasi jalannya pemerintahan dan mampu mengubah keadaan ke arah yang lebih baik |
||||||||||||||||||||||||||||
|
Ketidakmampuan pemerintah dalam mengatasi krisis ekonomi bersumber dari beberapa kebijakan pemerintah di bidang ekonomi yang kurang tepat. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan berupa… |
||||||||||||||||||||||||||||
A |
Kurangnya pembangunan sektor-sektor ekonomi di berbagai daerah |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Kurang berkembangnya jiwa kewirausahaan masyarakat karena terbatasnya peluang dan adanya persaingan yang berat |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Munculnya pelaku pasar dengan modal besar di sektor-sektor industri |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Semakin banyaknya pasar tradisional yang menjalankan kegiatan ekonominya |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Adanya pembatasan terhadap utang luar negeri sehingga pemerintah Orde Baru tidak cukup memiliki dana untuk memajukan perekonomian |
||||||||||||||||||||||||||||
Meninggalnya 4 (empat) orang mahasiswa Trisakti, mendorong semangat mahasiswa untuk menggelar demonstrasi besar-besaran.Hal ini berbuntut munculnya peristiwa tanggal 13-14 Mei 1998 yang menekan banyak korban jiwa dan harta benda, yaitu peristiwa …. |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Penjarahan masal dengan sasaran pertokoan milik warga Cina keturunan |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Pendudukan gedung DPR/MPR oleh para mahasiswa |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Bentrok massal antara kelompok pendukung pemerintah dan kelompok pendukung gerakan reformasi |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
konflik horizontal akibat munculnya Isu dukun Santet di banyuwangi |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Konflik berbau SARA di Sambas dan Ambon |
||||||||||||||||||||||||||||
Pada masa kabinet reformasi pembangunan, Presiden Habibie memberikan abolisi kepada 18 tahanan, mengurangi jumlah anggota ABRI di MPR dan istilah ABRI diubah menjadi TNI, serta membebaskan rakyat dalam menyalurkan aspirasi. Kebijakan tersebut merupakan upaya-upaya perbaikan dalam bidang… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Sosial |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Budaya |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Poitik |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Ekonomi |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Agama |
||||||||||||||||||||||||||||
Dalam bidang ekonomi, Presiden Habibie melakukan rekapitulasi perbankan, menurunkan inflasi, merekontruksi perekonomian nasional, melikuidasi bank-bank yang bermasalah dan mengesahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Perlindungan konsumen |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
Membebaskan bea cukai |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Membentuk badan penyehatan perbankan nasional |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Larangan praktik monopoli atau persaingan tidak sehat |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga dibawah Rp. 10.000 |
||||||||||||||||||||||||||||
Pada masa reformasi presiden seringkali mengatasi masalah disintegrasi dan konflik umat beragama dengan melakukan pendekatan secara kebudayaan agar Warga Negara Indonesia memahami arti toleransi dan memperkuat rasa persatuan. Presiden yang dimaksud adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||
A |
Abdurrahman Wahid |
||||||||||||||||||||||||||||
B |
B.J Habibie |
||||||||||||||||||||||||||||
C |
Megawati |
||||||||||||||||||||||||||||
D |
Soeharto |
||||||||||||||||||||||||||||
E |
Soekarno |
||||||||||||||||||||||||||||
|
Apakah yang melatar belakangi munculnya demokrasi terpimpin? |
||||||||||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
|||||||||||||||||||||||||||||
Pada masa praaksara terdapat kategori kehidupan pada manusia praaksara dizaman Neolitikum, sebutkan yang termasuk kategori masa neolithicum minimal 4 ! |
|||||||||||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
|||||||||||||||||||||||||||||
Sebutkan agenda reformasi yang diutarakan pada masa akhir ORBA min 4! |
|||||||||||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
|||||||||||||||||||||||||||||
Sebut dan jelaskan secara singkat tahapan dalam penelitian sejarah secara berurutan! |
|||||||||||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
|||||||||||||||||||||||||||||
Jelaskan penyebab kemajuan Kerajaan Majapahit min 3 ! |
|||||||||||||||||||||||||||||
HITAMKAN NOMOR |
|||||||||||||||||||||||||||||
Leave a Reply