|
Seorang programmer sedang mengembangkan aplikasi kalkulator yang mampu menghitung akar kuadrat, pangkat, dan operasi dasar lainnya menggunakan array untuk menyimpan hasil perhitungan. Dalam prosesnya, ia menyadari bahwa setiap hasil perhitungan perlu disimpan dalam array agar dapat diakses ulang oleh pengguna.
Pilihlah jawaban yang benar terkait penggunaan array dalam menyimpan hasil perhitungan pada aplikasi kalkulator tersebut.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Diberikan sebuah algoritme untuk menghitung jumlah elemen dari sebuah array multidimensi. Algoritme ini terdiri dari beberapa langkah yang berfungsi untuk menghitung jumlah keseluruhan elemen. Siswa diminta untuk memahami proses yang terjadi di setiap langkah.
Pada kolom di bawah ini, tandai langkah-langkah yang sesuai dengan kolom kategori proses. Pilih satu opsi di setiap baris untuk menentukan apakah langkah tersebut merupakan bagian dari proses “Inisialisasi”, “Iterasi”, atau “Akhir” dari algoritme.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bbbcc |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pada sebuah program pengolahan data, seorang analis ingin menyimpan data penjualan harian yang terdiri dari jumlah barang terjual, pendapatan harian, dan tanggal transaksi. Analis tersebut menggunakan array multidimensi dengan tiga kolom: produk, jumlah_terjual, dan tanggal. Ia ingin mengakses data penjualan tertentu dan melakukan analisis terhadap total penjualan bulanan.
Berapa banyak kolom dalam array yang perlu diperiksa untuk menghitung total penjualan bulanan? [isiansingkat no=3001] |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
SIMPAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa sedang mempelajari penggunaan array untuk menyimpan data nilai ulangan harian siswa dalam satu kelas. Dia menggunakan array nilaiUlangan yang berisi nilai dari masing-masing siswa dalam bentuk angka.
Manakah dari pernyataan berikut yang benar terkait penggunaan array nilaiUlangan? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Array nilaiUlangan hanya dapat menyimpan nilai dari satu siswa. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Array nilaiUlangan dapat menyimpan banyak nilai dalam satu variabel. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Array nilaiUlangan harus diinisialisasi setiap kali program dijalankan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Array nilaiUlangan hanya bisa menyimpan nilai bilangan bulat saja. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Array nilaiUlangan akan secara otomatis menghapus data setelah digunakan. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam sebuah program sederhana, variabel array digunakan untuk menyimpan nama-nama siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tertentu di sekolah. Misalnya, array namaSiswa berisi daftar nama siswa yang terdaftar dalam kegiatan tersebut.
Tandai pernyataan berikut dengan “Benar” atau “Salah”:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bssb |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang pengembang sedang merancang algoritme untuk mencari solusi terbaik dalam mengelompokkan data penjualan berdasarkan kategori produk. Algoritme ini harus mampu mengelompokkan produk dengan akurasi tinggi agar analisis penjualan lebih efisien. Terdapat berbagai pendekatan algoritme yang bisa digunakan, seperti pengurutan, pencarian, dan pengelompokan data.
Pilihlah dua pendekatan algoritme yang paling tepat digunakan untuk mengelompokkan data penjualan berdasarkan kategori produk.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang data scientist sedang mengembangkan algoritme untuk memproses dan menganalisis data penjualan besar-besaran. Data ini mencakup ratusan ribu transaksi yang terjadi setiap hari. Untuk memaksimalkan performa, data scientist tersebut perlu memilih algoritme yang paling efisien agar analisis dapat dilakukan dengan cepat dan memakan sedikit ruang penyimpanan.
Pilih dua kriteria utama yang perlu diperhatikan oleh data scientist dalam memilih algoritme untuk memproses data penjualan dalam jumlah besar.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sebuah perusahaan ingin mengimplementasikan sistem enkripsi untuk melindungi data pelanggan. Mereka mempertimbangkan beberapa algoritme enkripsi, termasuk AES, RSA, dan SHA. Setiap algoritme memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam hal keamanan dan kecepatan.
Mengapa memilih algoritme yang lebih kompleks seperti AES atau RSA lebih dianjurkan untuk keamanan data, meskipun mungkin memerlukan waktu proses yang lebih lama?
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa membuat program sederhana untuk menghitung luas persegi panjang menggunakan dua variabel, yaitu panjang dan lebar. Siswa tersebut menggunakan rumus luas = panjang * lebar dan menyimpan hasil perhitungan dalam variabel luas.
Manakah pernyataan yang benar mengenai variabel luas dalam program tersebut? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Variabel luas berfungsi menyimpan nilai dari perhitungan panjang + lebar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Variabel luas menyimpan hasil dari perkalian panjang dan lebar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Variabel luas hanya bisa menyimpan nilai dalam bentuk teks. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Variabel luas menyimpan data dalam bentuk array. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
Variabel luas harus diinisialisasi dengan nilai nol. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam sebuah program, seorang programmer menggunakan array nilaiMahasiswa untuk menyimpan nilai ujian beberapa mahasiswa dalam bentuk angka. Array ini memudahkan programmer untuk mengakses dan memanipulasi data nilai secara efisien.
Tandai pernyataan berikut dengan “Benar” atau “Salah”:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang data analyst menggunakan Google Colab untuk mengolah data penjualan menggunakan Python. Data ini terdiri dari ratusan ribu baris dan beberapa kolom, termasuk produk, harga, jumlah_terjual, dan tanggal. Analis tersebut ingin menghitung total pendapatan harian dan menampilkan hasilnya dalam bentuk grafik.
Pilih dua langkah yang benar dan efisien untuk menyelesaikan tugas tersebut di Google Colab.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa sedang belajar dasar pemrograman Python, termasuk konsep array (daftar), perulangan (looping), fungsi, dan operasi logika dasar. Berikut ini adalah beberapa istilah dasar pemrograman dan penjelasan singkatnya.
Soal: Cocokkan setiap istilah dengan definisi yang benar.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bcaed |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam sebuah program, seorang siswa menggunakan Python untuk menganalisis daftar angka dan menemukan elemen yang memenuhi kondisi tertentu. Siswa tersebut ingin menuliskan fungsi yang mencari angka yang lebih besar dari nilai tertentu dan mengembalikannya dalam bentuk daftar baru. Siswa mempertimbangkan penggunaan perulangan for atau fungsi filter() untuk menyelesaikan tugas ini.
Soal: Pilih dua cara yang benar dan efisien untuk membuat fungsi yang menghasilkan daftar baru dengan angka yang lebih besar dari nilai tertentu dalam Python.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa menulis fungsi Python untuk menghitung posisi akhir dari suatu objek yang bergerak dengan kecepatan tetap (Gerak Lurus Beraturan). Fungsi ini menerima tiga parameter: s (posisi awal dalam meter), v (kecepatan dalam meter per detik), dan t (waktu dalam detik), dan menggunakan rumus GLB sakhir= s + ( v × t ).
Pilih dua pernyataan yang benar terkait fungsi posisi_akhir di atas.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa menulis program Python untuk menghitung nilai faktorial dari suatu bilangan bulat n menggunakan perulangan. Berikut adalah kodenya:
Tandai pernyataan berikut dengan “Benar” atau “Salah”:
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bsbb |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa menulis fungsi Python untuk menghitung nilai faktorial dari suatu bilangan n menggunakan rekursi. Fungsi ini dipanggil secara berulang dengan mengurangi nilai n hingga mencapai 1. Berikut adalah kode lengkapnya:
Pilih semua pernyataan yang benar terkait fungsi faktorial di atas.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1,3,4,6 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang programmer menulis fungsi Python untuk menghitung zakat emas. Dalam Islam, zakat emas diwajibkan jika seseorang memiliki emas dengan berat melebihi nisab (85 gram) dan telah disimpan selama satu tahun. Besarnya zakat yang harus dibayar adalah 2.5% dari total berat emas. Fungsi berikut menghitung zakat yang harus dibayar berdasarkan berat emas yang dimiliki.
Pilih semua pernyataan yang benar terkait fungsi hitung_zakat_emas di atas.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang programmer menulis fungsi Python untuk menghitung zakat emas yang harus dibayar jika seseorang memiliki emas yang disimpan selama satu tahun dan beratnya melebihi nisab (85 gram). Besarnya zakat yang harus dibayar adalah 2.5% dari total berat emas.
Berikut adalah kodenya:
Berapakah berat emas (dalam gram) yang harus dimasukkan sebagai input agar pengguna diwajibkan membayar zakat emas senilai 4 gram per tahun? (isikan hanya angka) [isiansingkat no=18001] |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
160 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Suatu aplikasi dibuat untuk menghitung nilai rata-rata dan peringkat siswa berdasarkan nilai UTS, nilai tugas, nilai UAS, dan nilai proyek. Nilai akhir siswa dihitung menggunakan bobot sebagai berikut: 20% nilai UTS, 25% nilai tugas, 35% nilai UAS, dan 20% nilai proyek. Aplikasi ini kemudian menampilkan nilai akhir, nilai rata-rata kelas, serta peringkat setiap siswa.
Soal: Berdasarkan teks tersebut, beri tanda centang (✔) pada pernyataan berikut yang tepat ketika aplikasi menghitung nilai akhir dan peringkat siswa.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Suatu aplikasi dirancang untuk menghitung total zakat emas yang harus dibayar berdasarkan berat emas yang dimiliki seseorang. Jika berat emas melebihi nisab (85 gram), maka zakat yang harus dibayar adalah 2.5% dari total berat emas. Aplikasi ini menerima input dalam bentuk berat emas dalam gram dan mengembalikan nilai zakat dalam bentuk gram emas yang harus dibayarkan.
Soal: Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan berikut yang benar? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
Aplikasi akan selalu mengembalikan nilai zakat, bahkan jika berat emas kurang dari 85 gram. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
Aplikasi memerlukan input berupa berat emas dalam kilogram. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
Jika berat emas kurang dari nisab, aplikasi akan mengembalikan nilai zakat sebagai 0. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
Aplikasi menggunakan 5% sebagai tarif zakat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang siswa sedang mempelajari cara merancang algoritme untuk menyelesaikan permasalahan komputasional sederhana. Dalam proses tersebut, siswa tersebut mempertimbangkan berbagai strategi pendekatan, seperti penggunaan pengulangan (looping) dan seleksi kondisi.
Soal: Pilih dua pernyataan yang benar terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membangun algoritme untuk menyelesaikan permasalahan.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sebuah tim pemrogram sedang merancang beberapa algoritme sederhana untuk pemrosesan data. Mereka memutuskan untuk menggunakan berbagai jenis pendekatan algoritmik untuk memecahkan masalah-masalah tertentu. Berikut adalah beberapa jenis pendekatan algoritmik dan contoh penggunaannya.
Soal: Cocokkan setiap pendekatan algoritmik dengan contoh masalah yang sesuai.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
acbed |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam pemrograman, algoritme pengulangan (looping) dapat digunakan untuk melakukan tugas berulang, seperti menghitung jumlah, menampilkan data, atau mengubah setiap elemen dalam sebuah array. Seorang programmer sedang mempertimbangkan berbagai jenis loop seperti for, while, dan do-while untuk menyelesaikan tugas tertentu dalam programnya.
Soal: Pilih semua pernyataan yang benar terkait penggunaan algoritme pengulangan (looping) dalam pemrograman.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Laras ingin menghitung jumlah bilangan dari 1 hingga 100.000 menggunakan algoritme yang paling efisien dan cepat. Ia memiliki beberapa pilihan algoritme, seperti divide and conquer, greedy, dan rekursi.
Soal: Algoritme yang paling tepat digunakan untuk menyelesaikan kasus ini adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
divide and conquer |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
runut balik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
greedy |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
rekursi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
pemrograman dinamis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang guru ingin menemukan siswa dengan tinggi tepat 160 cm dari sebuah kelompok siswa. Guru tersebut mengukur tinggi 100 siswa dan memisahkan siswa yang memenuhi kriteria tersebut.
Soal: Tandai pernyataan berikut dengan “Benar” atau “Salah.”
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
bssb |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Untuk menghitung jumlah seluruh elemen dalam suatu array besar yang berisi data penjualan selama setahun penuh, seorang programmer mempertimbangkan beberapa algoritme, termasuk divide and conquer, pemrograman dinamis, dan rekursi.
Soal: Algoritme yang paling sesuai untuk menghitung total elemen dalam array besar tersebut adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
divide and conquer |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
runut balik |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
greedy |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
rekursi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
pemrograman dinamis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Perhatikan pasangan jenis algoritme berikut dengan ciri-ciri khasnya.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
abcd |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang tukang kebun sedang menanam tanaman di beberapa petak yang berbaris. Setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda. Ia ingin memastikan setiap tanaman mendapat cukup air, dan mempertimbangkan beberapa strategi pengairan, termasuk menggunakan greedy atau pemrograman dinamis.
Soal: Pilih dua pernyataan yang benar mengenai penggunaan algoritme untuk memastikan semua tanaman mendapat cukup air.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Dalam sebuah program yang mengelola rute pengiriman barang, algoritme greedy digunakan untuk menentukan jalur terpendek antara dua lokasi. Program ini memilih jalur tercepat di setiap langkah tanpa mempertimbangkan keseluruhan rute.
Soal: Tandai pernyataan berikut dengan “Benar” atau “Salah.”
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
ssbb |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Seorang programmer ingin membuat sebuah program yang dapat menghitung banyaknya kombinasi yang mungkin terjadi dalam memilih beberapa objek dari sekelompok objek. Dia mempertimbangkan untuk menggunakan algoritme rekursi atau pemrograman dinamis agar program dapat bekerja dengan efisien.
Soal: Algoritme yang paling tepat digunakan untuk menghitung kombinasi ini adalah… |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A |
greedy |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B |
divide and conquer |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C |
rekursi |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D |
pemrograman dinamis |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E |
backtracking |
Leave a Reply